Article

Homepage Article Fashion Design 4 Tips Memilih Sepatu Ballet…

4 Tips Memilih Sepatu Ballet Yang Tepat

Memilih sepatu yang tepat bukan hanya tentang gaya tapi juga kenyamanan. Karena alasan itu pula untuk meningkatkan performa dan meminimalir cidera saat melakukan tarian ballet, sepatu yang digunakan untuk berlatih ataupun menampilkan tarian ballet di panggung juga harus dipilih dengan cara yang tepat.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Tari Ballet

Ballet merupakan nama dari salah satu teknik tarian yang berasal dari Italia dan berkembang di Prancis. Tarian ini biasanya kerap ditampilkan dengan cara khusus di panggung atau sebagai bagian dari sebuah opera sehingga langkah, gerakan, musik, kostum, tata rias, serta set panggungnya tentu berbeda dari tarian lainnya.

Untuk menampilkan tarian ballet sendiri, kostum yang digunakan oleh seorang ballerina juga harus tepat agar gerakan tarian dapat terlihat jelas.

  • Untuk menopang bagian pinggang ke bawah, mengurangi kekurangan yang terlihat, serta membuat kaki terlihat lebih jenjang dan ramping, stoking yang dipakai haruslah sesuai proporsi tubuh.
  • Untuk memaksimalkan performa penari ballet, sepatu yang dipakai juga harus nyaman dan bisa menunjang kaki untuk melakukan gerakan ballet yang rumit dan kompleks.

Sepatu Ballet

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tips Memilih Sepatu Ballet

Mau tahu beberapa standar yang harus diperhatikan apabila anda ingin membeli sepatu ballet (ballet shoes) yang nyaman dipakai. Untuk memudahkan anda dalam memilih sepatu ballet berikut kami bagikan beberapa hal yang mungkin bisa membantu anda dalam memilih sepatu ballet yang sesuai.

1. Pilih Sepatu Yang Lentur

Pastikan sepatu yang hendak anda pilih fleksibel serta lentur karena dalam melakukan tarian ballet anda akan dituntut untuk melakukan gerakan-gerakan dinamis. Adapun bahan yang dipakai untuk membuat sepatu ini biasanya terdiri dari bahan kain atau kulit dengan sol tipis.

Sepatu Ballet

Sumber : https://id.pinterest.com/

Berdasarkan bentuk sole atau alasnya, sepatu ballet (ballet shoes) sendiri secara umum dapat dibedakan dalam dua kategori, yakni:

  • Sepatu ballet dengan sol penuh (full sole) yang memiliki sole dari jari kaki hingga tumit.
  • Sepatu ballet dengan sol terpisah (split sole) yang memiliki yang memiliki memiliki dua bagian sole, yaitu pada bagian jari kaki dan tumit.

Simak juga Jenis-jenis Sepatu Ballet Berdasarkan Sol, Ujung dan Bahannya.

2. Sesuaikan Dengan Kategori

Untuk meningkatkan kekuatan otot kaki dan melatih foot work, pilih sepatu ballet yang ujungnya didesain dalam model demi-pointe. Tapi jika anda membutuhkan sepatu ballet yang dapat menopang kaki ketika melakukan gerakan en pointe, maka pilihlah sepatu ballet model pointe.

Sepatu Ballet

Sumber : https://www.balletemporium.com.au/

Selain itu pastikan bahan sepatu ballet (ballet shoes) yang anda pilih juga disesuaikan dengan kategori.

  • Untuk pemula sebaiknya pilih sepatu ballet yang dibuat dari bahan dasar kulit, karena bahan tersebut sangat kuat dan dapat melindungi kaki agar terhindar dari beberapa hal buruk akibat gerakan ballet yang kompleks.
    • Sepatu ballet dari bahan kulit terkenal paling awet untuk digunakan karena bahannya yang lebih keras.
    • Sepatu ballet dari bahan kulit juga dapat membantu meningkatkan kekuatan kaki.
  • Sebaliknya jika anda memang seorang balerina yang sudah expert maka anda dapat memilih sepatu berbahan kanvas yang dapat mengikuti bentuk kaki atau Kain Satin yang memiliki kesan lebih mewah karena bahannya mengkilap.

Sepatu Ballet

Sumber : https://www.katz-dancewear.co.uk/

3. Pilih Yang Ukurannya Pas

Agar gerakan lebih maksimal maka pilihlah sepatu ballet (ballet shoes) dengan ukuran yang pas, karena jika terlalu besar ataupun terlalu kecil akan membuat kaki tidak nyaman.

  • Sepatu ballet (ballet shoes) yang pas di kaki memberikan ruang yang cukup untuk menggerakkan jemari kaki.
  • Sepatu yang pas di kaki akan membuat ballerina dapat merasa nyaman dan tidak perlu khawatir sepatu akan terlepas saat melakukan tarian ballet.

Sepatu Ballet

Sumber : https://id.pinterest.com/

Ketika memilih ballet sepatu jangan hanya melihat ukuran nomornya saja, tapi pastikan dengan mencobanya langsung untuk berjalan dan menggerak-gerakan jemari kaki sampai anda yakin bahwa sepatu tersebut cocok digunakan untuk menari.

Tapi jika anda membelinya secara online maka anda harus memilih ukuran sepatu yang lebih kecil dari ukuran sepatu biasa anda pakai.

  • Seandainya anda terlanjur membeli sepatu ballet yang ukurannya terlalu besar, pakailah gel sepatu supaya lebih pas.
  • Bila sepatunya terbuat dari Kain Kanvas coba cuci dan keringkan sepatu tersebut supaya sedikit menyusut dan lebih pas di kaki.

4. Pilih Sore atau Malam Hari

Khusus untuk anda yang ingin mencoba dan membeli sepatu ballet (ballet shoes) secara langsung pastikan anda melakukannya di sore atau malam hari untuk memastikan agar sepatu tidak menjadi lebih sempit. Pada waktu-waktu tersebut kaki manusia biasanya bakal cenderung menjadi lebih besar.

Sepatu Ballet

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tips Merawat Sepatu Ballet

Jika anda sudah mendapatkan sepatu ballet (ballet shoes) yang pas dan sesuai dengan ukuran kaki, pastikan anda selalu merawat sepatu tesebut dengan cara yang baik dan benar, salah satunya yakni hanya memakai sepatu ballet ketika berlatih ballet saja bukan untuk di jalan yang kasar, beraspal, bahkan berbatu.

Untuk anda yang memiliki sepatu ballet dari bahan kulit, lakukan perawatan dengan cara berikut agar sepatu yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

  • Saat pemakaian ataupun penyimpanan hindarkan sepatu ballet dari air.
  • Bersihkan sepatu dengan cairan pembersih kemudian keringkan dengan cara diangin-anginkan, jangan dijemur secara langsung di bawah terik matahari.
  • Jika sepatu kulit akan disimpan dan tidak dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama, gunakan shoe tree atau shoe saddle.

Sementara tahap-tahap yang harus anda lakukan untuk membersihkan sepatu ballet yang dibuat dari bahan kain satin ataupun kain kanvas yaitu:

  • Campurkan detergen berbahan lembut ke dalam air kemudian gunakan untuk merendam sepatu ballet.
  • Kucek-kucek sepatu ballet dengan gerakan lembut kemudian bilas hingga bersih dan tidak ada sisa busa sabun yang tertinggal.
  • Angkat sepatu ballet tanpa perlu diperas lalu jemur dibawah sinar matahari dengan handuk sebagi pelindung.
  • Handuk berfungsi untuk menyerap kelebihan air dan membuat sepatu akan cepat kering.
  • Handuk berfungsi untuk mempertahankan bentuk sepatu agar tidak kaku dan rusak.

Kalau anda ingin mencucinya dengan menggunakan mesin cuci, alangkah lebih baik jika sepatu ballet dimasukan ke dalam mesh tag untuk melindungi sepatu agar tidak mudah rusak.

Setelah kering simpan sepatu ballet dalam tas khusus untuk menghindari goresan ketika bersentuhan dengan benda lain. Tas yang digunakan untuk menyimpan sepat ballet inipun sebaiknya dipilih yang bahannya lembut agar tidak menggores sepatu.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah tips memilih sepatu ballet (ballet shoes) yang bisa anda coba. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan sepatu ballet yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.