Article

Homepage Article Fashion Design 3 Inspirasi Padupadan Baju…

3 Inspirasi Padupadan Baju Bodo Untuk Acara Pesta

Biasa mengenakan kebaya ketika menghadiri resepsi pernikahan atau acara pesta lainnya?. Buat anda yang mau tampil sedikit beda, tidak ada salahnya bila sesekali anda mencoba untuk mengenakan baju bodo khas khas Sulawesi Selatan yang memiliki desain dan potongan cukup unik sebagai alternatifnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Baju Bodo

Baju bodo yang dikenal juga dengan nama lain Bodo Gesung merupakan pakaian adat suku Bugis-Makassar yang memiliki tampilan rongga besar pada bagian lengan dan menggelembung pada bagian punggungnya. Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan baju bodo dengan pakaian tradisional dari daerah lain diantaranya:

  • Baju bodo biasanya didesain dalam bentuk segi empat, bagian bawah terbuka dan bagian atas ada lubang leher.
  • Garis lingkar lubang leher baju bodo menggunakan garis V yakni bentuknya lancip dibawah dan melebar dibagian atas.
  • Bentuk lengan pada baju bodo adalah lengan setali (unmounted) yang tidak memiliki sambungan jahitan pada bagian bahu. Kesan menggelembung terbentuk karena pada saat pemakaian agak disingsingkan ke atas.
  • Sisi samping baju bodo dijahit dari ujung lengan sampai ujung badan bagian bawah.
  • Bentuk bagian badan blus menggelembung karena letak lingkar lubang leher tidak pada lipatan kain namun di letakkan pada bagian atas lapisan kain bagian muka.
  • Baju bodo biasa dihias dengan kepingan logam berbentuk bulat berwarna emas di seluruh pinggiran dan permukaan blus.

Baju Bodo

Sumber : https://id.carousell.com/

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita yang modis dan stylish baju bodo sendiri dulu lebih sering dipakai oleh para perempuan Bugis untuk acara adat dan pemilihan warnanya tidak boleh sembarangan. Namun seiring berjalannya waktu, kini baju bodo juga kerap dijadikan sebagai busana pesta dan pemilihan warnanya jauh lebih bebas.

Padupadan Baju Bodo

Tertarik untuk mengenakan baju bodo sebagai outfit andalan ketika menghadiri resepsi pernikahan maupun acara pesta lainnya?. Buat anda yang masih bingung menentukan padupadannya anda bisa mencoba tips berikut.

1. Baju Bodo dan Sarung

Buat anda yang mau tampil cantik seperti layaknya wanita Bugis anda bisa memadupadankan baju bodo dengan sarung khas Bugis yang memiliki corak sangat indah. Dalam tiap motif sarung inipun umumnya terdapat nilai filosofis yang berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat setempat.

Beberapa motif sarung tenun Bugis yang sangat terkenal diantaranya:

  • Motif balo renni yang sangat identik dengan garis vertikal dan garis horizontal tipis yang menghasilkan kotak-kotak kecil.
  • Motif balo lobang yang memiliki corak berbentuk garis yang cenderung lebih tebal dan ukurannya besar.
  • Motif bombang yang terbentuk dari susunan segitiga sama sisi yang saling berjejer dan menyambung (zig-zag).
  • Motif tettong yang juga masih mengandalkan kombinasi garis-garis yang cantik yakni berupa warna garis dan peletakan garis.
  • Motif cobo' yang didominasi oleh corak segitiga yang tergambar ramping dan meruncing pada bagian ujungnya.

Baju Bodo

Sumber : https://shopee.co.id/

Simak juga pembahasan mengenai 6 Motif Sarung Tenun Khas Bugis kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang nilai filosofis dari masing-masing sarung tenun Bugis.

2. Baju Bodo dan Celana Kulot

Jangan ragu untuk mengkombinasikan baju bodo dengan celana kulot. Walau dari segi desain dan potongannya memang terkesan sangat lebar, celana kulot yang dipadukan dengan baju bodo justru bisa membuat anda merasa lebih nyaman untuk bergerak.

  • Perpaduan antara celana kulot dan baju bodo secara keseluruhan juga memiliki tampilan yang stylish tapi di waktu yang sama juga menambah kesan tinggi pada tubuh.
  • Khusus untuk anda yang ingin memakai celana kulot dengan baju bodo, sangat dianjurkan memilih bahan celana kulot yang ringan dan terkesan jatuh.
  • Untuk masalah warna tinggal disesuaikan saja dengan warna baju bodo yang hendak anda pakai.

Baju Bodo

Sumber : https://www.instagram.com/megaiskanti/

Ingin membuat celana kulot sendiri namun masih bingung bagaimana cara mendapatkan polanya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload Pola Celana Kulot beserta panduan menyusun polanya Di Sini.

3. Baju Bodo dan Rok Lilit

Ketika sahabat Fitinline kehabisan ide dalam bergaya menggunakan baju bodo, cobalah untuk memakai baju bodo dengan rok lilit sebagai padanannya. Dengan cara ini anda tidak perlu khawatir mati gaya saat pergi ke kondangan atau menghadiri acara formal yang mengharuskan anda memakai pakaian tradisional.

  • Rok lilit sebenarnya merupakan sebuah rok wanita yang dibuat tanpa dipola maupun dijahit.  
  • Bentuk dasar rok lilit hanyalah berupa lembaran kain biasa, bisa dari kain batik, songket atau kain polos.
  • Rok lilit juga sendiri termasuk ke dalam jenis rok yang cukup fleksibel dan tentunya dapat disesuaikan dengan bentuk badan pemakainya.

Baju Bodo

Sumber : https://shopee.co.id/

Simak kembali pembahasan mengenai 3 Cara Mudah Memakai Rok Lilit kalau anda butuh referensi cara penggunaan rok lilit untuk memaksimalkan penampilan.

Khusus untuk anda yang berhijab anda pun bisa tetap tampil cantik dengan baju bodo. Dalam hal ini anda bisa mengenakan baju bodo dengan rok lilit atau celana kulot lalu tambahkan jilbab segi empat maupun jilbab pashmina yang berwarna senada dengan keseluruhan outfit.

1. Jilbab Segi Empat

Jilbab segi empat merupakan salah satu model jilbab yang paling standar yaitu berbentuk segi empat dan memiliki ukuran panjang sama pada ke empat sisinya. Beberapa keistimewaan yang ditawarkan jilbab segi empat antara lain:

  • Jilbab segi empat dapat dikenakan untuk acara formal, semi formal maupun acara casual sekalipun.
  • Jilbab segi empat lebih mudah untuk dimodifikasi dengan berbagai gaya karena desainnya sangatlah simple.
  • Jilbab segi empat tersedia dalam beragam warna yang sangat menarik.
  • Pilihan bahan untuk membuat jilbab segi empat ada banyak hingga cocok digunakan dalam acara apapun.

2. Jilbab Pashmina

Jilbab pashmina merupakan sejenis jilbab yang memiliki ukuran cukup panjang dan bentuknya lebih menyerupai selendang. Dari berbagai model hijab yang ada, jilbab pashmina ini juga menjadi salah satu jenis jilbab yang banyak diburu para wanita.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara seru memakai baju bodo untuk acara pesta yang bisa anda coba. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa selain bagus dikenakan dengan sarung, baju bodo ternyata juga terlihat menarik mana kala dipadupadankan dengan celana kulot dan rok lilit.

Kalau sahabat fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait tips dan trik dalam memadupadankan outfit lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.