Article

Homepage Article Kain 6 Jenis Lenan Rumah Tangga…

6 Jenis Lenan Rumah Tangga Berdasarkan Fungsinya

Tahukah anda jika berdasarkan fungsinya, lenan rumah tangga yangada disekitar kita ternyata dapat dibedakan ke dalam enam kategori utama lho. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Lenan Rumah Tangga

Lenan rumah tangga merupakan kain-kain yang diperlukan untuk melengkapi perabot rumah tangga. Menurut fungsinya lenan rumah tangga inipun secara umum dapat dikelompokkan dalam berbagai macam kategori.

Klasifikasi Lenan Rumah Tangga

Beberapa jenis lenan rumah tangga yang dimaksud antara lain berupa lenan ruang tamu, lenan ruang keluarga, lenan ruang tidur, lenan kamar mandi, lenan ruang makan dan lenan ruang dapur.

1. Lenan Ruang Tamu

Lenan ruang tamu merupakan kain-kain yang diperlukan untuk melengkapi perabot rumah tangga di ruang tamu. Beberapa jenis lenan rumah tangga yang termasuk ke dalam kategori ini diantaranya:

  • Taplak Meja

Taplak meja adalah kain yang digunakan untuk menutupi meja ruang tamu.

  • Taplak meja berfungsi sebagai ornamen maupun aksesori penghias meja ruang tamu.
  • Melindungi furnitur yang ada di bawahnya dari noda, debu serta kotoran yang berbahaya pada furnitur.
  • Menyembunyikan kekurangan yang ada pada suatu furnitur.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://www.amazon.com/

Simak juga pembahasan mengenai 4 Jenis Bahan Terbaik Untuk Membuat Taplak Meja kalau sahabat Fitinline mau tahu jenis-jenis bahan kain terbaik yang biasa dipakai untuk taplak meja.

  • Kain Pelapis Sofa

Pelapis sofa adalah kain yang digunakan untuk menutupi sofa. Pemilihan kain pelapis sofa yang tepat dapat meningkatkan “citra” ruang tamu menjadi lebih ceria, hangat serta atraktif.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://www.joom.com/

  • Sarung Bantal Sofa

Sarung bantal sofa merupakan kain yang digunakan untuk membungkus bantal sofa (cushion). Kain yang dapat dipakai melengkapi kehadiran sofa ini antara lain berupa kain katun, kain poliester, kain beludru, kain linen dan kain kanvas.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://homedecorbliss.com/

  • Alas Sandaran Sofa

Alas sandaran sofa adalah kain yang biasa ditambahkan untuk mempercantik sandaran sofa. Bahan yang dipakai untuk membuatnya bisa sama atau berbeda dengan taplak meja.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://designrumah.my.id/

  • Gorden

Gorden dapat didefinisikan sebagai salah satu produk pelengkap rumah tangga yang biasanya dipasang pada jendela, pintu atau justru sebagai penyekat antar ruangan.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://shopee.com.my/

2. Lenan Ruang Keluarga

Lenan ruang keluarga merupakan kain-kain yang diperlukan untuk melengkapi perabot rumah tangga di ruang keluarga. Beberapa jenis lenan rumah tangga yang termasuk ke dalam kategori ini diantaranya:

  • Tutup TV

Tutup TV adalah kain yang digunakan untuk menutupi TV agar tetap bersih dan tidak terkena kotoran, debu dan air.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://id.aliexpress.com/

  • Sarung Bantal Sofa

Sama halnya dengan sarung bantal sofa ruang tamu, sarung bantal sofa di ruang keluarga fungsinya tidaklah jauh berbeda yakni untuk membungkus bantal sofa (cushion).

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://www.ikea.co.id/

3. Lenan Ruang Tidur

Lenan ruang tidur merupakan kain-kain yang diperlukan untuk melengkapi perabot rumah tangga di ruang tidur / kamar tidur. Beberapa jenis lenan rumah tangga yang termasuk ke dalam kategori ini diantaranya:

  • Sprei

Sprei merupakan lembaran kain berukuran lebar yang biasa digunakan sebagai penutup sekaligus pelapis sebuah kasur atau tempat tidur. Pemakaiannya sprei biasanya dilengkapi pula dengan bed cover untuk menghangatkan tubuh ketika musim dingin.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://store.kintakun-bedcover.co.id/

  • Sarung Bantal dan Guling

Sarung bantal dan guling merupakan kantung khusus yang didesain khusus untuk membungkus bantal dan guling. Bahan yang dipakai untuk membuatnya bisa sama atau berbeda dengan bahan sprei.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Selimut

Selimut termasuk ke dalam bagian dari peralatan tidur yang berfungsi untuk memberikan rasa hangat terutama ketika sedang tidur.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://www.shawsdirect.com/

4. Lenan Kamar Mandi

Lenan kamar mandi merupakan kain-kain yang diperlukan untuk melengkapi perabot rumah tangga di kamar mandi. Beberapa jenis lenan rumah tangga yang termasuk ke dalam kategori ini diantaranya:

  • Handuk

Handuk adalah selembar kain yang dapat dipakai untuk menyerap sisa air, baik itu setelah mandi atau cuci tangan di kamar mandi.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Baju Mandi / Bathrobe

Baju mandi atau bathrobe merupakan sejenis busana berpotongan one piece yang sengaja diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan pemakainya supaya lebih cepat mengeringkan badan setelah selesai mandi atau berenang.

Untuk membuatnya pun bahan yang dipakai kebanyakan terdiri dari bahan handuk yang berdaya serap tinggi, kasa yang mudah kering, waffle yang cepat menyerap dan mudah kering serta fleece untuk cuaca dingin.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://www.ritzcarltonshops.cn/

Ingin membuat bathrobe sendiri tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Bathrobe siap pakai dari kami.

  • Washlap

Washlap adalah handuk tangan yang berbahan lembut dan nyaman yang dapat dipakai untuk membersihkan wajah dan tubuh

  • Waslap bisa membantu melepaskan sel-sel kulit mati secara lembut.
  • Membantu cairan pencuci muka masuk ke pori-pori lebih baik.
  • Melepaskan kotoran dan sisa makeup yang menempel lebih efektif ketimbang pakai tangan.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Lenan Ruang Makan

Lenan ruang makan merupakan kain-kain yang diperlukan untuk melengkapi perabot rumah tangga di ruang makan. Beberapa jenis lenan rumah tangga yang termasuk ke dalam kategori ini diantaranya:

  • Taplak Meja Makan

Taplak meja makan adalah kain yang digunakan untuk menutupi meja makan sebelum meletakan piring dan makanan. Selain mempercantik tampilan ruang makan, taplak meja makan ini  juga dapat membantu melindungi meja dari goresan dan noda.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Table Mats

Table mat merupakan alas makan yang biasanya digunakan pada jamuan bernuansa formal. Table mat ini bisa dibuat dari macam-macam bahan, seperti bahan kertas sekali pakai dan juga bahan kain yang bisa dipakai berkali-kali.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://id.aliexpress.com/

  • Serbet Makan

Serbet merupakan salah satu elemen dari meja makan yang memiliki dua fungsi utama.

  • Pertama sebagai dekorasi meja makan.
  • Kedua untuk menjaga kebersihan seperti menutupi pakaian dari makanan yang jatuh, menghilangkan serpihan makanan di sekitar bibir dan mengeringkan tangan.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://www.webstaurantstore.com/

6. Lenan Ruang Dapur

Lenan ruang dapur merupakan kain-kain yang diperlukan untuk melengkapi perabot rumah tangga di ruang dapur. Beberapa jenis lenan rumah tangga yang termasuk ke dalam kategori ini diantaranya:

  • Cempal

Cempal merupakan lenan rumah tangga yang dapat digunakan untuk membantu mengangkat alat-alat dapur yang panas seperti panci, wajan dan mangkuk.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Celemek Masak / Apron Masak

Apron masak atau celemek masak termasuk ke dalam salah satu jenis lenan ruang dapur yang memiliki bentuk seperti dress panjang dibagian depan sementara bagian belakangnya terbuka dengan tali di bagian pinggang maupun leher.

Lenan Rumah Tangga

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Beberapa fungsi penting dari celemek masak / aprom masak yang perlu anda ketahui diantaranya:

  • Melindungi tubuh dari paparan noda serta percikan minyak dan api yang bisa saja menyambar tubuh selama proses memasak.
  • Menjaga pakaian dari paparan noda (minyak, kecap, saus dan sebagainya) agar tetap bersih.
  • Mencegah timbulnya bau tidak sedap pada pakaian setelah memasak.
  • Celemek masak / apron masak dengan saku dapat dipakai untuk membawa perlengkapan memasak seperti sendok takar, buku resep masakan dan bumbu masak.

Ingin membuat apron masak sendiri tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Apron Masak (Celemek Masak) siap pakai dari kami.

Kalau anda mau tahu lebih banyak tentang jenis-jenis kain yang cocok dipakai untuk membuat celemek masak / apron masak simak juga pembahasan mengenai 5 Jenis Bahan Kain Yang Bagus Untuk Apron Masak.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dingkat mengenai klasifikasi lenan rumah tangga berdasarkan fungsinya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting yang terkait dengan jenis-jenis bahan kain yang cocok dipakai untuk membuatnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.