Article

Homepage Article Fashion Design 8 Manfaat Menghadiri Fashion…

8 Manfaat Menghadiri Fashion Show

Berkesempatan untuk menghadiri acara fashion show / peragaan busana baik itu yang diselenggarakan di dalam negeri maupun fashion show di luar negeri. Selain melihat karya-karya terbaik para desainer ternama, di ajang fashion show ini anda juga bisa mendapat banyak manfaat lain yang tidak terduga lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fashion Show

Fashion show adalah suatu kegiatan yang diselenggarakan untuk memamerkan karya terbaik para desainer, memasarkan dan mempromosikan suatu produk fashion yang dikenakan model fashion show, serta memberikan alternatif gaya berpakaian sesuai trend yang sedang berkembang kepada masyarakat.

Selain menjadi ajang untuk memamerkan karya-karya terbaik para desainer ternama, acara fashion show yang dapat dilakukan di outdoor ataupun indoor ini sebenarnya juga memiliki manfaat yang besar bagi para pecinta fashion, produsen dan berbagai macam profesi lain yang terkait dengan bidang tersebut lho.

Manfaat Menghadiri Fashion Show

Berbicara mengenai acara fashion show / peragaan busana lantas apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan ketika menghadiri acara tersebut?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami rangkum penjelasan singkatnya hanya untuk anda.

1. Mengetahui Informasi Tentang Trend

Salah satu manfaat paling besar yang bisa anda rasakan dengan mendatangi acara fashion show / peragaan busana yaitu mendapat gambaran tentang trend apa yang sedang dan akan berkembang ke depannya. Hal ini bisa dilihat dari item-item apa saja yang menonjol dalam acara fashion show.

Fashion Show

Sumber : https://fashionista.com/

Bagi anda yang sedang membangun bisnis fashion tentu saja hal ini akan lebih memudahkan anda untuk memonitor trend yang sedang berkembang dan menciptakan produk yang disukai pasar / konsumen.

2. Menambah Wawasan Seputar Busana

Ketika menghadiri acara fashion show / peragaan busana anda akan dihadapkan dengan berbagai ragam busana yang memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Dari sini anda bisa menyerap semuanya sebagai suatu informasi dan referensi untuk merancang / mendesain busana.

Fashion Show

Sumber : https://www.harpersbazaar.com/

3. Mendapat Inspirasi Untuk Merancang Busana

Semakin sering anda menghadiri acara fashion show anda akan mendapatkan lebih banyak inspirasi dalam merancang busana yang cocok dikenakan pada acara-acara tertentu. Misal busana untuk acara Met Gala, busana untuk acara Coachella dan lain sebagainya.

Fashion Show

Sumber : https://www.elle.com/

4. Menambah Relasi dan Kenalan

Dengan menghadiri acara fashion show/ peragaan busana anda bisa memperoleh relasi dan kenalan baru. Terlebih lagi acara fashion show sendiri lebih sering dihadiri oleh desainer pakaian, produsen pakaian, model, fashion enthusiast dan orang yang erat kaitannya dengan sejumlah profesi tersebut.

Dari sisi desainer pun mereka juga bisa mendapatkan banyak kenalan dan bertemu partner    baru yang berdampak besar pada kelangsungan bisnis dengan cara saling membantu satu sama lain.

5. Bertukar Informasi Antar Sesama Peserta

Untuk anda yang masih belajar dan ingin tahu banyak tentang fashion, anda bisa menggali lebih banyak informasi / berdiskusi dengan sesama peserta yang lebih mengerti tentang fashion atau orang yang sudah hafal mengenai seluk beluk fashion.

Fashion Show

Sumber : https://fashionista.com/

Simak juga pembahasan mengenai 12 Istilah Fashion Terpopuler Beserta Artinya Yang Perlu Anda Ketahui jika anda mau tahu lebih banyak tentang istilah-istilah penting yang banyak dipkai dalam dunia fashion.

6. Hunting Foto Untuk Koleksi

Bagi anda yang hobi fotografi anda bisa memanfaatkan ajang fashion show untuk hunting foto koleksi. Tapi ingat agar foto yang anda dapatkan sesuai dengan apa yang anda harapkan, ada baiknya perhatikan beberapa hal penting berikut ini. 

  • Dalam mengabadikan aktivitas model di acara fashion show anda harus bisa membaca cahaya yang tersedia.
  • Fokus dengan model yang ingin anda foto, klik objek pada layar ponsel, kemudian atur exposure untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Fashion Show

Sumber : https://www.harpersbazaar.com/

Jika anda ingin melakukan pengambilan gambar ala fotografer profesional lakukan kalibrasi white balance (WB) pada saat penata cahaya mencoba lampunya, sambil mengukur tingkat kecepatan dan ISO untuk mengurangi beban blur dan noise saat foto dibuka di laptop.

Untuk hunting foto catwalk ada baiknya gunakanlah dua kamera. Satu kamera dengan lensa zoom sekitar 70-200 mm atau 70-300 mm, kemudian yang satunya lagi dipasang lensa kits 18-55 mm.

7. Inspirasi Untuk Mengekspresikan Diri

Manfaat berikutnya yang bisa anda rasakan ketika menghadiri acara fashion show / peragaan busana yaitu anda akan mendapatkan lebih banyak inspirasi untuk mengekspresikan diri dalam berbusana.

Dengan melihat apa yang diperagakan oleh model fashion show di atas panggung, anda bisa memilih busana mana yang tengah trend. Dari situ maka anda akan lebih mudah mencari baju yang memang benar-benar cocok dengan tubuh anda.

Fashion Show

Sumber : https://www.thecut.com/

8. Inspirasi Untuk Menata Gaya Busana

Untuk fashion stylist ajang fashion show bisa menjdi inspirsi dalam menata gaya para client. Fashion stylist sendiri merupakan profesi dalam dunia mode yang bertanggung jawab besar dalam membentuk personal branding seseorang dihadapan publik melalui konsep atau cara berbusana.

Simak juga pembahasan mengenai 10 Kiat Sukses Menjadi Seorang Fashion Stylist kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang hal penting yang harus dikuasai oleh fashion stylist.

Kesmpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah manfaat yang bisa anda dapatkan ketika menghadiri acara fashion show / peragaan busana. Semoga informasi yang kami bagikan bisa membangkitkan semangat anda untuk rajin menghadiri undangan fashion show karena banyak manfaat yang bisa dipetik dari acara tersebut.

Tertarik untuk menekuni dunia fashion desain tapi merasa tidak punya cukup banyak waktu luang untuk mengikuti kursus desain atau sekolah desain?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa mendownload E-Book Mendesain, E-Book Menjahit dan E-Book Membatik dari kami.

Kalau sahabat Fitinline mau tahu seperti apa aturan dalam menonton ajang fashion show / peragaan busana simak juga pembahasan mengenai 10 Aturan Menonton Fashion Show.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.