Article

Homepage Article Kain 5 Jenis Bahan Kain Yang…

5 Jenis Bahan Kain Yang Bagus Untuk Apron Masak

Butuh rekomendasi bahan yang bagus untuk membuat apron masak / celemek masak?. Khusus untuk anda yang ingin membeli atau membuat sendiri apron masak, kenali dulu yuk macam-macam bahan kain yang cocok dipakai untuk membuatnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Apron Masak

Apron masak atau celemek masak termasuk ke dalam salah satu jenis outer / pakaian luar yang umum dipakai oleh chef, juru masak dan pegawai restoran. Bentuknya sendiri tampak seperti dress panjang dibagian depan sementara bagian belakangnya terbuka dengan tali di bagian pinggang maupun leher.

Apron Masak / Celemek Masak

Sumber : https://www.walmart.com/

Ditinjau dari asal bahasanya istilah apron masak yang juga menjadi sebutan lain dari celemek masak sendiri, sebenarnya didapat dari serapan bahasa Perancis yaitu naperon. Arti sebenarnya dari kata tersebut adalah serbet yang memiliki fungsi utama untuk melindungi tubuh dari paparan noda.

Apron Masak / Celemek Masak

Sumber : https://www.walmart.com/

Dari yang awalnya dipakai untuk fungsi di atas, apron masak / celemek masak inipun lantas dikembangkan untuk tujuan lain yang tidak kalah penting. Beberapa diantaranya:

  • Melindungi tubuh dari percikan minyak dan api yang bisa saja menyambar tubuh selama proses memasak.
  • Menjaga pakaian dari paparan noda (minyak, kecap, saus dan sebagainya) agar tetap bersih.
  • Mencegah timbulnya bau tidak sedap pada pakaian setelah memasak.
  • Apron masak / celemek masak dengan saku di bagian dada, pinggang atau paha bisa dipakai untuk membawa perlengkapan memasak seperti sendok takar, buku resep masakan dan bumbu masak.

Bahan Untuk Apron Masak

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, apron masak / celemek masak sendiri secara umum dapat dibuat dari berbagai macam-macam bahan kain yang awet dan mudah digunakan. Beberapa jenis bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

1. Bahan Katun

Bahan katun merupakan jenis kain yang paling umum digunakan untuk membuat apron masak / celemek masak. Kain ini secara keseluruhan memiliki daya serap tinggi, bersifat breathable, adem, tidak pengap saat digunakan dan tidak akan mudah untuk terbakar jadi sangat cocok dipakai ketika memasak.

Apron Masak / Celemek Masak

Sumber : https://www.webstaurantstore.com/

Dilihat dari tingkat ketebalan dan seratnya, bahan katun yang bisa digunakan untuk membuat apron masak/ celemek masak sangatlah beragam. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa bahan katun twill dan bahan katun oxford.

  • Bahan Katun Twill

Bahan katun twill merupakan sejenis bahan kain dari keluarga katun yang dibuat dengan pola tenunan keper sehingga memiliki motif diagonal yang searah/sejajar pada permukaannya.

  • Bahan Katun Oxford

Bahan katun oxford merupakan sejenis kain dari keluarga katun yang dibuat dari penyilangan dua benang sehingga membentuk semacam jalinan titik-titik menyerupai pixel dalam resolusi gambar.

Untuk membuat apron masak / celemek masak intip koleksi bahan katun twill dan bahan katun oxford yang kami miliki yuk.

2. Kain Drill

Kain drill merupakan sejenis bahan kain yang paling umum dipakai untuk bahan dasar apron masak / celemek masak karena karakteristik bahannya cukup tebal, awet dan tahan lama.

  • Kelebihan bahan drill terdapat pada kesan mahal yang diberikannya.
  • Kain drill tidak mudah ditembus oleh cipratan saus, kuah serta sisa makanan.
  • Kain drill memiliki perawatan yang mudah dan tidak mudah rusak.
  • Kain drill bisa disablon dengan polyflex.

Apron Masak / Celemek Masak

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Dilihat dari tingkat ketebalan dan seratnya, bahan drill yang bisa digunakan untuk membuat apron masak/ celemek masak sangatlah beragam. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa kain American drill dan kain Japan drill.

  • Kain American Drill (Serat Sedang)

Kain American drill yang dapat disebut pula Florida drill tersusun atas komposisi serat katun dan polyester jadi cenderung lebih kuat, tidak membuat gerah dan adem saat digunakan.

  • Kain Japan Drill (Serat Besar)

Kain Japan drill merupakan jenis kain yang memiliki ukuran serat diagonal lebih besar dari pada American drill sehingga sifat kainnya lebih tebal dan juga kuat. Kain ini memiliki komposisi katun yang lebih tinggi jadi daya serapnya juga sangat baik.

Nagata drill merupakan salah satu merek ternama dari kain jenis Japan drill yang berserat besar. Kain ini secara umum terusun oleh komposisi katun yang lebih dominan sehingga permukaannya lembut, tebal, serta kuat.

Untuk anda yang membutuhkan kain American drill dan kain Japan drill, anda bisa membeli Kain American Drill (NGR) dan Kain Nagata Drill dari kami.

3. Bahan Taslan

Bahan berikutnya yang juga bisa dipakai untuk membuat apron masak / celemek masak yakni berupa bahan taslan yang bersifat waterrepelent dan tidak mudah ditembus noda (noda minyak, noda kecap, noda saus dan noda lainnya).

  • Apron berbahan taslan cenderung tidak mudah kusut ketika dipakai untuk memasak.
  • Bahan taslan juga memiliki daya tahan yang tinggi dan aman dicuci berulang kali.
  • Bahan taslan direkomendasikan untuk anda yang sering memasak atau memakai apron dalam waktu lama.
  • Bahan taslan bisa dijadikan sebagai bahan alternatif yang lebih bagus untuk membuat apron masak dibanding bahan drill dan katun.
  • Bahan taslan bisa diprint dengan sublimasi (hasil print sublimasi pada bahan taslan pun juga sangat baik)
  • Bahan sangat terkenal awet dan tahan lama.

Apron Masak / Celemek Masak

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Dilihat dari tingkat ketebalan dan seratnya, bahan taslan yang bisa digunakan untuk membuat apron masak/ celemek masak sangatlah beragam. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

  • Bahan taslan bening yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparan.
  • Bahan taslan yang terkenal lembut, memiliki sifat tahan air sangat kuat, mudah kering dan mampu menyerap kelembapan.
  • Bahan taslan milky yang mempunyai lapisan anti air berwarna milky (warna putih susu) di bagian dalamnya. Kain ini kerapatan seratnya cukup tinggi, lebih ringan, lebih halus dan tidak cepat pudar.

Untuk membuat apron masak / celemek masak intip koleksi bahan taslan yang kami miliki yuk.

4. Bahan Kanvas

Selain ketiga macam-macam bahan kain yang sudah di sebutkan di atas, bahan kanvas sebenarnya juga termasuk ke dalam jenis bahan kain yang sering dimanfaatkan untuk membuat apron masak / celemek masak.

  • Bahan kanvas permukaannya sedikit kasar dan serat benangnya terlihat dengan jelas.
  • Bahan kanvas cenderung tidak mudah robek dan bersifat sangat kuat.
  • Bahan kanvas tergolong kain yang tidak mudah kusut dan sangat tahan dalam segala kondisi.

Apron Masak / Celemek Masak

Sumber : https://www.indiamart.com/

Dilihat dari tingkat ketebalan dan seratnya, bahan kanvas yang bisa digunakan untuk membuat apron masak/ celemek masak sangatlah beragam. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

  • Bahan baby kanvas yang memiliki pori-pori lebih kecil, cenderung lebih lembut, lebih halus dan tidak kaku.
  • Bahan kanvas marsoto yang tebal dengan permukaan yang cenderung kasar.
  • Bahan kanvas ring yang sedikit lebih tipis dan tidak kaku jika dibandingkan dengan kain kanvas marsoto.
  • Bahan kanvas sueding lebih lembut jika dibandingkan dengan macam-macam bahan kain kanvas lainnya sehingga terasa lebih tipis meskipun memiliki tingkat ketebalan yang sama dengan kanvas ring.

Untuk membuat apron masak / celemek masak intip koleksi bahan kanvas yang kami miliki yuk.

5. Bahan Linen

Dari sekian banyak macam-macam bahan kain untuk apron masak / celemek masak, kain linen termasuk ke dalam salah satu bahan kain tertua di dunia yang sangat kuat dan memiliki kesan elegan. Kain ini biasa dibuat menggunakan serat linen yang biasa diambil dari tumbuhan rami atau pohon flax (Linum usitatissimum).

Apron Masak / Celemek Masak

Sumber : https://www.oncemilano.com/

Untuk anda yang membutuhkan kain linen, anda bisa membeli Kain Linen (NGR) dari kami.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai macam-macam bahan kain untuk membuat apron masak / celemek masak yang dapat kami rekomendasikan untuk anda. Dengan mengetahui banyaknya pilihan bahan yang ada semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan bahan apron yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Ingin membuat apron masak sendiri tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Apron (Celemek Masak) siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.