Article

Homepage Article Kain Tekstil Tawarkan Banyak Keunggulan,…

Tawarkan Banyak Keunggulan, Berikut 13 Produk Fashion & Furniture Yang Biasa Dibuat Dari Bahan Suede

Mencari bahan kulit yang bagus untuk membuat dompet, tas, jaket, sepatu maupun aksesoris fashion yang lainnya?. Barangkali anda bisa menggunakan bahan suede yang biasa dibuat dari bagian dalam kulit hewan sebagai bahan utamanya. Selain lebih lembut bahan ini ternyata juga terkenal awet lho asal cara perawatannya juga sudah tepat.

Pengenalan Bahan Suede

Berdasarkan asal bahasanya istilah suede konon diambil dari bahasa Perancis “Gants de Suede” yang memiliki arti sarung tangan dari Swedia. Bisa jadi jenis kulit ini pertama kali dihasilkan di Swedia sebagai bahan sarung tangan wanita kemudian dibawa ke Perancis dan dipopulerkan ke seluruh dunia. 

Bahan Suede

Sumber : https://www.contrado.co.uk/

Seiring berjalannya waktu kata suede akhirnya digunakan untuk menyebut bahan kulit yang halus seperti beludru, tetapi jelas keduanya sangat berbeda. Hal paling menonjol yang membedakan antara suede dengan kain beludru yaitu bahan suede akan sulit dibakar sedangkan beludru mudah terbakar.

Bahan Suede

Sumber : https://weshop.co.id/

Untuk menciptakan bahan suede yang berkualitas tinggi, bahan baku yang digunakan sebagai material utamanya kebanyakan diambil dari bagian dalam kulit hewan seperti halnya sapi, kambing, domba dan kerbau yang dekat dengan daging sehingga tekstur lapisan yang dihasilkan sangat halus dan lembut. 

Bahan Suede

Sumber : https://leatherunltd.com/

Meskipun kebanyakan suede terbuat dari kulit bagian dalam dekat daging, sebenarnya bisa juga suede dibuat dari full-grain. Tahap pembuatannya yaitu permukaan kulit akan digiling biasanya dengan roda ampelas dan akan menghasilkan kulit nubuck yang lebih tahan lama tapi dari segi harga juga lebih mahal.

Bahan Suede

Sumber : https://bringtex.en.made-in-china.com/

Keunggulan Bahan Suede

Dibandingkan dengan bahan kulit yang lainnya suede memang memiliki keistimewaan tersendiri pada penampilannya yang lembut. Bahan suede inipun juga dikenal lebih tahan terhadap panas bila terpapar sinar matahari langsung dibandingkan leather biasa.

1. Tidak Mudah Panas

Bahan suede yang terbuat dari kulit hewan umumnya memiliki sifat yang sangat khas yakni tidak mudah panas sekalipun terkena sinar matahari secara langsung.

2. Lebih Halus dan Lembut

Karena bahan suede sebagian besar dibuat dari kulit dalam dekat daging maka permukaannya jadi lebih halus dan lembut.

3. Lebih Nyaman dan Hangat

Selain memiliki tekstur yang halus dan lembut, bahan kain suede juga menjadikan pakaian terasa lebih nyaman dan hangat. Tidak dapat dipungkiri bahwa bahan ini memiliki kualitas terbaik secara pembuatannya.

4. Harganya Tergolong Murah

Harganya yang tergolong murah dan relatif terjangkau juga menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh bahan kain suede.

5. Tahan Lebih Lama

Kulit suede ini juga memiliki keistimewaan lain yakni lebih tahan lama bahkan hingga lima tahun apabila dirawat dengan cara yang tepat.

6. Bisa Diaplikasikan Pada Banyak Produk

Bahan kain suede cocok digunakan pada berbagai jenis produk pelengkap fashion mulai dari sepatu, tas, dompet maupun jaket. Saat ini bahan suede juga mulai digunakan sebagai bahan pembungkus sofa serta bahan jok mobil dan motor.

Kalau anda butuh bahan kain suede berkualitas untuk membuat furnitur rumah, tas, sepatu atau produk pelengkap fashion lainnya maka anda bisa menggunakan kain double suede atau bahan real suede.

  • Untuk pelengkap bagian dalam tas premium anda bisa menggunakan Kain Double Suede yang bertekstur lembut, halus dan menyerupai kulit suede.
  • Untuk keperluan upholstery maupun untuk produk pelengkap sandang seperti tas dan sepatu anda bisa menggunakan Bahan Real Suede yang permukaannya berbulu halus.

Kekurangan Kain Suede

Dibalik sejumlah keunggulan yang dimilikinya, bahan suede sebenarnya juga tidak luput dari berbagai kekurangan. Salah satunya yakni bahan suede cenderung lebih mudah mudah kotor sehingga membutuhkan cara perawatan khusus.

1. Rentan Terhadap Noda

Bahan kain suede membutuhkan cara perawatan yang lebih rumit dibandingkan dibandingkan jenis kulit yang lainnya karena bahan yang satu ini terkenal rentan terhadap noda.

2. Bahannya Lebih Tipis

Kulit yang digunakan untuk membuat kain suede ini juga termasuk ke dalam bahan-bahan yang tipis jadi memerlukan tangan-tangan kreatif untuk mengolahnya.

3. Jahitan Mudah Lepas

Saking tipisnya rajutan kain suede jahitan dari kain ini juga akan mudah terlepas. Jadi, untuk anda yang ingin menggunakan bahan suede agar lebih dijaga teksur kehalusannya.

4. Sensitif Terhadap Cairan

Bahan suede asli umumnya bersifat sensitif terhadap cairan sehingga mudah menampakkan bercak. Jadi untuk memastikan agar produk yang anda miliki tetap awet usahakan untuk selalu merawatnya dengan cara yang tepat.

5. Kulit Suede Asli Susah Dicari

Bahan suede asli ternyata susah dicari dan jarang dijumpai di pasaran. Sebagian besar suede yang dijual di sejumlah toko biasanya merupakan suede dalam versi bahan kulit sintetis.

Pemanfaatan Bahan Suede

Dengan sifatnya yang sangat lembut dan lentur, bahan suede yang awalnya banyak dipakai untuk membuat sarung tangan wanita sekarang juga populer untuk pakaian serta kegunaan lainnya. Beberapa ada yang dipakai untuk membuat jaket, sepatu, kemeja, dompet, tas, aksesoris hingga furniture.

Jaket

Jaket yang dibuat dari bahan suede sebenarnya termasuk ke dalam salah satu item fashion yang bersifat everlasting. Khusus untuk anda yang berani bereksplorasi, tidak ada salahnya bila anda memilih jaket suede yang dilengkapi aksen fringes, draperi atau tassel pada bagian lengan, dada atau bahu.

Bahan Suede

Sumber : https://www.theory.com/

Coat

Item fashon berikutnya yang juga banyak dibuat dari bahan suede yakni berupa coat. Dengan memakai coat berbahan suede yang memiliki ukuran lumayan panjang saat musim hujan dijamin tubuh anda akan terhindar dari paparan udara dingin dan tampilan anda akan terlihat lebih trendy.

Bahan Suede

Sumber : https://www.collenandclare.com/

Rok Wanita

Memenuhi kebutuhan para wanita akan produk fashion yang berkualitas kini hadir pula rok mini hingga midi yang dibuat dari material suede. Untuk inspirasi cara pemakaiannya anda bisa mengenakan rok bahan suede dengan sepatu berhak tinggi agar tampilan anda kian mempesona.

Bahan Suede

Sumber : https://id.carousell.com/

Celana

Tidak kalah keren dengan jaket maupun coat, kini ada juga celana panjang berbahan suede yang akan membuat anda menjadi pusat perhatian. Salah satu alasannya yaitu dimungkinkan bahwa orang yang suka memakai celana suede adalah orang yang sederhana namun berkharisma.

Bahan Suede

Sumber : https://www2.hm.com/

Sepatu Boots

Dalam bentuk sepatu boots tampilan suede yang klasik akan membuat pemakainya jadi terkesan lebih elegan, karena itulah bahan suede juga banyak dipakai untuk bahan sepatu boots. Karakteristiknya yang sejuk akan membuat bagian kaki tetap adem meski memakai boots pada saat siang hari. 

Bahan Suede

Sumber : https://poshmark.com/

Flat Shoes

Selain sepatu boots, ada juga model sepatu wanita yang banyak dibuat dari bahan suede. Jenis sepatu yang dimaksud yaitu berupa flat shoes. Banyaknya penggunaan bahan suede pada sepatu dikarenakan tekstur suede yang sengaja dibuat lentur akan terasa sangat nyaman digunakan dalam waktu lama.

Bahan Suede

Sumber : https://www.ebay.com/

Sandal

Model alas kaki berikutnya yang juga banyak memanfaatkan bahan suede yaitu berupa sandal jepit. Walaupun dari segi desain sandal ini tampak biasa saja, namun dengan padupadan yang tepat alas kaki ini justru akan membuat gaya penampilan anda jadi makin terkesan trendy. 

Bahan Suede

Sumber : https://global.rakuten.com/

Kemeja

Menggunakan kemeja yang berbahan dasar dari suede akan menonjolkan bahwa anda merupakan pecinta suasana ketenangan. Hal ini bisa dilihat dari tekstur bahan kain suede yang memang bernuansa kalem ketika dipandang mata. Kemeja bergaya koboi dalam bahan suede yang stylish bisa maksimalkan penampilan anda.

Bahan Suede

Sumber : https://id.carousell.com/

Dompet

Dompet berbahan suede merupakan item fashion legendaris yang banyak dicari oleh para pecinta fashion. Tidak hanya populer dikalangan pria saja tetapi dompet suede ini juga diminati oleh para wanita karena dapat memberikan kesan mewah pada penampilan pemakainya.

Bahan Suede

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Bahan Suede

Sumber : https://www.taobao.com/

Backpack, Rucksack dan Totebag

Dewasa ini telah banyak produk tas yang dibuat dari material suede. Dari segi fungsi tas berbahan suede bisa anda pakai untuk membawa banyak barang ketika bepergian. Dari segi fashion tas berbahan suede juga akan membuat penampilan anda menjadi lebih elegan dan menarik.

Bahan Suede

Sumber : https://www.achilleasaccessories.gr/

Model tas yang dapat anda pilih untuk pelengkap penampilan pun bermacam-macam, bisa berupa backpack, rucksack, maupun totebag. Supaya bentuk tas tetap terjaga dengan baik biasakan untuk selalu mengisi bagian dalamnya dengan menggunakan kertas kering saat tidak sedang digunakan. 

Bahan Suede

Sumber : https://us.shein.com/

Belt

Belt atau ikat pinggang dapat didefinisikan seagai pita fleksibel yang berfungsi mengikat celana atau bahan pakaian lain, juga berguna untuk gaya atau mode. Sesuai desain dan kegunaannya ikat pinggang ini biasanya banyak dibuat dari kulit termasuk suede atau bahan yang teksturnya mirip. 

Bahan Suede

Sumber : https://aurelien-online.com/

Jam Tangan

Selain pada belt atau ikat pinggang saat ini bahan kain suede juga bisa dijumpai pada tali jam tangan atau strap jam tangan. Dibandingkan jam tangan dengan tali stainless, jam tangan dengan tali suede ini terbilang lebih ringan, lebih nyaman dan fleksibel saat dipakai.

Bahan Suede

Sumber : https://www.trouva.com/

Sofa dan Bantal Sofa

Untuk pelengkap kebutuhan rumah tangga bahan suede juga bisa diaplikasikan pada sofa dan bantal sofa. Sebagai bahan furniture, suede sendiri kini sudah memiliki alternatif material sintetis yang memiliki tekstur yang selembut aslinya. Bahan kulit sintetis ini cenderung lebih mudah perawatan karena harganya yang lebih murah.

Bahan Suede

Sumber : https://www.amazon.com/

Cara Merawat Produk Berbahan Suede

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sebagian besar bahan suede sebenarnya memiliki tekstur lebih lembut tapi juga lebih cepat menjadi kotor dan lebih sulit dibersihkan terutama jika terkena noda. Oleh karena itulah bahan suede ini memerlukan cara perawatan tersendiri.

Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang cara perawatan produk berbahan suede baik itu berupa pakaian, furnitur maupun yang lainnya alangkah lebih baik jika anda menyimak pembahasan berikut. 

1. Bersihkan Noda Secepat Mungkin

Untuk mengantisipasi masalah yang tidak diinginkan akan lebih baik jika anda segera membersihkan produk berbahan kain suede bila terkena noda. Cara cepat ini tentu lebih baik dari pada terlambat.

2. Serap Air Dengan Tisu Atau Handuk

Jika produk suede kesayangan anda terkena air segera bersihkan dengan tisu atau handuk lembut. Kalau dibiarkan air ini biasanya akan meresap semakin dalam pada serat suede dan meninggalkan noda  yang tidak bisa hilang.

  • Gunakan tisu atau handuk lembut untuk menyesap air yang ada pada suede.
  • Tepuk-tepuk tisu atau handuk dengan lembut dan jangan digosok dengan keras agar air tidak menyebar dan justru merusak warna alami suede.

3. Hindari Penggunaan Air

Menggunakan air saat membersihkan produk suede sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak tekstur halus dari suede itu sendiri. Sebagai gantinya gunakanlah sikat kering untuk membersihkan kotoran yang menempel pada bahan tersebut.

4. Bersihkan Dengan Sikat Gigi

Menggosok bahan suede dengan sikat kasar tanpa disadari dapat merusak serat suede itu sendiri. Oleh karena itulah bila pakaian berbahan suede yang anda miliki terkena noda gosoklah menggunakan sikat gigi secara perlahan.

  • Untuk menjaga tekstur suede agar tetap lembut, sikat bahan suede secara lembut dan satu arah.
  • Cara seperti ini dipercaya akan membuat tampilan suede tetap mulus dan selalu segar seperti baru.

5. Hindari Penggunaan Sabun

Penggunaan produk pembersih yang mengandung sabun untuk bahan kulit biasanya justru akan memperparah noda pada bahan suede. Karena itulah sebaiknya hindari penggunaan sabun untuk membersihkan noda pada produk suede.

6. Hilangkan Noda Dengan Penghapus

Tanpa perlu mencucinya anda bisa membersihkan produk suede yang terkena noda seperti sambal, pulpen ataupun tinta dengan penghapus pensil.

  • Untuk menghapus noda pada bahan suede berwarna gelap gunakan penghapus pensil dengan warna senada.
  • Untuk menghapus noda pada bahan suede berwarna cerah gunakan penghapus pensil berwarna putih.
  • Tekstur halus yang terdapat pada kain suede pun tidak akan rusak ketika noda dihilangkan dengan penghapus pensil.

7. Gunakan Cuka Atau White Vinegar

Untuk membersihkan noda yang cukup sulit untuk dihilangkan coba gunakan cuka atau white vinegar. Caranya basahi handuk yang lembut lembut dan bersih dengan cuka untuk mengusap noda. Noda pada suede secara otomatis akan berpindah pada permukaan handuk tersebut.

8. Bersihkan Noda Minyak Dengan Bedak

Minyak mungkin menjadi salah satu noda yang bisa merusak tampilan produk suede kesayangan anda. Bila anda pakaian, tas atau sofa anda tanpa sengaja terkena noda anda bisa menaburkan bedak pada area suede yang terkena minyak dan biarkan agar tepung menyerap minyak.

9. Gunakan Protective Spray

Sebelum noda dan bercak muncul pada permukaan suede alangkah lebih baik jika anda menyemprotnya dengan protective spray setiap hari. Khusus untuk furnitur cukup gunakan seminggu tiga kali untuk menghindari noda menjadi permanen.

  • Protective spray merupakan produk yang mudah dibawa kemana-mana.
  • Protective spray sangat mudah digunakan yakni tinggal disemprotkan pada bahan suede.
  • Protective spray bersifat melindungi bahan suede tanpa melunturkan warna alaminya.

10. Cat Jika Diperlukan

Walaupun noda pada suede jarang menjadi permanen tetapi kotoran yang sudah menempel pada lapisan terdalam suede biasanya akan sangat sulit dibersihkan. Untuk menyamarkannya anda bisa mengecat produk suede anda. Namun, bahan dalam cat berpotensi mengubah tekstur suede menjadi lebih keras.

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan bahan suede, pemanfaatan bahan suede serta cara mudah untuk merawatnya yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa membantu anda agar tidak salah dalam memperlakukan produk berbahan suede ya.

Mencari alternatif bahan suede yang lebih tahan lama, tahan noda dan tahan terhadap air?. Anda dapat menggunakan Kain Double Suede dan Bahan Real Suede yang diproduksi dari bahan kulit sintetis. Keunggulan dari suede versi sintetis ini yaitu cara perawatannya tergolong lebih mudah.

1. Untuk merawat bahan kulit sintetis anda cukup membersihkan permukaan kulitnya dengan menggunakan sikat yang berbulu lembut.
2. Jangan mencuci produk berbahan sintetis dengan deterjen dan air, karena kandungan detergen berpotensi merusak bahan.
3. Bila terdapat noda cukup gunakan lap yang sudah dibasai untuk membersihkan noda atau kotoran yang menempel.
4. Setelah bersih langsung keringkan permukaan bahan kulit sintetis dengan cara mengangin-anginkannya di tempat yang sejuk dan teduh.

Cukup praktis dan mudah untuk dilakukan bukan?. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.