Article

Homepage Article Kain Tekstil Kenali 10 Tipe Gorden Jendela…

Kenali 10 Tipe Gorden Jendela Yang Bisa Anda Pakai Untuk Dekorasi Ruangan

Kenyamanan sebuah ruangan bisa sangat ditentukan oleh pemilihan gorden yang tepat, karena itulah penting bagi anda untuk mengenal lebih jauh seperti apa tipe gorden jendela yang sesuai dengan dekorasi interior ruangan.

Meski kelihatannya sepele memilih gorden sendiri faktanya bisa menjadi hal yang cukup membingungkan. Pasalnya tidak semua tipe gorden jendela cocok untuk diaplikasikan ke semua ruangan lho. Buat anda yang masih bingung ketika memilih gorden simak dulu yuk pembahasan mengenai 10 tipe gorden berikut.

1. Gorden Jendela Tipe Sheer

Gorden jendela tipe sheer termasuk ke dalam jenis gorden yang terbuat dari kain yang ringan dan semi-transparan. Gorden tipe sheer biasanya terbuat dari bahan voile maupun vitrase berwarna putih polos atau bermotif.

Tipe Gorden

Sumber : https://www.westelm.com/

2. Gorden Jendela Tipe Rod Pocket

Gorden rod pocket merupakan jenis gorden jendela kamar yang memiliki kantong di bagian atas untuk menempatkan besi penggantung gorden. Gorden tipe rod pocket ada yang dilengkapi dengan satu hingga tiga kantung tapi yang dipakai hanya salah satu.

Tipe Gorden

Sumber : https://www.bombay.ca/

3. Gorden Jendela Tipe Draperies

Hadir dalam tampilan yang lebih simpel dengan permukaan yang bergelombang dan menggantung sama panjang, gorden tipe draperies termasuk ke dalam salah satu gorden jendela kamar yang paling dekoratif.

Tipe Gorden

Sumber : https://www.efficientwindowcoverings.org/

4. Gorden Jendela Tipe Cascades

Gorden jendela kamar model cascades umumnya dibuat menjuntai di kedua sisi jendela. Tipe gorden ini biasanya memiliki ornamen yang bergelombang di bagian atas dalam bentuk setengah lingkaran atau biasa disebut dengan swag.

Tipe Gorden

Sumber : http://djtrunks.com/

5. Gorden Jendela Tipe Valances

Valance merupakan kain seperti gorden dengan ukuran lebih kecil yang biasa diletakkan di bagian atas jendela. Valance sendiri memiliki dua konsep penataan yakni:

  • Berfungsi sebagai ornamen pelengkap ketika dipasang menyatu dengan gorden maupun vitrase.
  • Valance bisa dipasang tanpa gorden.

Tipe Gorden

Sumber : https://www.amazon.com/

6. Gorden Jendela Tipe Tiers

Berkebalikan dengan valances yang dipasang pada bagian atas jendela, gorden jendela tipe tiers ini justru berfungsi sebagai penutup bagian bawah jendela (menutup sepertiga bagian bawah jendela). Tiers lebih sering dipasang pada dapur atau kamar mandi.

Tipe Gorden

Sumber : https://www.target.com/

7. Gorden Jendela Tipe Eyelet

Tipe gorden jendela eyelet merupakan jenis gorden yang pada bagian atasnya terdapat ring-ring besi sebagai tempat menggantung pada batang jendela.

  • Gorden eyelet yang terbuat dari kain berbahan ringan sangat cocok jika dipasang pada kamar tidur anak.
  • Gorden eyelet dengan bahan yang lebih berat cocok untuk kamar tidur bergaya modern atau ruang keluarga.

Tipe Gorden

Sumber : https://direct.asda.com/

8. Gorden Jendela Tipe Tab Top

Gorden jendela kamar dengan tipe tab top kurang lebih hampir mirip dengan eyelet. Kalau eyelet menggunakan ring maka tab top mengganti ring-ring tersebut dengan kain untuk mengaitkan gorden pada besi penggantung gorden.

Tipe Gorden

Sumber : https://www.improvementscatalog.com/

9.    Gorden Jendela Tipe Scarves

Gorden jendela model scarves menjadi salah satu tipe gorden jendela yang paling mudah dipasang yakni dengan cara dililitkan pada batang jendela sebagai dekorasi. Selain cantik tipe gorden jendela yang satu ini juga bisa dikombinasikan dengan model gorden jendela lain lho.

Tipe Gorden

Sumber : https://www.homedepot.com/

10. Gorden Jendela Tipe Pleat

Memiliki desain yang berlipat-lipat di bagian atasnya, gorden tipe pleat sendiri secara garis besar dapat dibedakan menjadi 4 kategori, yakni berupa box pleated, tailored pleat, goblet pleat, dan pinch pleated.  

  • Box pleated merupakan model gorden yang memiliki lipatan berbentuk kotak.
  • Tailored pleat merupakan model gorden jendela yang tiap tiga lipatan dijahit ujung atasnya sehingga mengerucut.
  • Goblet pleat merupakan model gorden jendela yang bagian atasnya memiliki lipatan-lipatan dan dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai piala.
  • Pinch pleated merupakan gorden yang dianggap yang paling dekoratif dan biasanya hanya terdiri dari tiga, empat hingga lima lipatan namun bentuknya tetap seimbang.

Tipe Gorden

Sumber : https://www.hillarys.co.uk/

Demikian pembahasan mengenai beberapa tipe gorden jendela yang biasa anda pakai untuk pelengkap interior ruangan. Jika harus memilih kira-kira sahabat Fitinline lebih suka yang mana?. Share ya...

Mencari bahan kain yang bagus untuk melengkap gorden rumah anda?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan vitrase kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.