Article

Homepage Article Jahit Menjahit 6 Jenis Jarum Pentul Yang…

6 Jenis Jarum Pentul Yang Biasa Digunakan Dalam Kegiatan Menjahit

Dalam proses pembuatan sebuah busana tidak dapat dipungkiri jika alat dan bahan yang dibutuhkan memang banyak sekali. Termasuk diantaranya anda juga harus mempersiapkan peralatan pendukung seperti jarum pentul untuk menunjang kegiatan menjahit anda.

Jenis-Jenis Jarum Pentul

Sumber : http://www.threadsmagazine.com/

Meski dari segi desain terbilang cukup minimalis tetapi jarum pentul ini sebenarnya memiliki fungsi yang cukup penting. Sebagai contoh untuk  menyematkan kertas pola pada rancangan kain, menyatukan bagian-bagian baju yang telah dipotong, serta memberi tanda pada bagian busana yang perlu diperbaiki.

Jenis-Jenis Jarum Pentul

Sumber : https://www.ifixit.com/

Bukah hanya memiliki banyak fungsi, tetapi jarum pentul tersebut sebenarnya juga tersedia dalam beberapa jenis bentuk dan ukuran yang cukup unik. Sebut saja jarum pentul kaca, jarum pentul titik bola, jarum pentul sutra, jarum pentul quilting, jarum pentul kepala plastik, dan jarum pentul T.

Jenis-Jenis Jarum Pentul

Sumber : http://sewing.craftgossip.com/

Jarum Pentul Kaca

Jarum pentul kaca atau glass head pins merupakan jenis jarum pentul yang memiliki batang logam dan bola kaca putih pada bagian ujung kepalanya. Jarum ini memiliki karakteristik yang cenderung kuat dan tidak terlalu fleksibel, sehingga bentuknya kaku ketika menjepit ke dalam kain. 

Jenis-Jenis Jarum Pentul

Sumber : http://www.thetextilespaceshop.com/

Jarum Pentul Titik Bola

Jarum pentul titik bola atau ball-point pins termasuk ke dalam jenis jarum pentul yang memiliki ukuran jarumnya sedikit lebih pendek dari jarum pentul kaca. Jarum pentul jenis ini biasa lebih banyak digunakan oleh para penjahit untuk menjahit pakaian dengan bahan rajut atau jersey. 

Jenis-Jenis Jarum Pentul

Sumber : https://www.fabric.com/

Jarum Pentul Sutra

Jarum pentul sutra yang biasa disebut juga sebagai silk pins ternyata juga termasuk dalam jenis jarum pentul. Bentuknya yang lebih tipis dan kecil sangat sesuai jika digunakan pada kain hasil tenun atau kain sutera. Salah satu tujuannya adalah agar kain tidak rusak karena terkena bekas tusukan jarum.

Jenis-Jenis Jarum Pentul

Sumber : https://allspiceabounds.wordpress.com/

Jarum Pentul Quilting

Jarum pentul jenis ini memiliki bentuk yang lebih panjang, cukup kuat, dan berwarna-warni. Jarum pentul ini biasa digunakan untuk merajut. Mungkin hampir mirip dengan jarum pentul biasanya tetapi masyarakat biasanya menyebut jarum pentul quilting ini sebagai jarum pentul Jepang.

Jenis-Jenis Jarum Pentul

Sumber : https://www.createforless.com/

Jarum Pentul Kepala Plastik

Jarum pentul plastik atau plastic head pins biasanya lebih banyak digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan yang tidak perlu membutuhkan fungsi yang kuat. Beberapa memiliki ujung plastik berwarna-warni besar dengan kepala yang berbentuk unik seperti boneka, bunga, maupun hati.

Jenis-Jenis Jarum Pentul

Sumber : http://www.threadsmagazine.com/

Jarum Pentul T

Jarum pentul T yang memiliki nama lain T pin sebenarnya sangat jarang digunakan dalam kegiatan menjahit, tetapi jarum ini akan sangat berguna jika digunakan untuk membuat kerajinan yang membutuhkan jarum lebih kuat. 

Jenis-Jenis Jarum Pentul

Sumber : http://www.knitpicks.com/

Ingin tahu hal-hal penting apa saja yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan sebuah pakaian?. Anda bisa mendownload E-book menjahit dari Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.