Article

Homepage Article Jahit Menjahit Rahasia Menajamkan Gunting…

Rahasia Menajamkan Gunting Kain Dengan Menggunakan Ampelas

Sebagai seorang penjahit anda mungkin pernah dibuat kesal lantaran gunting yang biasa anda gunakan untuk memotong kain tahu-tahu tidak dapat dipakai lagi karena mata pisaunya kurang tajam. Jika sahabat Fitinline menjumpai masalah semacam ini jangan terburu-buru untuk membuang gunting anda ya.

Mengasah Gunting Kain

Sumber : https://www.dreamstime.com/

Memang benar kalau gunting yang sudah berumur lama dan sering digunakan tentu akan mengalami aus dan tidak bisa digunakan dengan baik. Tapi anda juga harus tahu sebenarnya ada rahasia yang dapat diterapkan untuk menajamkan kembali gunting anda tersebut.

Mengasah Gunting Kain

Sumber : https://www.amazon.com/

Tanpa harus menggunakan alat khusus untuk mengasah gunting, ada cara praktis mengasah gunting biar tetap tajam salah satunya dengan ampelas. Sejenis alat kerja yang terbuat dari kertas atau kain namun telah ditambahkan dengan bahan yang kasar seperti butiran pasir. 

Mengasah Gunting Kain

Sumber : https://www.indotrading.com/

Caranya mudah saja mula-mula siapkan selembar ampelas dengan nomor grit 150-200 atau bisa juga memilih ampelas yang lebih halus lagi (dengan nomor grit yang lebih besar) jika ingin mendapatkan hasil mata pisau yang lebih halus.

  • Lipat ampelas menjadi separuhnya, dengan bagian yang kasar menghadap ke arah luar.
  • Arahkan sisi kasar ampelas supaya menghadap ke luar, sehingga nanti permukaannya dapat bersinggungan dengan kedua mata pisau gunting saat dipotong.
  • Gunakan gunting untuk memotong ampelas secara memanjang dari dasar hingga ujung mata pisau gunting.
  • Potong ampelas menjadi lembaran panjang sekitar 10-20 kali. Ketika digunakan untuk memotong ampelas secara otomatis kedua mata pisau gunting akan terasah dan bertambah tajam. 

Mengasah Gunting Kain

Sumber : https://www.pinterest.es/

Metode memotong ampelas seperti ini sangat cocok jika digunakan untuk mengasah mata pisau gunting yang belum terlalu tumpul, namun perlu sedikit diasah. Ampelas terbukti efektif untuk menghaluskan cekungan atau goresan pada mata pisau.

Setelah gunting dirasa cukup tajam, bersihkan mata pisau gunting menggunakan tisu lembap untuk menyingkirkan butiran ampelas yang mungkin menempel di permukaannya saat proses mengasah berlangsung. Sekarang gunting kain anda siap untuk digunakan kembali.

Mengasah Gunting Kain

Sumber : https://es.aliexpress.com/

Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

 

Mencari gunting kain berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi alat jahit kami Di Sini.

Gunting Kain

 

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.