Article

Homepage Article Cara Menjahit 3 Tips Memilih Pemidangan…

3 Tips Memilih Pemidangan Untuk Keperluan Menyulam

Ingin membuat kraeasi sulaman pada produk pakaian maupun lenan rumah tangga tapi belum menemukan pemidangan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda?. Untuk memudahkan anda dalam memilih pemidangan ada baiknya simak dulu tips berikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Pemidangan

Pemidangan merupakan sebuah alat bantu yang bisa anda pakai untuk mempermudah kegiatan menyulam. Fungsi utamanya yaitu untuk menahan kain agar tidak menjadi kusut serta mencegah timbulnya kerutan yang dapat merusak keindahan hasil sulaman, sehinggahasilnya jadi lebih rapi dan menarik.

Dalam kegiatan sulam menyulam sendiri, pemidangan juga memiliki banyak variasi bentuk, ukuran dan bahan yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan lho. Selain berbentuk lingkaran, ada juga pemidang sulam berbentuk persegi, pemindangan gulung dan pemidangan yang tidak perlu dipegang oleh tangan.

Tips Memilih Pemidangan

Tertarik untuk membuat kreasi sulaman pada bahan kain tapi masih bingung mau memakai pemidangan yang seperti apa?. Biar tidak salah pilih simak pembahasan berikut yuk. 

1. Bahan Pemidangan

Untuk mendapatkan pemidangan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pilih berdasarkan material pemidangan sulam. Dalam hal ini anda bisa memilih pemidangan sulam dari bahan kayu yang lentur atau bahan plastik yang ringan dan mudah digunakan.

  • Bahan Kayu

Pertama ada pemidangan sulam dari bahan kayu yang awet dan terasa semakin nyaman apabila sering digunakan. Selain itu pemidangan sulam dari bahan kayu ini juga memiliki daya tarik tersendiri dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Pemidangan kayu memiliki kelenturan yang sangat ideal untuk menahan bahan kain agar tidak bergeser atau berkerut.
  • Pemidangan kayu relatif ringan dan tidak membuat tangan cepat lelah ketika menggunakannya dalam waktu lama.

Dibalik kelebihan yang dimilikinya, pemidangan sulam dari bahan kayu ini sayangnya cenderung rentan terhadap kelembapan dan perubahan suhu. Karena itu anda harus lebih berhati-hati saat menyimpannya.

Pemidangan Sulam

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Bahan Plastik

Selain pemidangan kayu ada pula pemidangan sulam dari bahan plastik yang ringan dan mudah digunakan. Bentuknya yang tidak mudah berubah pada pemakaian normal dapat memberikan rasa nyaman ketika anda menggunakannya.

Pemidangan Sulam

Sumber : https://www.aliexpress.com/

2. Ukuran Pemidangan

Berikutnya pilih ukuran pemidangan sulam yang sesuai dengan ukuran kreasi sulam yang akan dibuat. Untuk membuat kreasi sulam yang besar sebaiknya pilih pemidangan yang berukuran besar, sebaliknya untuk membuat kreasi sulam yang kecil gunakan pemidangan yang berukuran kecil.

Pemidangan Sulam

Sumber : https://www.walmart.ca/

Jika anda memaksakan diri untuk mengerjakan sulaman berukuran besar dengan pemidangan kecil, yang ada proses menyulam akan menjdi lama karena anda harus sering-sering menyulam sambil menggeser kain sedikit demi sedikit. Selain itu posisi tangan juga akan menjadi kurang nyaman saat menyulam.

Simak juga pembahasan mengenai Petunjuk Penggunaan Bidangan Pada Saat Menyulam kalau anda mau tahulebih banyak tentang cara penggunaan pemidangan sulam.

3. Model Pemidangan

Terakhir pilih pemidangan berdasarkan model atau cara pengaturannya, karena hal ini akan sangat menentukan kemudahannya saat digunakan. Untuk pilihan modelnya secara garis besar terdapat 3 tipe pemidangan sulam yang bisa anda pakai.

  • Tipe Langsung Pakai

Pertama ada pemidangan tipe langsung pakai yang yang paling mudah digunakan. Caranya cukup letakkan kain pada bingkai yang berukuran lebih kecil kemudian pasangkan bingkai yang lebih besar ke bingkai kecil.

Meskipun terkenal cukup praktis dari segi cara pemakaiannya, namun pemidangan tipe langsung pakai ini tidak dapat digunakan pada kain yang tebal. Jika dipaksakan yang ada kain akan menjadi bergelombang dan tidak dapat diregangkan dengan kuat.

Pemidangan Sulam

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Pemidangan sulam tipe langsung ini ada juga yang dibuat dalam bentuk kotak dan memiliki pengunci pada keempat sisinya. Untuk menggunakan pemidang tipe ini mula-mula letakkan kain pada bingkai pemidangan kemudian pasangkan pengunci pada masing-masing sisinya.

Pemidangan Sulam

Sumber : https://imall.com/

  • Tipe Sekrup

Kedua ada pemidangan tipe sekrup yang dapat disesuaikan dengan tingkat ketebalan kain. Untuk cara penggunaannya sendiri pemidangan tipe sekrup ini kurang lebih hampir sama dengan pemidangan tipe langsung pakai.

  • Pertama-tama letakkan kain pada bingkai kecil.
  • Longgarkan sekrup pada bingkai pemidangan yang besar lalu pasangkan pada bingkai kecil.
  • Setelahnya kencangkan sekrup untuk menahan posisi kain yang hendak anda sulam agar tidak kendur atau bergeser.  
  • Dengan pemindangan tipe sekrup ini, menyulam kain tebal sekalipun bukan lagi masalah.

Pemidangan Sulam

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Tipe Gulung

Ketiga ada pemindangan tipe gulung yang dapat digunakan dengan cara menggulungkan kain pada penggulung yang ada pada bagian atas dan bawah pemidangan sulam, atur hingga kain cukup kencang lalu tahan menggunakan peniti atau menjahitnya.

Pemidangan Sulam

Sumber : https://www.inspirationsstudios.com/

Dibanding dua model pemidangan sebelumnya, penggunaan pemidangan sulam tipe gulung ini akan menjadi mudah bila anda sudah terbiasa. Tapi kalau anda baru mulai menyulam, lebih baik pilih pemidang sulam tipe langsung pakai atau tipe sekrup.

Selain menggunakan ketiga model pemidangan yang sudah disebutkan di atas terdapat pula pemidangan tipe hands free yang didesain khusus untuk memudahkan anda dalam melakukan kegiatan menyulam. Sebab untuk menggunakan pemidangan ini anda hanya perlu memasangnya di sisi meja.

  • Pemidangan sulam tipe hands free memiliki penahan khusus sehingga tidak memerlukan bantuan tangan untuk memegangnya.
  • Pemidangan sulam tipe hands free menjadi solusi paling tepat untuk anda yang suka melakukan kegiatan menyulam selama berjam-jam.
  • Pemidangan sulam tipe hands free juga memiliki kemampuan berputar hingga 360° jadi anda bisa lebih mudah menemukan posisi duduk ternyaman.
  • Pemidangan sulam tipe hands free dapat menghasilkan bagian belakang yang rapi.

Pemidangan Sulam

Sumber : https://www.amazon.de/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang harus anda perhatikan dalam memilih pemidangan sulam. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan pemidangan sulam yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik yang dapat diterapkan untuk menjahit dan menghias bahan kain. Sebagai referensi anda bisa mendownload E-Book Seni Menghias Bahan Kain dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.