Article

Homepage Article Kain Tekstil Penggunaan Bahan Reaktif…

Penggunaan Bahan Reaktif dan Bahan Sulfur Dalam Pencelupan Kain Katun Combed

Sebagian dari anda mungkin sudah sangat akrab dengan yang namanya kain katun combed. Namun sudahkan anda tahu jika berdasarkan tipe pencelupannya kain katun combed sendiri sebenarnya bisa dibedakan menjadi dua macam kategori?. Tipe yang dimaksud yaitu berupa katun combed sulfur dan katun combed reaktif.

  • Reaktif     : Warna lebih pekat tetapi cenderung mudah luntur.
  • Sulfur       : Warna kurang pekat tetapi tahan luntur.

Pewarnaan Kaos

Sumber : http://www.menshealth.co.uk/

T-shirt dengan bahan reaktif maupun sulfur sebenarnya sangat mudah ditemukan di pasaran, hanya saja untuk orang awam mungkin akan sulit membedakannya karena secara fisik kedua bahan tersebut terlihat sangat sama. Lantas hal-hal apa saja yang membedakan kain cotton combed sulfur dan cotton combed reaktif?.

Pewarnaan Kaos

Sumber : http://global.rakuten.com/

Perbedaan yang jelas dari kedua jenis bahan tersebut akan terasa pada tekstur kainnya. Dimana jenis kain yang dibuat dengan bahan reaktif umumnya relatif lebih lembut dan kepekatan warna yang dihasilkan pun juga cenderung lebih tajam karena kualitas tintanya lebih bagus terutama jika disablon dengan teknik discharging.

Pewarnaan Kaos

Sumber : https://www.ssactivewear.com/

Dipasarkan kain katun combed reaktif ini memang kebanyakan dijual dengan harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis cotton combed sulfur yang terbuat dari bahan sintetis. Sebab dari segi kualitasnya pun kain katun combed juga terbilang jauh lebih unggul.

Pewarnaan Kaos

Sumber : http://www.ebay.co.uk/

Berbanding terbalik dengan kain katun reaktif, kain cotton combed yang dibuat menggunakan pewarna sulfur umumnya dijual dengan harga yang relatif lebih murah. Sayangnya kain katun jenis ini memiliki kualitas yang kurang bagus karena lebih mudah rusak pada bagian lipatan, bagian tepi pakaian dan juga pada bagian jahitan yang tebal. 

Pewarnaan Kaos

Sumber : http://www.clothesoutsale.com/

Bukan hanya itu saja, bagi beberapa orang yang memiliki kulit sensitif penggunaan kaos cotton combed yang dibuat dengan pewarna sulfur bisa menimbulkan efek samping berupa reaksi gatal, tibul bintik-bintik merah, bahkan iritasi. 

Pewarnaan Kaos

Sumber : https://www.thehunt.com/

Sahabat Fitinline tentu tidak ingin kan hal semacam ini terjadi pada diri anda?. Oleh sebab itu untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan ada baiknya jika anda lebih teliti dalam memilih bahan kain katun combed seperti apa yang sesuai dengan diri anda.

Pewarnaan Kaos

Sumber : https://www.hughandcrye.com/

Setelah menyimak pembahasan di atas sahabat Fitinline sekarang jadi makin tahu kan perbedaan kualitas antara kaos katun combed yang dibuat dengan bahan reaktif dan bahan sulfur itu seperti apa. Kalau sahabat Fitinline sendiri lebih suka yang mana?. 

Pewarnaan Kaos

Sumber : https://www.australiscairoargento.com.au/

Jika anda termasuk orang yang mengutamakan kenyamanan dalam berpakaian maka penggunaan bahan katun combed reaktif adalah pilihan yang paling tepat bagi anda.

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Kain Kaos Fitinline

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.