Article

Homepage Article Jahit Menjahit 7 Jenis Gunting Yang Diperlukan…

7 Jenis Gunting Yang Diperlukan Dalam Kegiatan Jahit Menjahit

Tertarik untuk terjun dalam dunia jahit menjahit?. Pasti sahabat Fitinline sudah tahukan jika alat yang dibutuhkan untuk menjahit itu banyak sekali. Selain melibatkan jarum dan benang anda juga harus mempersiapkan alat lain yang tidak kalah penting yakni berupa gunting. 

Jenis Gunting Jahit

Sumber : http://www2.fiskars.com/

Dikenal sebagai salah satu alat terpenting yang diperlukan dalam dunia jahit menjahit, gunting jahit sendiri sebenarnya tersedia dalam berbagai macam varian dengan fungsi yang berbeda satu sama lain. Beberapa diantaranya yakni berupa gunting kain, gunting kertas, gunting bebek, gunting zig zag, gunting bordir, gunting benang dan gunting listrik. 

Jenis Gunting Jahit

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Gunting Kain

Gunting kain merupakan jenis gunting yang didesain khusus untuk menggunting kain. Gunting kain yang baik biasanya sedikit lebih berat dari pada gunting kertas.

Jenis Gunting Jahit

Sumber : http://news.cision.com/

Gunting Kertas

Sesuai dengan namanya fungsi utamanya dari gunting ini adalah untuk menggunting kertas. Gunting kertas sangat diperlukan sebagai alat untuk memotong semua kertas dalam membuat pola.

Jenis Gunting Jahit

Sumber : https://sewitwithlove.com/

Gunting Bebek

Gunting bebek berfungsi untuk memotong kain tambahan dalam proses pekerjaan menjahit. Gunting ini memiliki pisau berbentuk dayung (yang menyerupai paruh bebek).

Jenis Gunting Jahit

Sumber : http://www.gilmor.co.uk/

Gunting Zig Zag

Gunting zig zag merupakan jenis gunting yang biasa dipergunakan untuk menyelesaikan tepi bahan atau kampuh bahan yang tidak bertiras. Dengan tepiannya yang berbentuk zig zag  gunting ini sangat efektif untuk memotong tepi kain agar lebih rapi.

Jenis Gunting Jahit

Sumber : https://blog.allaboutlearningpress.com/

Gunting Bordir

Gunting bordir berfungsi untuk membersihkan benang pada aplikasi bordiran supaya lebih rapi. Gunting bordir tersedia dalam dua jenis yakni berupa gunting bordir melengkung single dan gunting bordir melengkung ganda.

Gunting bordir melengkung single dengan ujungnya yang miring, gunting bordir ini sangat berguna untuk memudahkan seorang penjahit dalam melakukan pemotongan benang bordir. 

Jenis Gunting Jahit

Sumber : https://sewguide.com/

Gunting bordir melengkung ganda dengan pegangan gunting yang melengkung memberikan kemudahan dalam menggunakan gunting jenis ini.

Jenis Gunting Jahit

Sumber : https://www.sewingmachinesplus.com/

Gunting Benang

Gunting benang merupakan gunting khusus yang dipergunakan untuk menggunting benang atau bagian-bagian yang sulit digunting dengan gunting besar. 

Jenis Gunting Jahit

Sumber : https://www.theobor.com/

Gunting Listrik

Sama-sama difungsikan sebagai alat potong kain, gunting listrik ini memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pemotongan bahan kain dalam jumlah dan ukuran yang sangat banyak. Gunting listrik banyak digunakan oleh industri skala besar. 

Jenis Gunting Jahit

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Semakin bagus kualitas sebuah gunting biasanya akan semakin mahal pula harga guntingnya. Kalau sahabat Fitinline mau lebih hemat gunakan gunting dengan harga sedang saja, asalkan rajin merawatnya pasti gunting tersebut bisa tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jenis Gunting Jahit

Sumber : https://www.pinterest.com/

Supaya lebih awet sebaiknya gunakan gunting sesuai dengan fungsinya. Misalnya jangan gunakan gunting kain untuk menggunting kertas atau sebaliknya, karena akan mengakibatkan berkurangnya ketajaman gunting.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.