Article

Homepage Article Kain 6 Jenis Handuk Hotel dan…

6 Jenis Handuk Hotel dan Fungsinya Masing-Masing

Handuk dikenal sebagai salah satu bagian dari peralatan kamar mandi yang memiliki fungsi sangat penting dalam kehidupan manusia. Selain dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi, ternyata ada juga lho handuk yang diciptakan khusus untuk mengeringkan tangan, mengeringkan wajah bahkan rambut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Handuk

Ditinjau dari asal bahasanya istilah handuk sebenarnya berasal dari bahasa Turki yang artinya kain penyeka “badan”. Dalam kehidupan sosial masyarakat Turki abad ke-18, handuk yang dapat dipakai untuk menyerap cairan dapat pula dibedakan atas kegunaannya untuk mengusap kepala, bahu dan pinggul.

Handuk Hotel

Sumber : https://www.ubuy.co.id/

Dari yang awalnya dipakai untuk mengusap kepala, bahu dan pinggul, seiring berjalan waktu handuk kemudian dikembangkan lebih lanjut pelengkap kebutuhan mandi harian dan keperluan lain yang tidak kalah penting. Masing-masing handuk tersebut tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis Handuk Hotel

Untuk standar pelayanan yang maksimal di hotel kelas atas misalnya anda akan menemukan lebih banyak handuk yang disiapkan oleh pengelola hotel. Selain mengeringkan tubuh sehabis mandi, ada juga handuk yang sisiapkan khusus untuk membersihkan wajah, mengeringkan tangan, rambut, bahkan kaki.

Biar tidak salah pakai berikut kami bagikan gambaran ringkas mengenai jenis-jenis handuk hotel yang perlu anda ketahui:

1. Hand Towel

Pertama ada hand towel yang biasa dibuat dalam bentuk persegi panjang dan tidak terlalu lebar. Fungsi utamanya yaitu untuk mengeringkan tangan setelah mencucinya di wastafel.

  • Hand towel biasa dijadikan sebagai pengganti tisu dan sering dipasang bersebelahan dengan wastafel.
  • Hand towel sangat cocok dipakai untuk mengeringkan bagian tangan setelah mencuci wajah atau kapan pun tangan anda butuh dikeringkan.

Handuk Hotel

Sumber : https://www.amazon.com/

2. Wash Cloth

Kedua ada wash cloth yang dapat dipakai untuk membersihkan wajah. Cara penggunaannya yaitu dengan meneteskan sabun pada handuk yang sudah dibasahi lebih dulu kemudian diusapkan ke wajah.

  • Wash cloth biasanya diletakkan di meja wastafel bersamaan dengan perlengkapan lainnya di kamar mandi.
  • Fungsi utamanya yaitu untuk meminimalisir penyebaran bakteri dan kuman dari tubuh.
  • Penggunaan wash cloth juga dianggap lebih efektif untuk mengangkat sel kulit mati, ketimbang hanya mengusapkan sabun ke kulit.

3. Bath Towel

Ketiga ada bath towel yang biasanya dibuat dalam bentuk persegi panjang dan berukuran sedang. Handuk ini dapat dipakai untuk mengeringkan rambut setelah selesai keramas atau bisa untuk mengeringkan badan bagian atas.

  • Bath towel umumnya memiliki serat yang lembut dan sangat cocok digunakan untuk mengeringkan rambut basah.
  • Selain dipakai di hotel bath towel biasanya juga dapat ditemukan di salon kecantikan.

4. Bath Sheet

Keempat ada bath sheet alias handuk mandi yang berukuran paling lebar dibandingkan dengan jenis handuk yang lain. Handuk untuk mandi ini tentu berbeda dengan handuk untuk mengeringkan tangan, begitu pula dengan material yang digunakan.

  • Bath sheet bisa dipakai untuk membungkus dan mengeringkan seluruh badan setelah mandi.
  • Bath sheet kurang cocok untuk rambut, karena membuatnya jadi lebih lama kering.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, bath sheet ini biasanya banyak diciptakan dari bahan katun, microfiber maupun serat bambu.

  • Bahan katun banyak dipilih untuk handuk karena memiliki daya serap air sangat baik. Bahan katun yang kerap dijadikan handuk yakni berupa kain terry dan turkish cotton.
  • Bahan microfiber juga banyak dilirik untuk handuk karena mampu menyerap air 7–8 kali lebih banyak dan bisa kering tiga kali lebih cepat dibandingkan kain katun.
  • Serat bambu juga menjadi salah salah satu bahan handuk yang disukai banyak orang karena memiliki kapilaritas paling tinggi sehingga mampu menyerap cairan dengan baik.

5. Bath Mat

Kelima ada bath mat yang ukurannya sedikit lebih lebar dari hand towel. Handuk ini biasanya dibuat dalam bentuk persegi panjang dan digunakan sebagai keset/alas kaki di kamar mandi.

  • Bath mat berfungsi untuk mengeringkan kaki setelah mandi.
  • Bath mat dapat dipakai juga untuk mencegah seseorang tergelincir di kamar mandi.

Handuk Hotel

Sumber : https://www.jd.id/

6. Bath Robe

Keenam ada bath robe yang didesain menyerupai jubah dan dilengkapi dengan kerah serta ikat pinggang. Untuk pria penutup belahan bath robe biasa ditempatkan di bagian kanan, sedangkan untuk wanita ditutup dengan bagian kiri di depan.

  • Bath robe dapat dipakai untuk menutupi seluruh badan setelah mandi atau berenang.
  • Bath robe berfungsi menyerap air secara perlahan tanpa harus menggosok kulit.
  • Bath robe dapat dipakai untuk menjaga badan supaya tetap hangat selama keluar dari kolam renang dan tidak risih saat berjalan menuju kamar mandi.

Handuk Hotel

Sumber : https://www.williams-sonoma.com/

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, bath sheet ini biasanya banyak diciptakan dari bahan kasa, bahan waffle maupun bahan fleece.

  • Bahan kasa merupakan bahan pembuatan bath robe yang terasa ringan di kulit. Bahan ini sangat cocok untuk musim panas karena membuat kulit mudah bernafas dan cepat kering.
  • Sebagai bahan pembuatan bath robe, bahan waffle atau bahan kain wafel memiliki keseimbangan yang baik antara sifat cepat menyerap dan sifat mudah kering.
  • Bath robe yang dibuat dari bahan kain fleece umumnya akan terasa sangat lembut di kulit dan memberi rasa hangat. Bahan ini juga mampu menghasilkan sirkulasi udara yang baik jadi sangat nyaman saat digunakan.

Karena fungsi utama dari bathrobe adalah untuk menyeka tubuh, tidaklah tepat bila anda memakainya dalam waktu yang lama. Setelah tubuh anda menjadi kering ada baiknya segera ganti bath robe yang anda pakai dengan pakaian yang lain.

Ingin membuat bathrobe sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Bathrobe siap pakai dari kami.

Untuk mengetahui langkah-langkah pembuatannya simak juga Langkah-Langkah Membuat Bathrobe (Jubah Mandi) Yang Simple Untuk Penjahit Pemula.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis handuk hotel yang sesuai kegunaannya yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Dengan mengetahui hal tersebut semoga anda tidak lagi salah pakai atau salah pilih handuk ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.