Article

Homepage Article Jahit Menjahit Langkah-Langkah Membuat…

Langkah-Langkah Membuat Bathrobe (Jubah Mandi) Yang Simple Untuk Penjahit Pemula

Sebagai salah satu pelengkap keperluan mandi yang tidak wajib, terkadang bathrobe tetap memiliki fungsi yang sangat penting lho. Buat anda yang kebetulan sedang ingin membeli bathrobe tapi belum menemukan model dan bahan yang pas mungkin menjahit bathrobe sendiri bisa menjadi pilihan paling tepat yang bisa diandalkan.

Pengertian Bathrobe

Bathrobe merupakan sejenis busana berpotongan one piece yang sengaja diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan pemakainya supaya lebih cepat mengeringkan badan setelah selesai mandi atau berenang. Meskipun bisa menggunakan handuk tetapi penggunaan bathrobe juga akan memudahkan anda sebelum berpakaian usai mandi.

Bathrobe

Sumber : https://www2.hm.com/

Dari yang awalnya dipakai untuk menutupi bagian tubuh setelah mandi dan berenang, kini sejumlah spa di hotel ternama bahkan juga sering memanfaatkan bathrobe untuk memudahkan pelanggannya ketika melakukan perawatan tubuh lho. Selain itu terdapat pula bathrobe yang berubah fungsi menjadi item pelengkap fashion yang trendy.

Bathrobe

Sumber : https://sea.newchic.com/

Cara Penggunaan Bathrobe

Dilihat dari segi desain dan tampilannya, pakaian terusan yang lebih dikenal dengan nama bathrobe ini biasanya memiliki ciri yang sangat khas yakni selalu dilengkapi dengan kerah dan ikat pinggang. Cara penggunaan bathrobe sendiri pada prinsipnya juga terbilang sangat mudah dan praktis jadi anda tidak perlu pusing memikirkannya.

Bathrobe

Sumber : https://bigl.ua/

Khusus untuk anda yang baru pertama kali memakai bathrobe mungkin tips berikut bisa sedikit membantu anda agar tidak salah ketika memakai bathrobe.

  1. Bathrobe atau jubah mandi pada prinsipnya memiliki fungsi yang sama seperti handuk mandi, jadi tidaklah tepat bila anda memakai jubah mandi dalam waktu yang lama.
  2. Karena fungsi utama dari bathrobe adalah untuk menyeka tubuh, maka setelah tubuh anda menjadi kering sebaiknya segera ganti dengan pakaian yang lain.
  3. Untuk jubah mandi pria penutup belahannya biasa ditempatkan di bagian kanan, sedangkan jubah mandi untuk wanita ditutup dengan bagian kiri di depan.

Tips Memilih Bathrobe

Berencana untuk membeli bathrobe sebagai pelengkap keperluan mandi dalam waktu dekat?. Ketika anda hendak membeli jubah mandi hal terpenting yang perlu diperhatikan yaitu sesuaikan dengan tujuan pemakaiannya.

  1. Pilihlah jubah mandi yang mudah dilepas supaya anda tidak merasa kerepotan saat memakai dan melepaskannya.
  2. Bahan jubah mandi juga perlu diperhatikan, kalau bisa pilih yang cepat menyerap air dan aman digunakan untuk kulit.
  3. Sesuaikan desain bathrobe dengan kebutuhan. Jika memilih desain yang sesuai dengan selera tentu anda akan merasa lebih nyaman dalam menikmati waktu santai.

Bahan Untuk Bathrobe

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya secara umum bahan jubah mandi terbagi dalam empat jenis. Bahan yang dimaksud yaitu berupa handuk yang berdaya serap tinggi, kasa yang mudah kering, waffle yang cepat menyerap dan mudah kering serta fleece untuk cuaca dingin.

1. Bahan Handuk

Bahan pertama yang paling banyak digunakan untuk membuat bathrobe yaitu berupa bahan handuk. Beberapa ciri paling khas yang membedakan bathrobe dari bahan handuk dengan bathrobe yang lain yaitu:

  • Terasa lembut dan memiliki daya serap air yang baik.
  • Sangat cepat menyerap air di tubuh sehingga cocok dipakai segera setelah mandi.
  • Untuk cuaca panas pun tidak masalah, bisa dipilih handuk yang tidak tebal.
  • Jika anda ingin memilih bathrobe dari bahan handuk anda bisa memeriksa kualitas bahan handuk dengan mengusapkannya di tangan. Bila terasa lembut, berarti bahan handuk tersebut memang berkualitas bagus.

Bathrobe

Sumber : https://wanderluks.com/

2. Bahan Kasa

Bahan kasa merupakan bahan pembuatan bathrobe yang terasa ringan di kulit. Beberapa alasan mengapa bahan kasa ini sangat cocok digunakan untuk membuat bathrobe yaitu:

  • Bahan kasa sangat cocok untuk musim panas karena membuat kulit mudah bernafas dan cepat kering.
  • Tidak menyebabkan iritasi pada kulit sehingga sangat sesuai untuk jubah mandi bayi.
  • Kain kasa memiliki kualitas yang berbeda tergantung dari jenisnya, ada yang terbuat dari rami, katun dan lainnya. Jika anda ingin bahan kasa yang berdaya serap tinggi pilihlah bahan kasa yang dikombinasikan dengan bahan yang lain.

Bathrobe

Sumber : https://id.aliexpress.com/

3. Bahan Waffle

Bahan waffle atau bahan kain wafel sebenarnya merupakan salah satu jenis bahan kain yang rajutannya bertekstur seperti kulit jeruk. Sepintas kain ini hampir mirip dengan kain dry fit namun pori-pori bahan kainnya berbentuk kotak, sementara tekstur bahannya cenderung lentur dan padat.

  • Sebagai bahan pembuatan jubah mandi, bahan waffle atau bahan kain wafel memiliki keseimbangan yang baik antara sifat cepat menyerap dan sifat mudah kering. Ciri paling khas yang membedakan bathrobe dari bahan kain wafel dengan bathrobe yang lain yaitu:
  • Bahan waffle atau bahan kain wafel sangat cocok digunakan untuk membuat bathrobe bagi keperluan hotel maupun spa.
  • Selain digunakan sebagai jubah mandi bathrobe dari bahan waffle atau bahan kain wafel juga populer sebagai piyama.
  • Permukaan bahan waffle atau bahan kain wafel cenderung tidak rata sehingga kurang nyaman di kulit.

Bathrobe

Sumber : https://www.absmaland.com/

4. Bahan Fleece

Jubah mandi yang dibuat dari bahan kain fleece umumnya akan terasa sangat lembut di kulit dan memberi rasa hangat. Bahan kain fleece ini juga sangat cocok untuk digunakan sebagai pakaian di rumah, khususnya untuk anda yang tinggal di daerah dingin atau yang suka bepergian ke tempat dingin.

Ciri utama yang membedakan kain fleece untuk bathrobe dengan jenis tekstil lainnya yaitu :

  • Permukaan bahan kain fleece cenderung sedikit berbulu.
  • Bahan kain fleece memiliki warna benang yang lebih bercahaya dan lebih ringan.
  • Bahan kain fleece umumnya bersifat hidrofobik dan memiliki kemampuan untuk menyerap air yang cukup baik.
  • Serat yang terdapat pada bahan kain fleece juga mampu menghasilkan sirkulasi udara yang baik sehingga tetap terasa nyaman dan hangat diwaktu yang bersamaan.
  • Sifat bahannya yang lembut dan mudah untuk dikeringkan menjadikan bahan kain fleece banyak dipilih sebagai bahan pembuatan bathrobe.

Bathrobe

Sumber : http://cheneydc.me/

Selain dibuat dari keempat jenis bahan kain yang sudah disebutkan di atas sebenarnya ada juga bahan lain yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bathrobe. Untuk pelengkap kebutuhan sehari-hari misalna anda juga bisa memilih jubah mandi berbahan kain tipis yang mudah kering.

Membuat Bathrobe Sendiri

Belum menemukah bathrobe yang sesuai dengan kebutuhan anda?. Solusi terbaik anda bisa menjahit bathrobe sendiri dengan mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut.

1. Menentukan Desain Bathrobe

Dalam proses pembuatan bathrobe, langkah pertama yang harus dilakukan yakni membuat sejumlah sketsa atau desain bathrobe. Dari beberapa desain yang sudah ada, selanjutnya dilakukan analisa dan pemilihan desain yang terbaik kemudian diproses lebih lanjut untuk dibuatkan pola.

Bathrobe

Sumber : https://fitinline.com/

2. Menentukan Ukuran Bathrobe

Bathrobe yang baik mestinya memiliki ukuran yang cukup longgar dan tidak terlalu ketat. Karena alasan itulah dalam mendesain bathrobe sebaiknya lakukan pengukuran badan yang tepat agar blus yang didapatkan nantinya juga terasa lebih nyaman saat dikenakan untuk beraktifitas.

  • Ukuran yang diambil dengan baik akan memberikan ketegasan atau dasar yang kokoh untuk membuat pola.
  • Sangat disarankan untuk tidak mengukur badan dengan terlalu ketat atau juga terlalu longgar, karena akan menyebabkan busana yang akan dijahit jadi tidak bagus.

Bathrobe

Sumber : https://www.monarchcypressonline.com/

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengambil ukuran badan diantaranya:

  • Pita ukur atau meteran.
  • Tali untuk mengikat bagian pinggang.
  • Ballpoint dan alat tulis lain untuk mencatat hasil pengukuran badan.

Sementara beberapa bagian tubuh yang perlu diukur sebagai acuan dalam membuat bathrobe diantaranya:

  • Panjang bathrobe diukur dari bagian ujung pundak atas (dekat leher) ke bawah sampai batas tertentu sesuai kebutuhan.
  • Lingkar badan diukur melingkar dari bawah ketiak sampai bagian dada yang menonjol.
  • Lingkar pinggang diukur melingkar di bagian pinggang.
  • Lebar punggung diukur dari batas tengah kerung lengan kiri sampai bagian tengah kerung lengan kanan.
  • Lebar bahu diukur dari bagian lekuk leher sampai pada ujung bahu.
  • Panjang lengan diukur dari pundak bawah sampai pergelangan tangan.
  • Lingkar pergelangan tangan diukur melingkar pergelangan tangan.
  • Lingkar leher diukur melingkar di bagian leher dengan sedikit dilonggarkan.

3. Membuat Pola Bathrobe

Setelah dilakukan proses pengambilan ukuran badan langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu membuat pola bathrobe sesuai dengan desain yang dikehendaki. Pola bathrobe sendiri juga terdiri dari dua buah pola besar dan beberapa pola kecil.

  • Pola besar pada bathrobe terdiri dari badan bagian muka, badan bagian belakang dan lengan.
  • Pola kecil pada bathrobe terdiri atas berbagai bentuk pola saku dan tali bathrobe.

Pola-pola yang telah disiapkan hendaknya diperiksa kembali. Hal-hal yang harus diperiksa dari pola tersebut diantaranya kelengkapan pola, tanda-tanda pola, letak saku,kampuh dan kelim, serta ukuran pola apakah sudah sesuai dengan ukuran yang hendak dibuat.

Ingin membuat bathrobe sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa mendownload Pola Bathrobe siap pakai dari kami.

Pola bathrobe ini merupakan pola baju mandi untuk konsumsi rumahan dalam bentuk file PDF yang biasa dibuat dengan kain handuk dan dipakai sesudah mandi. Standar ukuran untuk bathrobe di Fitinline adalah sebagai berikut.

Bathrobe

Setelah dicetak, pola bathrobe ini harus disusun sesuai dengan ukuran nomor yang tertera di halaman. Panduan penyusunan halaman ada di lembar panduan yang ada di dalam paket pola. Selain itu anda juga mempelajari melalui video tutorial Mendownload dan Menyusun Pola Baju.

4. Menyiapkan Bahan Bathrobe

Siapkan bahan kain yang tepat untuk membuat bathrobe. Untuk memastikan bahwa anda bisa bergerak dengan leluasa sebaiknya pilih bahan kain yang fleksible, nyaman dan dapat menyerap air dengan mudah.

Bathrobe

Sumber : https://spandexbyyard.com/

5. Meletakkan Pola di Atas Bahan

Pola bathrobe yang telah selesai dibuat selanjutnya dapat diletakkan di atas bahan yang telah dibentangkan dengan memperhatikan tanda-tanda pola seperti arah serat dan jumlah potongan pola.

  • Lipat bahan kain menurut arah memanjang kemudian semat sisinya dan diberi pemberat agar posisinya tidak bergeser.
  • Letakkan pola bathrobe bagian depan dan belakang. Yang harus diperhatikan adalah arah serat pada pola harus sejajar dengan tepi bahan, kemudian beri kampuh dan semat pola dengan jarum pentul.
  • Letakkan pola lengan, pola saku dan bagian pola lainnya dari bathrobe.

Bathrobe

Sumber : https://weallsew.com/

6. Memotong Bahan Bathrobe

Setelah pola diletakkan di atas bahan selanjutnya potong bahan bathrobe sesuai dengan pola yang telah dibuat. Cara menggunting bahan bathrobe yang baik dan benar yaitu:

  • Letakkan tangan kiri di atas bahan di sebelah kiri bagian yang sedang digunting, usahakan agar bahan kain yang anda potong tidak terangkat.
  • Mulailah memotong bahan yang paling dekat dengan tepi terlebih dahulu. Potong bahan kain mengikuti garis kampuh yang telah dibuat sebelumnya.
  • Potong bahan kain dari bagian pola yang besar baru pola yang kecil.
  • Supaya hasil guntingan yang didapatkan terkesan tampak rata dan halus gunakan gunting yang tajam.
  • Bahan yang sudah dipotong sesuai pola selanjutnya diberi tanda-tanda jahitan atau tanda pola untuk menjamin keakuratan tanda pola serta titik-titik penting pada pola lainnya.

Bathrobe

Sumber : https://www.freepik.com/

7. Menjahit Bathrobe

Berlanjut ke proses selanjutnya yakni proses sewing alias menjahit bahan kain. Pada tahap ini anda tinggal menjahit potongan-potongan bahan kain dengan menggunakan mesin jahit hingga membentuk bathrobe yang cantik sesuai desain yang anda buat sebelumnya.

  • Gabungkan badan bagian depan dan belakang dengan cara menjahit bagian pundak atau bagian bahu bathrobe.
  • Pasangkan bagian lengan bathrobe pada bagian kerung lengan lalu beri jarum pentul agar tidak bergeser. Setelah itu jahit bagian lengan dan badan secara bersamaan dengan menggunakan mesin jahit.
  • Jahit bagian sisi bathrobe dengan mesin jahit untuk menyambungkan bagian belakang dan bagian depan bathrobe. Supaya lebih mudah posisikan agar kedua bagian baik bahan kain agarsaling berhadapan kemudian jahit sesuai batas kampuhnya.
  • Setelah anda berhasil menyelesaikan langkah-langkah utama selanjutnya anda hanya perlu menambahkan beberapa sentuhan akhir seperti menyempurnakan bagian ujung lengan, bagian depan bathrobe serta bagian saku.

Bathrobe

Sumber : https://so-sew-easy.com/

Butuh mesin jahit dan mesin obras berkualitas dengan harga murah untuk membantu penyelesaian proyek menjahit anda?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi mesin jahit dan mesin obras dari kami Di Sini.

8. Memeriksa Jahitan Bathrobe

Sebagai penyelesaian akhir periksa jahitan bathrobe untuk memastikan bahwa bathrobe yang anda buat tidak perlu lagi mengalami perbaikan. Kualitas jahitan bathrobe yang baik umumnya ditandai dengan beberapa ciri khas sebagai berikut.

  • Jahitan bathrobe yang bagus harus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  • Obrasan pada tepi pakaian harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.

Bathrobe

Sumber : https://www.zjcsxh.com/

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan seperti apa proses pembuatan sebuah bathrobe. Selain lebih hemat dengan menjahit bathrobe sendiri andapun akan mendapatkan banyak keuntungan lho.

  1. Dengan membuat bathrobe kreasi sendiri anda bebas memilih bahan kain seperti apa yang ingin anda gunakan sebagai bahan bathrobe.
  2. Bathrobe yang anda buat akan menjadi baju yang limited edition karena anda sendiri yang mendesain dan membuatnya langsung.
  3. Membuat bathrobe sendiri akan meningkatkan kreatifitas anda dalam menciptakan desain baju-baju baru.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara membuat bathrobe yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik seputar teknik menjahit yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.