Article

Homepage Article Kain 7 Rekomendasi Bahan Terbaik…

7 Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Table Runner

Mencari alternatif bahan kain yang bagus dipakai untuk membuat table runner?. Untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam memilih bahan kain, mungkin anda bisa menggunakan satu diantara beberapa jenis bahan kain yang kami rekomendasikan berikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Table Runner

Table runner merupakan lembaran kain yang biasa diletakkan melintang ditengah meja. Tak hanya mempercantik tampilan meja, table runner inipun juga memiliki fungsi yang sangat penting untuk melindungi meja dari berbagai materi yang mungkin dapat merusak meja.

  • Table runner dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti taplak meja.
  • Table runner biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan taplak meja (terutama ukuran lebarnya).
  • Table runner bisa diaplikasikan pada berbagai jenis meja, mulai dari meja makan hingga coffee table.
  • Table runner berperan penting untuk melindungi meja dari berbagai materi yang mungkin dapat merusak meja seperti tumpahan makanan dan minuman.
  • Dengan menggunakan table runner ini kecantikan tekstur dan benda-benda lain yang ada di atas meja bisa tetap menonjol.

Table Runner

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Bahan Pembuatan Table Runner

Untuk melindungi meja dan menambah estetik tampilan suatu ruangan, table runner sendiri secara umum dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang berbeda. Beberapa jenis bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

1. Kain Linen

Kain linen termasuk ke dalam salah satu jenis bahan kain yang terbukti ideal untuk membuat table runner, baik dari segi fungsional maupun dari segi nilai estetis

  • Kain linen sendiri merupakan kain yang terbuat dari serat selulosa yang tumbuh di dalam batang tanaman flax (Linum usitatissimum).
  • Kain linen memiliki permukaan yang halus ketika diraba dengan telapak tangan.
  • Serabut benang yang terdapat pada kain linen tersusun sangat rapi.

Table Runner

Sumber : https://www.thewhitecompany.com/

Dengan menggunakan kain linen sebagai bahan utamanya, table runner yang dihasilkan pastinya akan memiliki daya tahan yang tinggi sehingga tidak mudah memuai akibat panasnya wadah makanan.

Kelebihan lain yang dimiliki table runner berbahan linen yaitu dapat menyerap tumpahan makanan dengan cepat dan lebih baik dibandingkan kain yang dibuat dari serat polyester.

Butuh bahan kain linen berkualitas dengan harga murah untuk membuat table runner?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Linen yang kami miliki.

2. Kain Kanvas

Berikutnya ada kain kanvas yang tebal dan tidak mudah kusut. Khusus untuk aplikasinya pada table runner, kain kanvas ini biasanya dapat di sertai pula dengan detail tassel di kedua ujungnya.

Table Runner

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Sebagai salah satu jenis bahan kain terbaik yang biasa digunakan untuk membuat table runner, kain kanvas sendiri ada yang dibuat dengan campuran katun dan juga poliseter.

Butuh bahan kain kanvas berkualitas dengan harga murah untuk membuat table runner?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Kanvas yang kami miliki.

3. Kain Blacu

Kain blacu yang dikenal pula sebagai kain greige termasuk ke dalam jenis bahan kain yang belum melalui proses finishing. Warna alami kain blacu biasanya berupa putih tulang atau kecoklatan karena belum mengalami pewarnaan atau pemutihan.

Table Runner

Sumber : https://shopee.co.id/

Butuh bahan kain blacu berkualitas dengan harga murah untuk membuat table runner?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan  Kain Blacu yang kami miliki.

4. Kain Katun

Kain katun merupakan. Table runner yang dibuat dari bahan katun inipun sangat cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari karena memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melindungi meja dari goresan.

  • Kain katun banyak dipilih sebagai bahan table runner karena mudah menyerap noda dan tahan lama.
  • Kain katun cocok diletakkan di mana saja, baik itu meja yang ada di dalam maupun luar ruangan.

Table Runner

Sumber : https://www.amazon.com/

Butuh bahan kain katun berkualitas dengan harga murah untuk membuat table runner?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Katun yang kami miliki.

5. Kain Hessian

Kain hessian merupakan sejenis kain yang memiliki tampilan seperti layaknya kain goni. Rajutan benang di dalamnya yang menonjol mampu memberikan efek dan tekstur yang menarik pada permukaan kain hessian.

Table Runner

Sumber : https://www.ubuy.co.id/

Dalam pembuatan tabble runner sendiri kain hessian ini dapat dikombinasikan dengan renda maupun tassel. Beberapa contoh renda yang dapat digunakan antara lain berupa:

  • Renda rajut vintage yang dibuat dengan cara dirajut.
  • Renda air yang biasa dibuat dari bahan sintetis sehingga karakteristiknya cenderung tipis dan menerawang (tembus pandang) seperti air.
  • Renda tile yang juga memiliki tekstur tipis, lembut dan menerawang dengan bahan dasar kain tile atau brokat.
  • Renda spanyol (renda dari Spanyol) yang lembut seperti renda tile, tetapi terbuat dari bahan katun polyester.

6. Kain Batik

Kain batik yang biasa digunakan sebagai bahan pakaian bisa juga dimanfaatkan untuk membuat table runner. Corak batik yang unik dan artistik dijamin dapat memberikan tampilan yang menarik dan jauh dari kesan monoton pada meja yang dihiasnya.

Table Runner

Sumber : https://shopee.co.id/

Butuh bahan kain kanvas berkualitas dengan harga murah untuk membuat table runner?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Batik yang kami miliki.

7. Kain Perca

Selanjutnya ada kain perca, potongan-potongan kain kecil-kecil yang berasal dari sisa produksi pakaian. Untuk pembuatan table runer kain ini dapat dikrasikan dalam berbagai macam pola kemudian dijahit dengan menggunakan mesin jahit ataupun tangan.

Table Runner

Sumber : https://id.pinterest.com/

Simak juga Karakteristik Kain Perca dan Pemanfaatannya Untuk Berbagai Kerajinan Tangan.

Selain dibuat dari sejumlah dari bahan kain yang sudah disebutkan di atas anda bisa juga memanfaatkan berbagai jenis bahan lain yang karakteristiknya tidak jauh beda, misalnya kain jumputan atau kain shibori. Hal terpenting yang harus diperhatikan saat menggunakan table runner yaitu:

  • Pilih table runner yang sesuai dengan bentuk dan material meja sehingga kesan yang ditampilkan lebih serasi.
  • Pilih ukuran table runner yang sesuai dengan ukuran meja. Idealnya 1/3 dari lebar meja dan 30 cm lebih panjang dari panjang meja makan agar ujungnya menjuntai dengan indah.

Untuk menata table runner berkreasilah dengan cara memiringkan posisi table runner di atas meja atau meletakkan 2 atau 3 table runner sekaligus yang disusun saling menimpa satu sama lain.

Table Runner

Sumber : https://shopee.co.id/

Alternatif lain table runner juga bisa diletakkan secara vertikal di atas meja. Untuk penggunaan secara vertikal, table runner yang digunakan bisa lebih dari satu dan ukurannya lebih kecil agar tidak terlalu panjang menjuntai.

Biar tampilannya makin menarik letakkan pula centerpiece berupa bunga, lilin, buah segar atau pajangan lainnya tepat di tengah meja yang sudah dilapisi table runner.

Table Runner

Sumber : https://www.takealot.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai rekomendasi beberapa jenis bahan kain yang dapat dipakai untuk membuat table runner. Semoga informasi yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda dalam memilih bahan table runner yang tepat untuk melindungi dan mempercantik tampilan meja.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.