Article

Homepage Article Fashion Design 6 Fungsi Kain Rib Pada Kaos…

6 Fungsi Kain Rib Pada Kaos Yang Perlu Kamu Ketahui

Merasa cukup familiar dengan bahan rajutan yang terdapat di bagian leher kaos yang kamu pakai?. Selain mempercantik tampilan kaos, bahan rajut yang juga dikenal dengan nama lain kain rib ternyata juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Rib

Kain rib merupakan sejenis bahan rajutan yang dibentuk oleh dua bagian jarum dari bak jarum (two needle bed) pada saat yang bersamaan. Berdasarkan bentuk jeratannya, kain rib yang banyak diaplikasikan pada kaos sendiri umumnya dapat dibedakan menjadi dua macam kategori.

  • Pertama yakni berupa rib 1 x 1 yang pada permukaan kainnya terdapat satu baris jeratan kanan dan satu baris jeratan kiri berselang-seling.
  • Kedua ada rib 2 x 2 yang mirip dengan rib 1 x 1, hanya saja permukaan kain yang dihasilkan memiliki dua baris jeratan kanan dan kiri.

Rib Kaos

Sumber :https://vi.aliexpress.com/

Sementara dari segi tekstur atau tampilannya, kain rib sendiri umumnya dirancang khusus dengan tekstur atau pola tertentu yakni lebih tebal atau elastis dibandingkan dengan bagian dari kaos. Semakin rapat jeratan benang yang terbentuk maka semakin elastis kain rib yang didapatkan.

  • Kain rib dapat digunakan sebagai aksesoris atau pelengkap pada bagian leher atau ujung lengan kaos (baik kaos lengan panjang atau lengan pendek).
  • Kain rib dapat dibuat menggunakan berbagai jenis bahan seperti katun, polyester, campuran katun dengan polyester, atau bahan lain yang bisa melar.

Rib Kaos

Sumber : https://www.cultizm.com/

Fungsi Kain Rib Pada Kaos

Sebagai salah satu aksesoris yang umum digunakan pada sebuah kaos, kain rib bukan hanya berfungsi sebagai unsur dekoratif, tetapi juga memiliki fungsi praktis dalam meningkatkan kenyamanan, daya tahan dan tampilan kaos. Berikut beberapa fungsi rib pada kaos yang perlu kamu ketahui.

1. Menambah Elastisitas Kaos

Rib kaos yang lebih elastis dibandingkan dengan bagian lain memungkinkan kaos untuk meregang dan kembali ke bentuk aslinya, sehingga memberikan kenyamanan dan fleksibilitas saat dipakai.

  • Ketika digunakan untuk memasukkan kepala ke dalam lubang leher, rib kaos yang elastis memungkinkan kaos untuk meregang kemudian kembali ke bentuk semula setelah dipakai.
  • Karakteristik rib kaos yang elastis juga mampu memberikan rasa nyaman pada tubuh terutama di sekitar area yang memerlukan fleksibilitas ekstra.

Rib Kaos

Sumber : https://the5th.com/

2. Menahan Poisi Kaos

Selain menambah kenyamanan kaos, elastisitas yang dimiliki bagian rib juga membantu menjaga kaos tetap pada tempatnya dan mencegahnya agar tidak terlalu longgar saat dikenakan.

  • Rib kaos bukan hanya menjadi elemen desain tetapi juga meningkatkan kenyamanan dan fungsionalitas kaos.
  • Rib kaos dapat digunakan untuk memastikan agar posisi kaos tetap pada tempat semestinya saat dikenakan.

3. Menambah Kekuatan Kaos

Kain rib juga memiliki fungsi penting untuk memberikan kekuatan tambahan pada bagian-bagian tertentu dari kaos seperti leher dan ujung lengan, biar kaos tidak kehilangan bentuknya meski sudah sering dipakai.

  • Rib kaos yang dirancang dengan baik dapat mengurangi keausan dan mempertahankan bentuk asli kaos.
  • Kaos yang memiliki rib biasanya akan tetap terlihat baik dan memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan dengan kaos tanpa rib.

Rib Kaos

Sumber : https://www.todayclothing.com/

4. Menambah Nilai Estetika

Pola atau tekstur kain rib yang unik dapat memberikan tampilan yang berbeda pada kaos, sehingga secara visual tampilannya akan terlihat lebih menarik.

  • Pada beberapa kaos, bagian rib mungkin memiliki warna yang kontras dengan warna utama kaos sehingga saat dipakai akan dapat menjadi titik fokus atau aksen desain kaos.
  • Bagian rib juga sering kali digunakan untuk menonjolkan detail tertentu pada kaos, seperti leher atau pergelangan tangan biar lebih berkesan.

Selain itu penggunaan rib pada sebuah kaos juga dapat memberikan tekstur khusus pada kaos. Sebab garis-garis vertikal atau pola bergerigi pada rib bisa menambah dimensi visual rib dan membuat kaos terlihat lebih menarik.

Rib Kaos

Sumber : https://www.farfetch.com/

5. Menahan Panas

Pada kaos lengan panjang, rib yang ditambahkan pada pergelangan tangan juga dapat difungsikan sebagai penahan panas, membantu menjaga suhu tubuh dan memberikan kenyamanan ekstra. Walau memang kontribusi rib terhadap penahan panas biasanya bersifat terbatas.

Rib Kaos

Sumber : https://fi.boohoo.com/

6. Pembeda Gaya Kaos

Kain rib juga dapat digunakan sebagai elemen desain yang menjadi ciri khas suatu merek kaos dan membedakannya dengan kaos dari merek tertentu.

  • Kain rib dapat digunakan sebagai elemen desain yang membedakan merek atau gaya kaos tertentu.
  • Beberapa merek mungkin memiliki pola rib khas mereka sendiri yang membuat produk mereka mudah dikenali.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fungsi penting dari kain rib yang penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu akan pentingnya keberadaan rib pada sebuah kaos ya.

Butuh bahan kaos berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos oblong maupun kaos polo (polo shirt)?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kaos yang kamu miliki.

Download juga pola kaos siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat kaos sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Tapi kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk memasang rib, kamu bisa menyimak kembali pembahasan mengenai tutorial Memasang Rib Pada Garis Leher T-Shirt.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.