Article

Homepage Article Fashion Design Makna Tersembunyi Dibalik…

Makna Tersembunyi Dibalik 5 Motif Bordir Jaket Sukajan

Dikenal sebagai salah satu jenis jaket yang sangat identik dengan Yakuza (sebuah organisasi kriminal atau mafia terbesar di Jepang), hiasan bordir yang ditambahkan pada jaket sukajan ternyata juga memiliki makna yang berbeda antara satu dengan yang lainnya lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Sukajan

Jaket sukajan merupakan sejenis jaket yang memiliki tampilan sangat eksklusif yakni dari segi desain dibuat menyerupai jaket varsity kemudian pada bagian belakang dan bagian depannya biasa dihias dengan bordiran khas Jepang yang merepresentasikan kebudayaan masyarakat Jepang.

  • Jaket sukajan asli biasanya memiliki desain bordiran yang terkesan vintage dan terlihat lebih simpel, karena di kerjakan secara manual dengan menggunakan tangan (handmade).
  • Jaket sukajan asli biasanya hanya menampilkan bordiran hewan-hewan atau kebudayaan yang ada di Jepang. Kebudayaan Jepang yang dimaksud meliputi semacam mite, legenda ataupun mitos tentang Jepang.
  • Istilah mite dalam bahasa Jepang memiliki arti “kisah mengenai para dewa”.
  • Mite di Jepang merupakan penggabungan dari tema-tema pribumi di Asia Timur yang dipengaruhi oleh ajaran Taoisme dan Budhisme.

Bordir Jaket Sukajan

Sumber : https://shopee.co.id/

Bordir Pada Jaket Sukajan

Untuk kamu yang ingin tahu lebih detail lagi tentang motif bordir yang banyak digunakan pada jaket sukajan lengkap dengan makna yang dimiliki oleh tiap-tiap motif bordir itu sendiri langsung simak pembahasan berikut yuk.

1. Motif Bordir Ikan Koi

Pertama ada motif bordir ikan koi yang memiliki corak serta warna yang indah. Pada jaket sukajan, motif ini umumnya juga kerap dipadukan dengan motif lainnya, seperti bunga sakura, air dan ornamen dekoratif yang lain.

  • Ikan koi dipercaya sebagai simbol keberuntungan / kemakmuran serta tekad kuat menuju kesuksesan.
  • Ikan koi juga menjadi perlambang anak laki-laki dan usaha yang pantang menyerah.

Bordir Jaket Sukajan

Sumber : https://sukajanshop.com/

2. Motif Bordir Harimau

Kedua ada motif bordir harimau atau tora yang dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian sama seperti sifat asli harimau. Selain itu motif harimau juga dipercaya mampu melindungi seseorang dari nasib buruk maupun roh jahat.

Bordir Jaket Sukajan

Sumber : https://www.etsy.com/

3. Motif Bordir Naga

Ketiga ada motif bordir naga yang mendapat banyak pengaruh oleh budaya Cina. Khusus di wilayah Asia timur, motif naga sendiri kerap digunakan untuk melambangkan karakter yang bijaksana, baik dan murah hati.

  • Naga yang dalam bahasa Jepang biasa disebut dengan ryu merupakan salah satu motif yang paling banyak ditemui pada jaket sukajan.
  • Dalam four legendary creatures atau empat makhluk mitologi, motif naga disebut sebagai perlambang kebijaksanaan dan kemurahan hati.

Bordir Jaket Sukajan

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Dari sekian banyaknya motif yang ada, di Indonesia sendiri motif naga menjadi salah satu jenis motif jaket sukajan yang paling terkenal. Karenanya tidak sedikit pula orang di Indonesia yang lebih mengenal jaket sukajan dengan sebutan jaket naga.

4. Motif Bordir Bunga Sakura

Keempat ada motif bordir yang memiliki tampilan sangat cantik dan juga menjadi ciri khas negara Jepang. Pada jaket sukajan motif sakura ini sering dijadikan sebagai pelengkap motif lain namun tidak jarang berdiri sendiri.

  • Bunga sakura yang bermekaran sebagai tanda masuknya musim semi, menjadi salah satu motif yang mewakili keindahan dan kecantikan.
  • Meski indah, bunga sakura juga kerap dijadikan sebagai lambang kehidupan yang fana dan mewakili kematian karena mekarnya hanya sekitar satu minggu.

Bordir Jaket Sukajan

Sumber : https://4idee.com/

5. Motif Bordir Peta Jepang

Kelima ada motif bordir perta jepang yang paling sering digunakan sebagai desain bordir pada jaket sukajan.. Sedikit berbeda dengan motif jaket sukajan yang lain, motif bordir yang satu ini sebenarnya tidak menekankan makna atau filosofis tertentu.

  • Motif peta jepang pada jaket sukajan biasanya lebih banyak menjelaskan tentang wilayah Jepang.
  • Pada gambar tersebut biasanya dicantumkan pula nama-nama kota besar di Jepang beserta ornamen khas Jepang lainnya seperti gunung fuji, bunga sakura, pagoda, naga dan geisha.

Bordir Jaket Sukajan

Sumber : https://hinoya.shop/

Terkait dengan aplikasinya pada jaket, bordir pada jaket sukajan sendiri awalnya memang lebih banyak dikerjakan secara manual atau disulam satu persatu dengan tangan.

  • Jaket sukajan asli biasanya memiliki desain bordiran yang penuh dan kombinasi motif yang sangat beragam.
  • Jaket sukajan fan made biasanya memiliki motif yang tidak terlalu rami (naga saja atau bunga saja).

Kalau untuk sekarang jaket sukajan kebanyakan di produksi menggunakan mesin jahit dan di desain menggunakan komputer.

Tak hanya teknik pembuatannya saja yang banyak mengalami perubahan, motif bordir yang dipakai untuk jaket sukajan kini juga banyak dimodernisasi jadi lebih bervariasi. Kelangkaan motif bordirnya juga dapat menjadi daya tarik tambahan pada sebuah produk jaket sukajan.

Beberapa contoh motif bordir lainnya yang juga bisa kamu temukan pada jaket sukajan antara lain berupa motif phoenix, motif geisha, motif gunung fuji, motif burung bangau, motif payung tradisional Jepang, monster-monster tradisional Jepang bahkan perpaduan antara beberapa motif sekaligus.

Bordir Jaket Sukajan

Sumber : https://sukajanshop.com/

Selain didominasi oleh ornamen khas Jepang, ada juga beberapa desain bordir pada jaket sukajan yang menggambarkan burung elang dan naga. Kombianasi keduanya melambangkan adanya percampuran budaya antara negara Amerika dengan negara Jepang.

Bordir Jaket Sukajan

Sumber : https://www.ebay.com.my/

Berikutnya ada bordir bergambar karakter Disney yakni Minnie Mouse dan Mickey Mouse yang dipadukan dengan ornamen-ornamen tradisional Jepang. Pada jaket ini sangat terasa percampuran budaya yang terjadi antara Amerika dengan Jepang.

Bordir Jaket Sukajan

Sumber : https://id.carousell.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah motif bordir pada jaket sukajan lengkap dengan makna yang dimiliki dari tiap motifnya. Dari penjelasan di atas bisa dilihat bukan, bahwa selain menarik dari segi tampilan bordir pada jaket sukajan ternyata juga memiliki makna yang sangat mendalam ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket sukajan?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Jaket Yang Bagus di katalog kain kami.

Simak juga 5 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Jaket Sukajan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.