Article

Homepage Article Fashion Design 7 Ciri Paling Khas Jaket…

7 Ciri Paling Khas Jaket Bulu Angsa / Down Jacket

Dikenal sebagai salah satu model jaket yang sangat populer untuk aktivitas di luar ruangan pada musim dingin atau di lingkungan dengan suhu rendah, berikut beberapa karakteristik paling khas dari jaket bulu angsa atau down jacket yang perlu kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Bulu Angsa

Jaket bulu angsa yang dikenal pula dengan down jacket merupakan tipe jaket yang cocok digunakan untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin yang ekstrim tapi disisi lain juga bisa diandalkan untuk memberikan kesan modis pada penampilan.

  • Jaket bulu angsa atau down jaket sangat baik dalam menjaga panas tubuh.
  • Jaket bulu angsa atau down jaket nyaman dipakai untuk kegiatan outdoor seperti halnya naik gunung atau pergi ke tempat bersalju.

Jaket Bulu Angsa

Sumber : https://www.underarmour.co.id/

Karakteristik Jaket Bulu Angsa

Mau tahu seperti apa karakteristik paling khas yang membedakan jaket bulu angsa dengan model jaket yang lain?. Berikut kami bagikan beberapa karakteristik paling menonjol dari jaket bulu angsa yang menjadikannya begitu istimewa. 

1. Isolasi Dengan Bulu Angsa

Ciri paling mencolok dari jaket bulu angsa yaitu terdapat pada penggunaan bulu angsa sebagai bahan isolasi jaket. Bahan inilah yang membuat jaket jadi lebih hangat dan memiliki kemampuan sangat baik untuk menjaga suhu tubuh.

  • Sesuai dengan namanya down jaket umumnya mempunyai bahan insulator dari bulu angsa dewasa.
  • Semakin banyak down atau bulu angsa yang ada pada jaket semakin hangat pula jaket yang dihasilkannya.

Jaket Bulu Angsa

Sumber : https://vi.aliexpress.com/

2. Memiliki Desain Yang Minimalis

Jaket bulu angsa atau down jacket kebanyakan memiliki desain yang sederhana dan minimalis untuk menjaga berat dan meningkatkan kepraktisan. Beberapa juga dilengkapi pula dengan hoodie untuk memberikan perlindungan ekstra pada tubuh dari udara dingin.

3. Ringan dan Mudah Dikompresi

Meskipun memberikan isolasi yang kuat, down jacket umumnya ringan dan dapat dikompres menjadi ukuran yang kecil. Hal inilah yang membuatnya sangat nyaman untuk dipakai dan mudah dibawa saat bepergian.

  • Jaket bulu angsa umumnya sangat ringan dan dapat dengan mudah dikompresi. Jaket bulu angsa sangat bagus untuk memberikan kehangatan tanpa menambah berat yang signifikan.
  • Dengan bobotnya yang ringan, jaket bulu angsa atau down jacket begitu ideal untuk dibawa bepergian dan berkegiatan diluar ruangan.

4. Punya Bentuk Yang Puffy

Jaket bulu angsa atau down jacket sering kali memiliki tampilan yang puffy. Seberapa besar jaket dapat mengembang dan menyimpan udara biasanya diukur dengan fill power.

  • Fill power menunjukkan seberapa besar bulu mampu mengembang dan menyimpan udara.
  • Semakin tinggi fill power semakin baik kemampuan isolasi jaket.
    • Fill power 550–650 cocok dipakai untuk suhu dingin sampai sedang.
    • Fill power 650–800 cocok dipakai untuk suhu yang lebih ekstrim.

Jaket Bulu Angsa

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Berdasarkan konstruksinya jaket bulu angsa atau down jaket inipun dapat dibedakan dalam dua kategori utama yakni sewn through dan box baffle.

  • Sewn Through

Sewn though merupakan jenis konstruksi jaket yang lebih simpel, tidak banyak memakan waktu dalam pembuatannya dan menggunakan lebih sedikit bahan kain dibanding model jaket yang lain.

Jaket bulu angsa yang dibuat dengan konstruksi sewn through bagian luarnya langsung dijahit dengan bagian dalam jaket sehingga membentuk garis yang berguna untuk menjaga posisi bulu angsa pada tempatnya dan tidak menggumpal antar baffle.

Bedanya dengan box baffle, kontruksi sewn though ini dapat menyebabkan adanya titik dingin atau cold spot diantara baffle pada jaket yang sedikit mengurangi tingkat kehangatan jaket.

  • Box Baffle

Konstruksi box baffle merupakan konstruksi pada jaket bulu angsa yang memiliki pemisah disetiap baffle untuk meminimalisir cold spot sehingga membuatnya lebih hangat dibanding dengan jaket yang dibuatmenggunakan konstruksi sewn through.

Jaket bulu angsa yang dibuat menggunakan konstruksi box baffle biasanya butuh lebih banyak bahan tambahan, mempunyai ukuran yang lebih tebal dan hampir selalu lebih mahal dari jaket yang dibuat dengan konstruksi sewn through.

Jaket Bulu Angsa

Sumber : https://www.atlasandboots.com/

Selain itu ada juga jaket bulu angsa yang dibuat dengan menggunakan dua jenis konstruksi sekaligus. Biasanya konstruksi box baffle dibuat pada bagian dada dan punggung jaket, sementara konstruksi sewn through dibuat pada bagian lengan.

5. Water-Resistant atau Waterproof

Jaket bulu angsa atau down jacket biasanya dilengkapi dengan lapisan luar yang anti air sehingga sangat efektif digunakan untuk melindungi tubuh dari hujan ringan atau salju.

  • Jaket bulu angsa atau down jacket umumnya banyak terbuat dari bahan-bahan yang memberikan isolasi termal yang baik.
  • Bahan terluar jaket sangat mempengaruhi performa jaket terutama pada tingkat durability atau daya tahan, berat bahan dan kehangatan.
  • Bahan luar (shell fabric) seringkali dirancang agar tahan air dan tahan angin untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap cuaca buruk.

Untuk pilihan bahannya, bagian terluar jaket seringkali dibuat dari material yang tahan air dan tahan angin seperti nilon dan poliester. Sementara bahan di bagian dalam jaket paling tidak harus bisa memberikan kenyamanan pada tubuh dan membantu menjaga bulu tetap di tempat.

Jaket Bulu Angsa

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

6. Punya Resleting Yang Berkualitas

Untuk memaksimalkan fungsinya dalam menjaga kehangatan dan mencegah angin masuk jaket bulu angsa atau down jaket biasanya juga dilengkapi dengan resleting yang berkualitas tinggi.

Jaket Bulu Angsa

Sumber : https://www.uniqlo.com/

7. Memiliki Ribbed Cuffs (Manset)

Beberapa down jacket bahkan dilengkapi pula dengan ribbed cuffs (manset) untuk membantu menjaga panas tetap di dalam dan mencegah angin masuk.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa ciri paling khas yang membedakan down jacket dengan model jaket yang lain. Jadi kalau kamu mencari jaket yang memiliki karakteristik ringan dan hangat maka menggunakan down jacket bisa menjadi pilihan yang bagus.

Khusus untuk kamu yang ingin membeli jaket bulu angsa atau down jacket pastikan pula kamu memperhatikan seberapa baik fill power yang dimiliki jaket, presentasi down dan jenis bahan untuk layernya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Jaket Yang Bagus di katalog kain kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.