Article

Homepage Article Fashion Design Ciri Khas Busana Ball Gown…

Ciri Khas Busana Ball Gown dan Bahan Untuk Membuatnya

Mau tahu karakteristik paling khas dari busana eksklusif model ball gown dan bahan kain yang dapat digunakan untuk membuatnya. Khusus untuk anda yang mau tahu lebih detailnya seperti apa langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Definisi Busana Eksklusif Ball Gown

Busana wanita eksklusif model ball gown termasuk ke dalam salah satu produk adibusana yang memiliki ciri khas mengembang pada bagian rok secara penuh, panjangnya hingga mata kaki dan biasa dibuat berdasarkan ukuran tubuh seseorang alias tidak diproduksi secara masal.

Ball Gown

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Di masa lalu busana wanita model ball gown sendiri pada awalnya hanya dipakai oleh puteri kalangan kerajaan dan bangsawan, lantaran pemakaian kain untuk memperoleh bentuk bagian bawah yang mengembang secara penuh cenderung banyak dan harganya juga relatif mahal.

Ball Gown

Sumber : https://shopee.com.my/

Karakteristik Busana Model Ball Gown

Layaknya busana eksklusif yang termasuk ke dalam kategori adibusana (busana haute couture), busana eksklusif model ball gown ini pada prinsipnya juga memiliki sejumlah karakteristik yang sangat khas. Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan busana pesta model ball gown dengan busana lain yaitu :

Busana eksklusif model ball gown umumnya menggunakan siluet O.

  • Garis pinggang gaun ball gown pas di dipinggang, turun atau lancip di depan.
  • Busana eksklusif model ball gown memiliki bagian bawah yang sangat lebar dan mengembang. Busana ini biasanya dibantu dengan pemakaian petticoat yang mengembang pula.
  • Busana eksklusif model ball gown memiliki ukuran yang cenderung panjang sekurang-kurangnya sampai menutupi bagian mata kaki bahkan sampai ke lantai.
  • Busana eksklusif model ball gown umumnya memiliki bentuk leher yang rendah dan terbuka, misal dalam model strapless, model off shoulder, square neck, heart neck dan v neck.
  • Busana eksklusif model ball gown biasanya dibuat dari kain yang berkualitas dan berkesan mewah.
  • Busana eksklusif model ball gown biasanya disertai hiasan-hiasan yang halus dan indah. Hiasan yang dapat diterapkan untuk memperindah penampilan busana pesta model ball gown yaitu:
  • Renda (lace)
  • Manik-manik (beads)
  • Mutiara (pearls)
  • Payet (paillete)
  • Bordir (embroidery)
  • Korsase dan jumbai (ruffles, ruching, frills).

Jenis Kain Yang Biasa Digunakan

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, busana eksklusif model ball gown yang umumnya didesain mengembang di bagian bawah kebanyakan sejak dulu memang lebih sering dibuat dari bahan kain yang tidak terlalu lemas tetapi sedikit agak kaku.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman gaun model ball gown kini sudah mengalami perubahan bentuk, begitu pula dengan tekstur kain yang dipergunakan. Contoh kain yang dapat dipakai untuk pembuatan ball gown yaitu berupa kain satin, kain sutra, kain taffeta, kain tile, kain brokat dan lain sebagainya.

1. Kain Satin

Kain satin termasuk ke dalam jenis kain yang ditenun menggunakan teknik serat filamen seperti sutra (silk), nilon atau polyester. Tujuan utama diterapkannya teknik tenun ini tidak lain adalah untuk mendapatkan permukaan kain yang glossy dan berkilau sehingga lebih terkesan mewah saat digunakan.

Untuk membuat busana wanita model ball gown, kain satin yang dapat digunakan variasinya pun cukup banyak. Sebut saja kain sain satin bridal, kain satin faccone alias jacquard, kain satin delustered, kain satin silky, kain satin cloth dan kain satin velvet.

Ball Gown

Sumber : https://www.alibaba.com/

Butuh bahan kain satin berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana wanita eksklusif model ball gown?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa mlihat-lihat dulu koleksi kain satin yang kami miliki.

2. Kain Sutra

Kain sutra dapat dikategorikan ke dalam jenis kain berkualitas tinggi yang diperoleh dari tenunan serat alami kepompong ulat sutra murbei. Kain ini umumnya memiliki tampilan yang mewah, berkilau dan mampu menyerap kelembapan sekitar sepertiga dari beratnya sendiri tanpa meninggalkan efek berat serta basah.

Ball Gown

Sumber : https://www.dhgate.com/

3. Kain Taffeta

Taffeta merupakan kain yang ditenun dari sutra atau serat sintesis yang halus dan serat benannya jauh lebih kaku dibandingkan organdi. Kain jenis ini sering dianggap kain mewah karena cocok digunakan untuk gaun pesta dan pernikahan.

Ball Gown

Sumber : https://www.etsy.com/

4. Kain Organdi

Kain organdi merupakan sejenis bahan kain yang memiliki karakter mengkilap (glowing) seperti bahan satin namun tampilannya cenderung transparan seperti mika. Kain organdi sendiri dapat dijumpai dalam tiga varian yang berbeda, ada yang lembut, semi-kaku dan yang kaku.

Ball Gown

Sumber : https://id.aliexpress.com/

5. Kain Tile

Kain tile yang biasa disebut juga dengan nama “tulle” termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki ciri khas seperti jaring kecil yakni permukaannya berlubang-lubang sehingga menjadikan tampilannya tampak transparan. Meski demikian tetapi kain ini tetap terbilang kuat dan tahan lama.

Ball Gown

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Simak juga pembahasan mengenai Jenis-Jenis Kain Tile dan Pemanfaatannya Dalam Industri Fashion kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang kain tile.

6. Kain Brokat

Kain brokat merupakan kain yang kaya akan dekorasi, tampilannya terkesan mewah, punya banyak pilihan motif, teksturnya sedikit kasar dan tidak mudah kusut.

Ball Gown

Sumber : https://imall.com/

Sebagai salah satu bahan ball goen yang berkualitas, kain brokat sendiri variasinya juga cukup banyak. Lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai 13 Jenis Kain Brokat Yang Biasa Dipakai Untuk Busana Wanita Lengkap Dengan Cara Menjahitnya.

Untuk memberi efek mengembang pada ball gown yang kainnya memiliki tekstur cenderung lembut, cara paling mudah yang bisa dilakukan yakni dengan menambahkan petticoat yang dibuat mengembang (bisa bertingkat maupun tidak bertingkat) tergantung pada model ball gownnya.

Ball Gown

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Simak juga pembahasan mengenai Sejarah Singkat Petticoat Dan Pemanfaatannya Dalam Dunia Fashion kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang petticoat.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah karakteristik busana wanita eksklusif model ball gown lengkap dengan jenis kain yang dapat digunakan sebagai material utamanya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.