A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: A non-numeric value encountered

Filename: controllers/Article.php

Line Number: 426

6 Fakta Unik Tentang Tas Tote Bag

Article

Homepage Article Fashion Design 6 Fakta Unik Tentang Tas…

6 Fakta Unik Tentang Tas Tote Bag

Tas tote bag kini telah menjelma menjadi salah satu aksesoris fashion yang digemari banyak orang. Sekalipun dari segi tampilan terkesan sangat simple dan tidak ada yang spesial, ternyata tas tote bag sendiri juga punya sejarah panjang dan fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Tote Bag

Tote bag dapat dikategorikan ke dalam salah satu model tas jinjing berbentuk kotak dan terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atasnya. Dalam bahasa Indonesia, istilah tote bag sendiri secara harfiah berarti membawa. Namun menurut Kamus Mode Indonesia tote bag berarti tas serbaguna.

Fakta Menarik Tote Bag

Berbicara mengenai tas tote bag lantas bagaimana sejarah terciptanya itu sendiri dan sejak kapan mulai digunakan sebagai item pelengkap fashion?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan fakta-fakta menarik mengenai tas tote bag yang mungkin belum anda ketahui.

1. Awal Kemunculan Tote Bag

Tote bag pertama kali muncul dan dikenal sebagai tas klasik asal Amerika. Sampai akhirnya pada tahun 1900-an, ditemukanlah istilah tote bag untuk menyebut tas kotak dengan tali melengkung di atasnya.

  • Khusus di  negara Amerika, penggunaan tote bag konon mulai marak sejak LL Bean's mengeluarkan Boat Bag dari bahan kanvas pada tahun 1944 yang didesain untuk pelaut.
  • Tahun 1950-an tas tote bag semakin banyak digunakan oleh para wanita sebagai tas tangan karena lebih praktis.
  • Masih di tahun yang sama yakni pada era 1950-an tote bag lebih banyak digunakan dengan alasan fungsinya dibanding faktor gaya.

2. Cikal Bakal Tote Bag Yang Modis

Tahun 1960-an menjadi era baru lahirnya tote bag dengan model yang lebih modis dan mulai dipakai untuk bergaya. Hal ini ditandai dengan diluncurkannya koleksi tas tote bag dari rumah mode Chasin milik desainer Bonnie Chasin yang diberi nama “Cashin Carry Tote Bags”.

3. Identik Dengan Tas Mahasiswa

Tote bag sempat menjadi media untuk menyampaikan aspirasi politik para mahasiswa Indonesia pada tahun 1970 hingga 1980-an. Karena itulah ditahun-tahun tersebut tote bag kerap diidentikkan sebagai tas mahasiswa.

Tas Tote Bag

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Pergeseran Fungsi Tote Bag

Sejak pertama kali diperkenalkan hingga sekarang tas tote bag memang telah digunakan orang-orang dengan berbagai tujuan. Jika di masa lalu sempat dipakai untuk menyampaikan aspirasi politik, kini tote bag justru kerap diidentikkan dengan aksi cinta bumi dan lingkungan serta keperluan promosi.

  • Tas tote bag kekinian dari bahan kain dapat dipakai untuk pengganti plastik yang sulit di daur ulang.
  • Tote bag dapat dimanfaaatkan sebagai media promosi suatu produk misal sepatu.
  • Tote bag sangat sesuai jika digunakan dalam berbagai kegiatan seperti berbelanja, kuliah atau sekedar jalan-jalan.

Tas Tote Bag

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Perkembangan Model Tote Bag

Dari yang awalnya dibuat terbuka dan dilengkapi dengan tali melengkung, desain tas tote bag lantas mulai dikembangkan dengan model yang lebih modern dan akhirnya melahirkan berbagai model tote bag kekinian yang sangat trendy.

  • Bentuk tali totebag yang khas yakni melengkung sekarang mulai dimodifikasi dalam banyak variasi yang berbeda.
  • Untuk mengamankan barang-barang yang ada di dalamnya terdapat pula tote bag kekinian yang dilengkapi dengan resleting, velcro ataupun kancing pada bukaan atasnya.

Tas Tote Bag

Sumber : https://totebagfactory.com/

Tas Tote Bag

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Selain itu terdapat pula beberapa model tas tote bag yang dilengkapi dengan sejumlah saku kecil di bagian dalam ataupun bagian luar tas.

Tas Tote Bag

Sumber : http://www.hewnqualitygoods.com/

Sebagai pelengkap gaya penampilan yang modis dan stylish, tote bag sendiri secara umum juga tersedia dalam berbagai macam desain dan ukuran. Beberapa ada yang dibuat dalam ukuran sangat kecil, ukuran sedang, lumayan besar dan sangat besar.

Tas Tote Bag

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Perubahan Bahan Tote Bag

Tas tote bag dulu banyak dibuat dari bahan yang keras, tetapi sekarang banyak juga ditemukan tas tote bag kekinian dengan bahan yang lebih bervariasi. Sebut saja bahan kain kanvas, kain blacu, kain denim, kain drill, kain goni, kain tie dye, kain spunbond, kain corduroy dan bahan kulit sintetis.

  • Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan sejenis kain yang memiliki tekstur sedikit kasar, tebal dan kaku. Kain ini bisa dipakai untuk mmebuat tas tote bag yang terlihat sangat kokoh, kuat dan terkesan cukup berkelas.

Tas Tote Bag 

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Kain Blacu

Kain blacu merupakan sejenis kain mentah (kain greige) yang belum melalui proses finishing. Warna alami kain blacu biasanya berupa putih tulang atau kecoklatan.

Tas Tote Bag

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kain Denim

Kain denim merupakan sejenis kain yang dibuat dari tenunan benang pakan warna biru dan benang lungsi warna putih. Selain kuat kain denim ini juga terlihat lebih kasual dan elegan dalam waktu yang bersamaan.

Tas Tote Bag

Sumber : https://www.lanewaypromos.com.au/

  • Kain Drill

Kain drill termasuk ke dalam jenis kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal. Selain membuat pintalan benang jadi makin kuat, pola diagonal yang ada pada kain drill juganya terlihat lebih menarik.

Tas Tote Bag

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kain Goni

Kain goni atau kain burlap merupakan salah satu bahan tas yang memiliki tekstur kasar. Biasanya kain ini memiliki warna dasar yang khas yakni coklat terang.

Tas Tote Bag

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kain Tie Dye

Kain tie dye merupakan sejenis bahan kain yang diwarnai dengan teknik ikat celup. Dengan cara ini unsur warna dan motif yang didapatkan dari proses pencelupan bisa sangat tidak terduga.

Tas Tote Bag

Sumber : https://www.zara.com/

  • Kain Spunbond

Kain spunbond merupakan salah satu jenis kain yang banyak digunakan untuk membuat tote bag promosi dan tote bag souvenir. Meski dibuat dari biji plastik, namun kain ini cukup terkenal ramah lingkungan.

Tas Tote Bag

Sumber : https://digitalprinting.co.id/

  • Kain Corduroy

Kain corduroy merupakan sejenis kain yang memiliki tekstur permukaan bergaris-garis dan tebal. Selain menarik dari segi tampilan, kain ini juga terkenal tahan lama dan cara perawatannya mudah.

Tas Tote Bag

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Kulit Sintetis

Kulit sintetis merupakan produk tekstil yang dibuat dalam berbagai corak dan motif yang sangat beragam dengan tampilan dan nuansa nyata menyerupai kulit asli.

Tas Tote Bag

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta menarik tentang tas tote bag yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa meski dari segi bentuk dan tampilan terkesan biasa ternyata banyak juga ya rahasia tersembunyi yang ada di balik tas tote bag itu sendiri.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat tote bag?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Kanvas, Kain Blacu, Kain Denim, Kain American Drill (NGR), Kain Corduray (NGR), Kain Spundbond dan Kulit Sintetis yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.