Article

Homepage Article Kain 10 Alasan Mengapa Tas Spunbond…

10 Alasan Mengapa Tas Spunbond Cocok Dipakai Untuk Tas Event

Mencari tas yang bagus untuk digunakan sebagai kemasan product, kenang-kenangan seminar sekaligus tas belanja?. Jika anda ingin mendapatkan tas yang bersifat ramah lingkungan, ringan,dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan maka anda bisa menggunakan tas spunbond yang menawarkan banyak kelebihan.

Pengertian Kain Spunbond

Tas spunbond merupakan salah satu jenis tas yang dibuat dari bahan biji plastik Polypropylene. Bahan ini di produksi melalui proses modern yang di kenal dengan “spun” dan “bonding, sehingga bahan tersebut dapat di daur ulang. Dari bahan spunbond pabrik memprosesnya lagi menjadi tas kain spunbond.

Tas Spunbond

Sumber : https://www.printerous.com/

Untuk urusan model atau variasinya, tas ramah lingkungan yang dibuat dari bahan spunbond secara umum dapat dijumpai dalam berbagai bentuk yang sangat beragam. Beberapa diantaranya yakni berupa tas spunbond kombinasi warna, tas spunbond bisban, tas spunbond variasi tali, tas spunbond lipat dan tas spunbond serut.

  • Tas spunbond kombinasi warna merupakan model tas spunbond yang paling standar dan dapat dicustom sesuai request baik warna tali, bahan samping maupun ukurannya itu sendiri.
  • Tas spunbond bisban hampir sama dengan model tas spunbond standard namun diberi tambahan bisban yang dijahitkan pada kedua sisi tas tersebut (samping kanan dan kiri tas).
  • Tas spunbond variasi tali dibuat dengan tambahan tali pada sisi depan maupun belakang dengan tujuan untuk mempermanis keseluruhan tampilan tas.
  • Tas spunbond lipat merupakan model tas spunbond yang paling populer karena sifatnya yang sangat praktis untuk dibawa kemana-mana dan dapat digunakan ulang berkali-kali (go-green).
  • Tas spunbond serut dapat digunakan untuk membungkus makanan maupun bingkisan lainnya. Ukuran dan warna model tas spunbond yang satu ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Tas Spunbond

Sumber : https://wilcospunbond.com/

Dari berbagai macam model tas yang ada kesemuanya jelas memiliki banyak sekali keunggulan yang mungkin tidak ditemukan pada jenis tas yang lain. Tas spunbond cocok juga untuk dijadikan koleksi karena bahannya lumayan awet dan dapat digunakan dalam waktu lama asal dirawat dengan cara yang baik dan benar.

Kelebihan Tas Spunbond

Tertarik untuk menjadikan tas spunbond sebagai tas andalan untuk kemasan product, kenang-kenangan seminar sekaligus tas belanja?. Berikut kami bagikan beberapa kelebihan tas spunbond yang juga menjadi alasan mengapa anda wajib memilih jenis tas yang satu ini.

1. Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Kain spunbond termasuk ke dalam jenis kain yang kuat, kaku serta berserat rapat sehingga jika dijadikan tas sangatlah cocok. Tas yang dibuat dari kain spunbond inipun umumnya juga memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari pada plastik dan bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, kain spunbond yang biasa dijadikan sebagai bahan tas sebenarnya dapat dikelompokkan kedalam berbagai jenis dan variasi yang berbeda. Mulai dari kain spunbond 50 gram, kain spunbond 75 gram, hingga kain spunbond 100 gram.

Kain spunbond 50 gram merupakan bahan yang paling tipis diantara jenis kain spunbond lainnya. Kain ini biasa digunakan sebagai kemasan pembungkus tas wanita pada saat pertama kali dibeli.

Kain Spunbond

Sumber : https://fitinline.com/

Kain spunbond 75 gram merupakan salah satu jenis kain spunbond yang sering digunakan sebagai bahan goodie bag. Kain spunbond jenis ini memiliki tekstur dan tingkat ketebalannya yang sedang sehingga sangat mudah untuk dijahit dan dikombinasikan menjadi berbagai model tas.

Kain Spunbond

Sumber : https://fitinline.com/

Kain spunbond 100 gram merupakan bahan yang paling tebal untuk jenis kain spunbond. Tekstur dan struktur bahannya yang tebal memungkinkan kain spunbond 100 gram untuk membawa barang-barang yang cenderung agak berat.

Tas Spunbond

Sumber : https://fitinline.com/

2. Bersifat Multifungsi

Sebagai salah satu jenis tas yang bersifat multifungsi, tas spunbond umumnya dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Tidak hanya terbatas untuk tas belanja tapi tas spunbond sendiri sebenarnya juga bisa digunakan untuk kenang-kenangan hingga media promosi product.

  • Tas spunbond termasuk kedalam salah satu jenis tas yang sangat sesuai jika digunakan untuk tempat gift atau kenang-kenangan dalam sebuah acara spesial.
  • Tas spunbond dapat dipakai sebagai sarana promosi dalam kegiatan pemasaran atau branding sebuah perusahaan.
  • Khusus di negara Eropa goodie bag yang dibuat dari kain spunbond sendiri biasanya diisi dengan permen dan mainan untuk anak-anak.
  • Untuk mengurangi penggunaan kantung plastik tas spunbond juga dapat dijadikan sebagai tas belanja.

Tas Spunbond

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

3. Lebih Ramah Lingkungan

Tas spundbond cenderung aman dipakai dan ramah lingkungan karena bahan yang dipakai untuk membuatnya tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Dengan menggunakan tas spunbond berarti anda juga sudah turut berpartisipasi untuk menjaga lingkungan dan ekosistem agar tetap lestari.

  • Tas spunbond umumnya dibuat dari bahan pilihan sehingga dapat dicuci dan digunakan hingga berkali-kali sampai tasnya rusak.
  • Tas spunbond umumnya memiliki sifat yang lebih ramah terhadap lingkungan karena bisa dicuci dan dipakai berulang kali.
  • Dengan memanfaatkan tas spunbond sebagai kantung belanja maka anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar kantong plastik.

Tas Spunbond

Sumber : https://nusantaramandiri.com/

4. Mudah Didaur Ulang

Sebagai salah satu bahan kain tas yang berkualitas, kain spunbond dikenal sangat mudah menyerap air dan tidak mencemari lingkungan seperti halnya plastik. Dengan begitu tas spunbond yang dihasilkan juga lebih mudah untuk di daur ulang secara alami oleh alam dan tidak menimbulkan polusi.

  • Bahan tas spunbond umumnya dibuat dengan menggunakan bahan polypropylene atau “kain non woven” sehingga dinilai lebih mudah untuk diaur ulang.
  • Bahan dari tas spunbond bisa diuraikan dengan mudah oleh bakteri yang berada di lingkungan sehingga dinilai lebih aman dari pada plastik.

Tas Spunbond

Sumber : https://wilcospunbond.com/

5. Proses Produksinya Cepat

Kelebihan yang menonjol lainnya dari kain non woven terletak dalam hal kecepatan produksinya. Karena proses produksi yang diperlukan untuk membuat bahan spunbond relatif cukup cepat maka ketersediaan produk spunbond dipasaran bisa terjamin.

6. Harganya Cukup Terjangkau

Dari segi harga tas spunbond biasanya dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal dan relatif terjangkau. Dari segala keunggulan yang dimilikinya, alasan inilah yang membuat banyak orang tertarik membeli tas berbahan kain spunbond.

  • Kain spunbond bisa diproduksi dengan cara yang cepat dan biaya produksinya juga tidak terlalu besar. Hal ini tentunya berimbas pada harga jual tas spunbond yang dihasilkan.
  • Tas spunbond umumnya memiliki harga yang cenderung lebih murah jadi dengan memakai tas tersebut anda bisa lebih berhemat.
  • Sekalipun tas spunbond memang dijual dengan harga yang cukup terjangkau namun bukan berarti kualitasnya lebih buruk dibanding tas lainnya.

7. Banyak Pilihan Warnanya

Tas spunbond biasanya dapat dijumpai dalam banyak pilihan warna dan dipilih sesuai kebutuhan pemakainya karena warna kain spunbond sendiri juga cukup beragam. Tidak hanya terbatas pada warna-warna netral seperti hitam atau putih, tapi warna kain spunbond ada juga yang dibuat lebih cerah.

  • Tas spunbond tersedia dalam berbagai macam variasi warna yang sangat beragam sehingga sangat sesuai jika digunakan sebagai tas promosi maupun tas souvenir.
  • Semakin banyak pilihan warna kain spunbond yang ditawarkan akan membuat wanita lebih tertarik untuk mengenakannya.

Tas Spunbond

Sumber : https://shopee.co.id/

8. Mudah Untuk Disablon

Bahan spunbond bisa dicetak dengan menggunakan teknik sablon manual maupun teknik cetak sublimasi untuk meningkatkan nilai guna tas spunbond. Dengan begitu tas spunbond yang disablon dapat pula dimanfaatkan menjadi media promosi gratis.

  • Sablon Manual

Sebagai salah satu teknik sablon yang cukup populer, sablon manual dapat dikategorikan ke dalam teknik sablon tertua yang biasa dibuat dengan menggunakan peralatan seperti screen, rakel dan alat sablon lainnya.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan sablon manual diantaranya:

  • Hasil sablon manual lebih sempurna dan kualitas warnanya juga bagus.
  • Warna sablon manual biasanya lebih jelas dan juga tebal sehingga tidak mudah pudar.
  • Sablon manual mampu menghasilkan desain sablon kaos yang lebih beragam mulai dari standart, desain sablon timbul, desain sablon busa, glow in the dark dan sebagainya.
  • Sablon manual sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan kaos dalam jumlah yang banyak.
  • Harga sablon manual masih tergolong murah jika anda memesannya dalam partai yang besar.
  • Sumblim

Sublim termasuk ke dalam teknik printing digital yang dibuat dengan teknologi modern. Proses printing sublim sendiri tidak perlu lagi menggunakan screen seperti yang biasa dilakukan untuk membuat sablon manual.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan printing sublim diantaranya:

  • Tidak ada batasan warna atau desain dalam sablon sublimasi.
  • Hasil cetak sablon sangat detail, cerah, kontras, halus dan tidak retak. Warna yang ditampilkan pun sangat tajam dimana seluruh detail dan gradasi dari desain dapat dipindahkan secara sempurna ke atas kain.
  • Pengerjaan sablon dengan teknik printing sublim relatif cepat dan menghemat waktu. Sangat sesuai jika diaplikasikan untuk membuat kaos dalam jumlah besar.
  • Sablon yang dibuat dengan teknik sublim umumnya bersifat lebih permanen dan tidak mudah luntur karena tinta sablonnya menyerap ke dalam serat kain.
  • Daya tahan hasil sablon sama dengan daya tahan material kain itu sendiri.
  • Sablon sublimasi dapat digunakan untuk menghasilkan kaos fullprint atau all-over printing karena bidang cetaknya yang besar.  

Bila anda ingin membuat tas spunbond untuk keperluan promosi perusahaan sebaiknya gunakan desain yang simpel dan profesional, sedangkan untuk pemakaian sehari-hari gunakan desain yang sesuai selera anda. Pemilihan teknik sablonnya bebas tinggal disesuaikan dengan jenis kain spunbnd yang anda pakai.

9. Ringan dan Mudah Dilipat

Tas spunbond termasuk ke dalam jenis tas super praktis yang dapat dibawa untuk bepergian karena karakteristik bahannya sangat ringan, mudah dilipat dan tidak banyak memakan tempat.

  • Tas spunbond memiliki tingkat fleksibilitas yang cukup tinggi dan sangat mudah dibawa kemana-mana karena sebagian besar didesain agar mudah dilipat.
  • Tas spunbond tidak banyak memakan tempat sehingga cukup ringkas untuk diletakkan dimana saja termasuk saku pakaian.
  • Walaupun dilipat tas spunbond tidak akan mudah kusut jadi anda tidak perlu repot-repot menyetrikanya.

Tas Spunbond

Sumber : https://www.raysonchina.com/

10. Perawatannya Sangat Mudah

Tas spunbond umumnya memiliki bentuk yang sangat sederhana jadi cara perawatannya pun  juga sangatlah mudah. Kalau tas lain mungkin butuh perawatan khusus agar tak merusak bahannya maka tas yang dibuat dari bahan kain spunbond justru bisa dicuci layaknya pakaian biasa.

Karakteristik polypropylene atau biji plastik yang digunakan sebagai bahan dasar dari kain spunbond juga membuat permukaannya sangat halus seperti terdapat lapisan plastiknya jadi sangat mudah untuk dibersihkan dan dikeringkan tanpa perlu perawatan khusus.

Tapi meskipun tas spunbond tidak membutuhkan perawatan khusus, tidak ada salahnya jika anda tetap memperlakukan tas spunbond dengan cara yang baik dan benar supaya dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

  • Selalu gunakan tas spunbond sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas masing-masing tas supaya tidak cepat rusak.
  • Selalu gunakan teknik hand washing untuk mencuci tas spunbond. Jika terpaksa menggunakan sikat sebaiknya pilih sikat yang berbulu halus untuk membersihkan bagian tas yang kotor.
  • Saat proses pencucian pastikan tas spunbond tersebut dicuci dengan air bersih dan dibilas hingga tidak ada lagi kandungan sabun cuci yang tertinggal.
  • Untuk menjaga warna tas agar tidak cepat pudar sebaiknya keringkan tas spunbond di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari.
  • Setelah kering selanjutnya simpan tas spunbond di tempat yang kering, tertutup rapat, bersih dan terbebas dari debu agar tidak cepat berjamur.
  • Untuk merapikan tas kain spunbond yang terkesan sangat kusut anda bisa menyemprotkan sedikit air pada bagian permukaannya. Letakan sehelai alas kain di atasnya baru disetrika.

Dengan karakteristik bahannya yang kuat, bisa didaur ulang, mudah dibersihkan dan lebih ramah lingkungan tas kain spunbond bisa dibilang memiliki manfaat yang tak terbatas. Tidak hanya semata-mata untuk tas belanja saja tapi kini tas spunbond juga mulai banyak dijadikan koleksi pribadi.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, bahwa selain bersifat kuat dan ramah lingkungan tas spunbond sendiri umumnya juga memiliki banyak keunggulan. Dengan berbagai macam keunggulan yang dimilikinya maka bukan menjadi suatu hal yang aneh jika tas spunbond menjadi salah satu tas yang bagus dipakai untuk tas event.

Sekalipun bahan dasar pembuatan kain spunbond berasal dari biji plastik, namun berdasarkan uji coba laboraturium proses penguraiannya justru sangatlah mudah diterima oleh tanah. Maka dari itu dengan jangka waktu pemakaian yang cukup lama tas spunbond sangatlah aman.

  • Kain spunbond dinilai aman karena dalam proses produksinya menggunakan bahan-bahan yang memang sudah ramah terhadap lingkungan.
  • Hadirnya kain spunbond sebagai bahan dasar pembuatan tas diharapkan bisa menggantikan bahan plastik yang menjadi sumber masalah selama ini.
  • Selain berkontribusi terhadap gerakan peduli lingkungan, dengan memakai tas spunbond anda juga bisa lebih menghemat uang jajan.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain spunbond atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.