Article

Homepage Article Kain 7 Jenis Bahan Kain Yang…

7 Jenis Bahan Kain Yang Cocok Digunakan Dalam Pembuatan Dust Bag

Tahu ga sih kalau dust bag yang biasa disertakan saat pembelian produk ternyata memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga barang-barang di dalamnya agar lebih terawat dan terjaga. Karenanya tidak mengherankan bila sekarang ini ada banyak merk atau penjual yang memberikan dust bag sebagai tempat penyimpanan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Dust Bag

Dust bag adalah sebuah kantong atau tas kecil yang dirancang khusus untuk menyimpan dan melindungi berbagai jenis barang, seperti halnya sepatu, tas, helm dan berbagai jenis barang lainnya agar tidak terkena debu atau kotoran yang akan merusak barang.

Beberapa manfaat dust bag yang penting untuk kamu ketahui diantaranya:

  • Membantu mencegah debu dan kotoran menempel pada barang-barang yang disimpan di dalamnya.
  • Melindungi barang dari goresan atau gesekan yang dapat terjadi ketika mereka disimpan bersama dengan barang-barang lain.
  • Memperpanjang umur dan menjaga keadaan barang-barang di dalamnya agar tetap baik.
  • Membantu menjaga barang-barang tetap terorganisir dan mudah diakses. Membantu menjaga bentuk dan tampilan barang-barang dengan baik serta mencegah pembentukan lipatan yang tidak diinginkan.

Dust Bag

Sumber : https://www.organiccottonmart.com/

Adapun jika di lihat dari segi desain, sebagian besar dust bag biasanya dibuat dalam model simple dan dilengkapi dengan menggunakan tali penyerut yang dapat diikat dengan baik agar barang tidak mudah kemasukan debu dan kotoran.

Dust Bag

Sumber : https://www.organiccottonmart.com/

Untuk keperluan promosi, dust bag ini dapat juga dilengkapi dengan logo atau desain sebuah brand. Namun kalau kamu menginginkan dust bag dengan gaya yang berbeda kamu juga dapat membuatnya sesuai dengan keinginan dan selera kamu.

Bahan Pembuatan Dust Bag

Mengingat banyaknya manfaat yang dimiliki dust bag, maka kalau kamu ingin menggunakan kantung tersebut sebagai wadah untuk menyimpan barang-barang, pastikan bahwa dust bag yang kamu pilih memiliki kualitas bahan yang baik agar barang-barang di dalamnya tidak mudah rusak.

Untuk pilihan bahannya, dust bagi sendiri biasanya banyak dibuat dari bahan kain yang lembut dan tidak berbulu. Beberapa contoh bahan yang dimaksud antara lain berupa:

1. Kain Spunbond

Kain spunbond merupakan sejenis kain non woven berbahan polypropylene atau biji plastik yang memiliki terkstur halus dan berserat rapat. Meskipun terbuat dari biji plastik, kain spunbond tetap termasuk bahan yang ramah lingkungan alias tidak berbahaya bagi lingkungan.

  • Kain spunbond termasuk ke dalam jenis kain yang ringan akan tetapi memiliki daya tahan yang kuat.
  • Kain spunbond relatif lebih murah dan bisa dibeli di toko kain terdekat.
  • Kain spunbond cenderung tidak mudah kusut dan jika dilipat tidak terlalu meninggalkan bekas.

Dust Bag

Sumber : https://www.lazada.com.ph/

2. Kain Baby Kanvas

Kain baby kanvas merupakan sejenis bahan kain yang memiliki pori-pori lebih kecil di bandingkan dengan kain kanvas lainnya sehingga permukaan kainnya terlihat lebih indah untuk dipandang, lebih halus, lebih lembut, tidak kaku dan daya tahannya cukup tinggi.

Dust Bag

Sumber : https://www.alibaba.com/

3. Kain Katun

Kain katun merupakan sejenis bahan kain yang umum digunakan untuk dust bag karena tahan lama, ringan dan memiliki tekstur yang lembut. Bahan katun juga memiliki sifat yang memungkinkannya untuk “bernapas” dan mencegah barang-barang menjadi lembab.

Dust Bag

Sumber : https://www.amazon.com.au/

4. Kain Satin

Kain satin merupakan sejenis bahan kain yang ditenun menggunakan teknik anyaman satin sehingga pada salah satu permukaannya terlihat mengkilap.

  • Kain satin iasanya digunakan untuk dust bag yang digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga seperti sepatu atau aksesoris.
  • Selain memberikan perlindungan yang maksimal pada barang-barang di dalamnya, kain satin ini juga memberikan tampilan yang mewah.

Dust Bag

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

5. Kain Organza

Kain organza merupakan sejenis bahan kain yang tipis, ringan, cenderung mengkilap dan semitransparan sehingga memberi kesan mewah. Dengan karakteristik bahannya yang transparan, bahan organza ini memungkinkan kamu untuk melihat barang-barang yang disimpan di dalamnya.

Dust Bag

Sumber : https://www.amazon.de/

6. Kain Linen

Kain linen merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari serat alami, yakni serat tanaman flax (Linum usitatissimum). Selain memiliki kepadatan yang baik sehingga mampu melindungi barang-barang dari debu dan kotoran, kain linen juga dapat menyerap kelembaban dengan baik.

Dust Bag

Sumber : https://thehessianshack.co.uk/

7. Kain Blacu

Kain blacu merupakan sejenis bahan kain mentah (kain greige) yang belum melalui proses finishing. Selain menahan debu yang halus dan partikel lainnya yang kecil, dust bag dari bahan blacu juga dapat memberikan sentuhan rustik pada rak penyimpanan kamu.

Dust Bag

Sumber : https://www.ebay.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai pentingnya keberadaan dust bag dan rekomendasi bahan yang dapat digunakan untuk membuatnya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu untuk menemukan bahan dust bag yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Selain memilih bahan yang berkualitas, perhatikan pula kesesuaian ukuran dust bag dengan barang yang hendak kamu simpan, agar barang yang kamu miliki lebih mudah untuk dimasukkan dan dikeluarkan dari dalam dust bag.

  • Dari segi ukuran akan sangat lebih baik jika ukuran yang digunakan lebih besar dari pada barang yang akan di masukkan.
  • Untuk menampung barang dengan cukup longgar dapat mencegah terjadinya kerusakan pada barang tersebut.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membat dust bag?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa memilih bahan kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.