Article

Homepage Article Fashion Design Plus Minus Penggunaan Tali…

Plus Minus Penggunaan Tali Masker Yang Perlu Anda Ketahui

Biasa menggantungkan masker dengan tali strap saat anda hendak makan ataupun minum?. Sekalipun dari segi desain memang terbilang praktis, namun perlu anda ketahui juga bahwa menurut satgas penanganan Covid-19 penggunaan tali masker itu sendiri ternyata beresiko untuk memperbesar potensi penularan virus Covid-19.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Tali Masker

Tali masker atau strap masker menjadi salah satu aksesoris masker yang cukup populer dan banyak digunakan oleh sebagian orang di Indonesia. Fungsi utama dari tali masker ini tidak lain adalah untuk mengalungkan masker wajah agar tidak diletakkan sembarangan ketika seseorang melakukan aktivitas makan atau minum.

  • Tali masker dapat dikenakan dengan dikaitkan pada kedua sisi masker yang akan digunakan.
  • Tali masker kemudian dikalungkan ke leher sehingga memudahkan penggunanya untuk memakai atau melepas masker.

Tali Masker

Sumber : https://www.blibli.com/

Sisi Positif Tali Masker

Dilihat dari sisi positifnya tali masker sendiri dapat difungsikan untuk meningkatkan kenyamanan seseorang saat mengenakan masker, dengan catatan tali masker tersebut harus disterilkan. Selain itu tali masker juga dapat dipakai untuk membantu seseorang dalam mengencangkan masker agar pas di wajah.

Tali Masker

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita tali masker sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam model dan variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya ada yang dibuat dari mutiara, bahan rajutan, bahan rantai dan berbagai macam bahan lain yang tidak kalah unik dan menarik.

  • Tali masker mutiara merupakan aksesoris masker yang terbuat dari mutiara imitasi dan sejumlah manik-manik lucu yang colorfull.
  • Tali masker rajut merupakan aksesoris masker dari bahan rajut yang bisa dipakai sebagai penyambung masker earloop.
  • Tali masker rantai merupakan aksesoris masker yang terbuat dari bahan rantai dengan versi yang lebih fashionable untuk dipasang di masker.

Sisi Negatif Tali Masker

Meskipun dari segi tampilan memang terlihat modis dan dapat dipakai untuk mempermudah seseorang saat mengamankan masker, penggunaan tali masker juga tidak sepenuhnya bermanfaat bagi kesehatan lho. Sebab menurut satgas penanganan Covid-19 penggunaan tali strap tetap memiliki sisi negatif karena berpotensi menularkan virus.

  • Masker wajah yang dibiarkan menggantung bebas tanpa pelindung berpotensi besar untuk terpapar virus. Jadi ketika masker dipakai kembali, virus yang menempel dapat terhidup ke dalam hidung maupun mulut.
  • Sebaliknya masker wajah yang sudah terkontaminasi droplet saat berbicara atau batuk beresiko juga bisa untuk menularkan virus pada orang-orang di sekitar apabila dibiarkan menggantung tanpa pelindung.

Dengan menggantung masker di bagian leher kemungkinan masker untuk menjadi tempat menempelnya virus juga semakin besar. Dari sinilah secara tidak sadar potensi penularan virus juga makin besar. Belum lagi jika tangan anda menyentuh bagian luar kemudian menyentuh lagi bagian dalam masker.

Cara Aman Menyimpan Masker

Dari pada menggantung masker wajah dan memakainya kembali setelah makan atau minum, lebih baik simpan masker sementara dalam kantong yang terbuat bahan kertas. Hindari pula kebiasaan menyimpan atau meletakkan masker yang tidak digunakan di sembarang tempat supaya tetap bersih dan tidak terkontaminasi virus.

Khusus untuk anda yang berkepentingan melepas masker untuk sementara waktu dan ingin menggunakan kembali masker tersebut tanpa mencucinya terlebih dahulu maka anda bisa mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum anda melepas masker. Jika tidak ada air gunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol minimal 70%.
  • Saat melepas masker usahakan untuk tidak menyentuh bagian depan masker, karena bagian ini biasanya penuh dengan kuman yang menempel.
  • Kalau mau aman sebaiknya cukup sentuh bagian tali atau karet pengait masker saja .
  • Untuk melepas masker karet, pegang kedua karet yang menempel di kedua telinga kemudian lepaskan masker dari telinga.
  • Untuk melepas masker tali, buka tali bagian bawah lalu lepaskan tali bagian atas.

Setelah masker selesai di lepas anda dapat menyimpan masker tersebut di dalam wadah khusus, seperti eco bag atau paper bag. Selain melindungi masker agar tetap bersih, paper bag juga bisa difungsikan sekaligus untuk mengurangi kadar air yang menumpuk di dalam masker lho.

  • Eco bag atau paper bag merupakan sejenis tas yang dibuat dari bahan kertas.
  • Kertas yang digunakan untuk membuat paper bag umumnya adalah kertas yang ramah lingkungan.
  • Kertas untuk eco bag dan paper bag dapat didaur ulang secara biologis atau alami.

Tapi jika anda kesulitan untuk mencari eco bag atau paper bag, anda dapat menyimpan masker dalam sebuah wadah berbahan plastik atau wadah apa pun yang bisa menjaga kebersihan masker. Jangan lupa juga untuk menutup wadah tersebut secara rapat agar tidak terkontaminasi debu, virus dan bakteri.

Untuk anda yang ingin kembali memakai masker setelah melepasnya, jangan lupa cuci tangan dengan hand sanitizer atau air sabun berbahan dasar alkohol. Keluarkan masker dari dalam wadah kemudian pasangkan ke wajah anda.

  • Untuk masker tali, sesuaikan posisinya dengan jari dan ikat kedua sisi tali pada bagian atas kepala.
  • Untuk masker earloop yang memakai elastis, sahabat Fitinline hanya perlu mengaitkan karet elastisnya di belakang telinga.

Kesimpulan

Sampai di sini dulu pembahasan singkat mengenai bahaya dibalik penggunaan tali strap pada masker yang penting untuk anda waspadai. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi tahukan alasannya mengapa penggunaan tali masker dinilai berbahaya dan berpotensi menularkan virus Covid-19.

Untuk mencegah penyebaran virus jangan lupa cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, sebelum anda melepas masker dan menggunakan masker. Selain itu pastikan anda juga rutin untuk mengganti masker yang basah akibat keringat, uap pernafasan dan droplet yang keluar dari hidung serta mulut.

Tertarik untuk membuat masker wajah sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menentukan ukuran masker dan menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola masker dari kami.

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang jenis-jenis kain yang bagus untuk membuat masker, jangan lewatkan juga pembahasan mengenai Rekomendasi Bahan Masker Penutup Wajah Terbaik Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.