Article

Evening Gloves

Evening Gloves atau opera gloves merupakan sejenis aksesoris pakaian yang dikenakan untuk menutupi bagian tangan, sebagian ataupun secara keseluruhan. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi tangan pemakainya dari pengaruh lingkungan sekitarnya. Bagi kaum wanita dinegara-negara barat, penggunaan evening gloves ini sudah populer sejak abad ke-17 sebagai pelengkap busana yang dikenakan pada pesta pernikahan maupun acara formal lainnya. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya sebuah ukiran Inggris yang diperkirakan berasal dari tahun 1690-an yang meggambarkan Quen Marry dalam balutan sarung tangan panjang sebatas siku.

Evening Gloves

Sumber : http://www.asapbay.com/

Kehadiran sarung tangan dengan panjang diatas siku selama periode Napoleon rupanya cukup mencuri perhatian banyak pihak dan berhasil mencapai puncak popularitas sepanjang tahun 1800 hingga 1825. Namun sayangnya pada tahun 1830 hingga 1870 tepatnya pada periode awal dan pertengahan Victoria popularitas evening gloves kian mengalami penurunan. 

Evening Gloves

Sumber : http://www.asapbay.com/

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Selanjutnya selama beberapa dekade sebelum dimulainya perang dunia pertama, evening gloves kembali menjadi item mode yang cukup populer dan menjadi aksesoris wajib bagi pria maupun wanita dari kelas atas.

Evening Gloves

Sumber : http://www.alizeebridal.com/

Menurut beberapa sejarawan fashion, penggunaan evening gloves pada akhir abad ke-19 pertamakali dipopulerkan oleh seorang aktris sekaligus penyanyi bernama Lillian Russerl yang berasal dari Amerika Serikat dan aktris Perancis bernama Sarah Bernhardt yang gemar mengenakan sarung tangan panjang untuk menyamarkan dan menyempurnakan bentuk lengan yang terlalu kurus.

Evening Gloves

Sumber : http://www.asapbay.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Selama periode 1940-an hingga awal 1960-an evening gloves menjadi sebuah aksesoris penting yang wajib dikenakan oleh wanita untuk memberikan sentuhan elegan pada pakaian formal mereka. Dari dunia hiburan, aktris berkebangsaan Amerika Serikat seperti Rita Hayworth dan penyanyi sekaligus model terkenal Marilyn Monroe juga tampak mengenakan evening gloves dalam film berjudul Gentlemen Prefer Blondes yang dibintanginya pada tahun 1953. 

Evening Gloves

Sumber : http://www.lightinthebox.com/

Selain bertujuan untuk mempercantik penampilan, para wanita di negara Jepang juga mengenakan evening gloves selama musim panas untuk melindungi kulit mereka yang menjadi simbol keindahan, keanggunan, serta status sosial seseorang dalam kehidupan masyarakat setempat.

Evening Gloves

Sumber : http://www.thisnext.com/

Semoga bermanfaat.

Tags : designer indonesia, desain fesyen

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.