Article

Homepage Article Fashion Design Tampil Lebih Gaya Dengan…

Tampil Lebih Gaya Dengan Tas Manik-Manik Era 90-an

Dikenal sebagai salah satu jenis tas yang memiliki tampilan tak biasa, beaded bag atau tas manik-manik yang sempat booming pada era 90-an kini kembali menjadi tren. Dengan sentuhan desain yang lebih modern tas ini tidak hanya cocok dipakai untuk kesempatan formal tapi bisa juga dipakai untuk acara lain yang lebih formal.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Tas Manik-Manik

Beaded bag alias tas manik-manik dapat dikategorikan ke dalam salah satu produk kerajinan tangan yang  dibuat dari bahan khusus yakni berupa manik-manik. Untuk menyatukan atau merangkai manik-manik hingga menjadi sebuah tas yang cantik bahan yang dipakai biasanya terdiri dari benang, tali senar ataupun bahan lain.

Tas Manik-Manik

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa keistimewaan dari tas manik-manik yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Tas manik-manik termasuk ke dalam salah satu jenis tas yang memiliki tampilan cukup eksklusif dibanding tas lainnya.
  • Tas manik-manik memiliki nilai seni yang cukup tinggi karena produksinya membutuhkan waktu yang tidak singkat.
  • Tas manik-manik dapat dijumpai dalam berbagai macam motif yang sangat cantik dan mungkin tidak dimiliki tas lainnya.

Tas Manik-Manik

Sumber : https://es.aliexpress.com/

Manik-Manik Untuk Tas

Manik-manik sendiri termasuk ke dalam sejenis benda yang ukurannya relatif sangat kecil dan biasa dibuat berlubang di tengahnya sebagai tempat untuk memasukkan benang atau tali. Keindahan dari sebuah manik-manik ini sangat dipengaruhi oleh bahan, bentuk, warna manik-manik serta keterampilan dan teknik pembuatannya.

Berdasarkan bahan pembuatannya manik-manik dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yakni manik-manik yang menggunakan bahan-bahan alamiah seperti batu, kayu, mutiara dan biji-bijian, serta manik-manik yang menggunakan bahan olahan seperti kaca, logam dan plastik.

Bahan manik yang dapat dilebur seperti halnya kaca, logam dan plastik bentuknya dapat dicetak sesuai minat pembuatnya. Dalam proses pencetakan bentuk manik juga disiapkan lubang untuk tali.

Namun jika bahannya keras seperti batu dan kayu, maka bentuknya dibuat dengan cara meraut, menggosok atau menggerinda, sementara lubangnya dibuat dengan cara dibor. Karena dibuat dengan cara ini maka bentuk manik-manik kadang jadi tidak simetris dan lubangnya tidak lurus atau sama besarnya.

Dari segi bentuk ada manik-manik yang dibuat bulat, oval dan persegi. Warna manik-manik inipun juga bermacam-macam, biasanya berkaitan dengan gelap terangnya bahan yang dipakai untuk membuat manik-manik itu sendiri.

Khusus untuk manik-manik mutiara, batu permata ini umumnya mendapatkan warna khas dari unsur-unsur di dalam kerang. Mutiara menjadi satu-satunya permata “organik” yang dihasilkan oleh makhluk hidup yaitu kerang mutiara yang berhabitat di perairan laut.

Model Tas Manik-Manik

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita yang modis dan stylish, tas manik-manik sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi desain dan ukuran yang beragam. Selain menarik dari segi tampilan, tas-tas yang dihasilkan pastinya juga memiliki nilai seni dan nilai ekonomi yang tinggi lho.

Beberapa contoh model tas manik-manik yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya: 

1. Clutch Bag

Tas manik-manik model clutch merupakan sejenis tas tangan berbentuk persegi yang biasanya dilengkapi dengan penutup di bagian bukaan atasnya serta tali sebagai pegangannya.

  • Clutch bag dapat diandalkan sebagai pelengkap gaya penampilan saat pesta maupun ke mall.
  • Clutch bag memiliki desain yang simple namun terlihat modern saat digunakan.
  • Clutch bag tidak terlalu menjadi beban saat dibawa.

Tas Manik-Manik

Sumber : https://www.omo-7.top/

2. Sling Bag

Tas manik-manik model sling bag yang juga dikenal dengan nama cross body bag termasuk ke dalam jenis tas yang dapat dipakai dengan cara pegangannya disampirkan pada satu bahu sementara bagian kantungnya diletakkan di sisi tubuh yang berbeda.

Tas sling bag dari bahan manik-manik sendiri dapat dijumpai dalam berbagai macam ukuran ada yang kecil namun ada yang besar.

a. Tas Sling Bag Kecil

Tas sling bag yang dibuat dalam ukuran kecil kebanyakan lebih sering digunakan untuk sekedar aksesoris fashion dibanding membawa barang-barang penting.

Tas Manik-Manik

Sumber : https://shopee.co.id/

b. Tas Sling Bag Besar

Tas sling bag berukuran besar bisa dipakai untuk membawa sejumlah barang kecil seperti smartphone dan juga dompet karena di dalamnya memiliki ruang yang lebih luas.

Tas Manik-Manik

Sumber : https://www.instagram.com/biancakartika/

3. Shoulder Bag

Tas manik-manik model shoulder bag merupakan sejenis tas yang memiliki tali cukup panjang sehingga dapat digunakan dengan cara disampirkan di bahu.

  • Tas manik-manik model shoulder bag sangat cocok digunakan untuk keperluan pesta yang sifatnya lebih formal atau sekedar hangout.
  • Tampilannya yang terkesan minimalis namun masih bisa di sampirkan ke bahu menjadi keunggulan tersendiri dari shoulder bag.

Tas Manik-Manik

Sumber : https://www.garmentory.com/

4. Tote Bag

Tas manik-manik model tote bag termasuk ke dalam salah satu model tas jinjing berbentuk kotak terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atasnya.

Tas manik-manik model tote bag sangat cocok dipakai untuk hangout dan juga liburan.
Tas manik-manik model tote bag bisa dengan mudah dipadupadankan dengan berbagai busana.
Untuk masalah ukurannya tote bag ini beberapa ada yang dibuat dalam ukuran mini namun ada juga yang besar.

Tas Manik-Manik

Sumber : https://shopee.co.id/

Tas Manik-Manik

Sumber : https://www.bonton-studio.com/

Untuk memberikan kesan lebih rapi dan menarik terdapat pula beberapa model tas manik-manik yang diberi tambahan furing di dalamnya. Beberapa jenis kain furing yang dapat dijadikan dalaman tas diantaranya:

  • Kain Parasut

Kain parasut cocok dijadikan sebagai furing tas karena memiliki tampilan yang senantiasa terlihat rapi dan tidak mudah kusut. Khusus untuk pembuatan tas, kain furing yang digunakan bisa berupa kain parasut tafeta 190T dan kain parasut super.

  • Kain Dormeuil

Kain dormeuil termasuk kedalam jenis kain furing atau kain pelapis berbahan polyester yang memiliki permukaan mengkilap dan sangat halus.

  • Kain Peles

Kain peles bisa dikatakan sebagai salah satu jenis kain yang memiliki fungsi yang serbaguna. Kain ini umumnya memiliki karakteristik yang sangat khas yakni cenderung tipis, mengkilap dan kesat jika di raba.

Butuh kain furing berkualitas untuk dalaman tas manik-manik?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Parasut Tafeta 190T, Kain Parasut Super, Kain Peles yang kami miliki. Untuk info pemesanan kain dormeuil anda bisa menghubungi customer service online kami.

Padupadan Tas Manik-Manik

Terinspirasi untuk mengenakan tas manik-manik tapi masih bingung bagaimana cara memadupadankannya agar terlihat sesuai dengan busana yang anda kenakan?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa mencoba tips berikut.

  • Kenakan tas manik-manik yang dibuat dalam warna-warna ceria dengan busana yang tidak terlalu banyak bermain warna. Sebagai contoh anda bisa memakai dress yang berwarna netral seperti warna hitam ataupun putih.
  • Pilih tas manik-manik yang berwarna lembut dan netral untuk gaya busana yang lebih casual dan santai. Dalam hal ini anda bisa memadupadankan tas manik-manik dengan celana jeans dan blus yang simple.
  • Bila anda lebih menyukai gaya penampilan yang dinamis, anda bisa mengenakan tas manik-manik dengan warna transparan kemudian memadupadankannya dengan berbagai macam item fashion yang kekinian.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai rekomendasi beberapa model tas manik-manik yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan beserta tips padupadannya yang bisa coba. Semoga artikel yang kami bagikan bisa menjadi sumber inspirasi bagi anda untuk lebih berani dalam memilih tas yang sesuai dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.