Article

Homepage Article Jahit Menjahit 5 Bentuk Jahitan Detail…

5 Bentuk Jahitan Detail (Stick) Kerah Pada Kaos Oblong

Pernah mengamati secara detail bentuk jahitan yang terdapat pada kerah kaos anda?. Pada setiap kerah kaos atau rib biasanya terdapat elemen jahitan kecil yang biasa disebut dengan stick, meski ada juga jenis kaos oblong yang dibuat tanpa stick sama sekali.

Jahitan Stick

Sumber : http://www.basteandgather.com/

Fungsi stick (jenis jahitan pada kerah model kaos oblong) adalah untuk mengunci antara bagian ribs (karet) dan kaos khususnya bagian depan sehingga rib menjadi tidak mudah melipat apabila kaos sudah dipakai terlalu lama. 

Jahitan Stick

Sumber : http://georgiamacdonald.blogspot.co.id/

Lantas seperti apa bentuk-bentuk jahitan stick yang biasa digunakan untuk mengunci antara bagian rib dan bagian utama kaos?. Berikut macam-macam jahitan stick pada kaos oblong.

Jahitan Stick

Sumber : http://tshirtprintingchennai.com/

Tanpa Stick

Produksi kaos oblong tanpa jahitan stick memang membutuhkan waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan kaos yang menggunakan jahitan stick. Sayangnya setelah digunakan dan dicuci beberapa kali bagian rib dari kaos ini akan mudah terlipat dan terkadang terasa melebar setelah lama dipakai. 

Jahitan Stick

Sumber : http://www.craftstylish.com/

Stick Overdeck

Stick overdeck merupakan salah satu jenis jahitan kaos yang dihasilkan oleh mesin overdeck high speed. Selain digunakan untuk menyelesaikan bagian lengan dan bawah kaos, stick overdeck juga dapat diaplikasikan pada bagian kerah kaos oblong. Kerah kaos yang dijahit dengan stick overdeck umumnya akan lebih awet meski sudah digunakan berulang kali.

Jahitan Stick

Sumber : http://www.imgrum.net/

Stick Jahit Kecil

Seperti halnya stick overdeck, stick jahit kecil ini juga berfungsi untuk memperkuat posisi rib dan bagian kaos. Model jahitannya cenderung lebih simple dan lebih kecil. Stick jahit kecil pada dasarnya termasuk kedalam jenis stick fungsional yang banyak digunakan sebagai standar jahitan kaos oblong. 

Jahitan Stick

Sumber : http://www.basteandgather.com/

Stick Jahit Besar

Stick jahit besar sebenarnya hampir sama dengan stick jahit kecil. Hal yang membedakannya adalah stick jahit besar memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu mengunci bagian dalam (obras) sekaligus mengunci bagian rib dan badan kaos. Sahabat Fitinline bisa menjumpai jenis stick ini pada baju anak-anak. 

Jahitan Stick

Sumber : http://archive.kaskus.co.id/

Stick Overdeck Kumis

Stick overdeck kumis termasuk kedalam salah satu jenis stick jahit yang memiliki fungsi dekorasi. Dimana bentuk jahitan yang dihasilkan akan terlihat seperti jahitan kumis/zig-zag. Untuk menyelesaikan bagian leher kaos dengan stick overdeck kumis dibutuhkan waktu dan biaya produksi yang jauh lebih lama dan mahal dibandingkan stick jahit lainnya.

Jahitan Stick

Sumber : http://debalisale.com/

Sahabat Fitinline, sudah tahu kan kalau stick jahit yang terdapat pada bagian leher kaos ternyata memiliki fungsi yang cukup penting untuk menjaga dan mempertahankan keawetan kaos terutama bagian kerah. 

Jahitan Stick

Sumber : http://www.wadezig.com/

Tertarik untuk membuat sablon berkualitas pada bahan kaos? Anda bisa memesannya di Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.