Article

Homepage Article Kain 3 Fashion Item Terpopuler…

3 Fashion Item Terpopuler Yang Banyak Dibuat Dari Kain Twill Stretch

Berencana untuk membuat celana chino, rok wanita dan kemeja pria tapi masih belum menemukan bahan yang sesuai dengan keinginan anda?. Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana mungkin anda bisa memanfaatkan kain twill stretch yang menawarkan banyak keunggulan sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengenalan Kain Twill Stretch

Kain twill stretch termasuk ke dalam jenis bahan kain yang terbuat dari kombinasi material katun dengan benang spandex sehingga memiliki tingkat ketebalan sedang dan bersifat melar. Dengan karakteristik bahannya yang melar, sudah pasti kain twill stretch ini akan terasa sangat nyaman jika digunaka untuk pakaian karena bisa menyesuaikan bentuk tubuh.

Kain Twill

Sumber : https://fitinline.com/

Karakteristik Kain Twill Stretch

Berbicara mengenai kain twill stretch, jadi secara umum kain ini juga memiliki sejumlah karakteristik khusus yang mungkin tidak dimiliki bahan lain. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain twill stretch diantaranya:

  • Kain twill stretch memiliki tekstur yang sangat khas yakni berbentuk miring atau diagonal. Alur miring pada kain twill ini juga semakin membuat pintalan kainnya lebih kuat dan tidak mudah lepas.
  • Kain twill stretch bersifat stretch dan lentur, jadi sangat nyaman jika dipakai untuk pakaian yang pas karena bisa menyesuaikan bentuk tubuh.
  • Kain twill stretch cenderung halus dan lembut jika diraba dengan telapak tangan.
  • Kain twill stretch termasuk ke dalam jenis bahan kain yang kuat, tahan lama dan memiliki ketebalan yang ideal untuk membuat berbagai poduk pakaian.
    • Kain twill stretch umumnya memiliki pintalan yang sangat kuat dan sudah teruji di kelasnya
    • Dibandingkan dengan bahan pakaian yang lainnya, kain twill stretch terkenal lebih awet dan tahan lama.
    • Bahan kain twill tidak mudah rapuh setelah dipakai dan dicuci berulang-ulang untuk jangka waktu yang lama.
  • Kain twill stretch juga memiliki tenunan yang rapat sehingga tidak menerawang tidak mudah robek dan tidak mudah kusut.
  • Kain twill stretch dapat mengunci warna dengan baik sehingga warnanya tidak mudah pudar.  
  • Daya serap kain twill stretch tergolong cukup bagus jadi sangat cocok untuk dipakai di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Pemanfaatan Kain Twill Stretch

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion, pada prinsipnya terdapat banyak sekali produk pakaian pria dan wanita yang dapat dibuat dari kain twill stretch. Beberapa contoh produk fashion yang dimaksud antara lain berupa celana chino, rok wanita dan kemeja pria.

1. Celana Chino

Celana chino termasuk ke dalam salah satu jenis produk pelengkap fashion yang banyak dibuat dari kain twill stretch. Model celana yang satu ini umumnya dirancang dalam bentuk lurus dan baggy seperti halnya trouser, namun belakangan banyak juga yang dimodifikasi hingga menyerupai celana jeans.

  • Celana chino yang terbuat dari kain twill stretch umumnya memiliki permukaan kain yang lembut dan halus sehingga sangat nyaman digunakan seharian.
  • Celana chino juga tersedia dalam berbagai macam warna yang cukup beragam, mulai dari warna terang ke warna gelap.
  • Sebagai salah satu jenis celana yang bersifat serbaguna, celana chino tidak hanya cocok dikenakan untuk keperluan formal dan semi formal tapi bisa juga dipakai pada kesempatan casual.

Kain Twill

Sumber : https://www.makeyourownjeans.com/

2. Rok Wanita

Rok wanita menjadi item fashion berikutnya banyak dibuat dari kain twill stretch. Rok wanita yang dibuat dari kain twill stretch inipun tidak hanya bagus digunakan untuk keperluan kerja atau acara lain yang bersifat formal, tapi bisa rok berbahan twill stretch secara umum juga dipakai untuk hangout.

Kain Twill

Sumber : https://www.jcrew.com/

Beberapa model rok wanita yang banyak menggunakan kain twill stretch sebagai bahan utamanya yaitu:

  • Rok mini yang panjangnya sampai pertengahan paha atau 10 cm di atas lutut.
  • Rok midi yang memiliki panjang sampai pertengahan betis atau berada diantara lutut dan tumit.
  • Rok span yang bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah.
  • Rok semi span yang sisinya dibuat lurus ke bawah atau bagian bawah sama besarnya dengan bagian panggul.

Berkeinginan untuk membuat rok sendiri tapi masih bingung harus mulai dari mana?. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih detail lagi tentang prosedur pembuatan rok maka anda bisa mendownload video tutorial menjahit dari kami.

Selain itu anda juga bisa menyimak pembahasan mengenai Cara Praktis Membuat Berbagai Model Rok Untuk Penjahit Pemula pada artikel Fitinline terdahulu.

3. Kemeja Pria

Selain dijadikan sebagai bahan dasar celana chino dan rok wanita, kain twill stretch pada prinsipnya juga sangat cocok digunakan untuk membuat kemeja pria. Untuk masalah model, jenis kemeja pria yang diciptakan dari kain twill stretch secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam varian.

Beberapa model kemeja pria yang banyak menggunakan kain twill stretch sebagai bahan utamanya yaitu:

  • Kemeja slim fit yang memiliki potongan pas di badan mengikuti body atau bentuk tubuh pemakainya.
  • Kemeja regular atau kemeja pria standar yang memiliki potongan yang relatif lebih longgar.

Kain Twill

Sumber : https://www.shopdeca.org/

Tertarik untuk membuat kemeja pria sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola kemeja pria siap pakai dari kami.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kain twill stretch dan pemanfaatannya dalam industri fashion yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan item fashion yang berkualitas dan dibuat dari material yang tepat.

Butuh bahan kain twill stretch berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana chino, rok wanita dan kemeja pria?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Twill Stretch (NGR) dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.