Article

Homepage Article Fashion Design 3 Jenis Celana Jogger Berdasarkan…

3 Jenis Celana Jogger Berdasarkan Fungsinya

Dikenal sebagai salah satu jenis celana yang identik dengan karet elastis pada pada bagian opening legnya, berdasarkan fungsinya celana jogger sendiri ternyata dapat dijumpai dalam berbagai jenis yang berbeda-beda lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Celana Jogger

Celana jogger termasuk ke dalam jenis celana yang memiliki ciri sangat khas yakni pada bagian opening legnya dilengkapi dengan menggunakan karet elastis. Panjang celana joger bervariasi ada yang hanya sebatas betis namun ada juga yang mata kaki sehingga anda bisa menonjolkan sepatu dengan bebas.

Berdasarkan bentuk lingkar pergelangan kakinya, setidaknya dikenal dua macam model celana jogger yang bisa anda pakai untuk pelengkap gaya sehari-hari.

  • Pertama celana jogger dengan karet halus yang mirip-mirip seperti bahan yang digunakan untuk sweater pada lingkar tangannya.
  • Kedua ada celana jogger dengan karet kasar yang dilengkapi dengan elastis.

Selain dibedakan berdasarkan karet elastis yang ada di bagian lingkar pergelangan kakinya, celana jogger inipun bisa juga dibedakan berdasarkan fungsinya lho.

Jenis-Jenis Celana Jogger

Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakaiannya celana jogger sendiri pada prinsipnya dapat dikategorikan ke dalam tiga jenis celana yang berbeda yakni berupa training jogger, comfort jogger dan cargo jogger. 

1. Training Jogger

Celana training jogger merupakan sejenis celana jogger yang dibuat khusus untuk melakukan berbagai kegiatan olarhaga ringan, seperti jogging, senam, skipping dan lain sebagainya.

  • Terinspirasi dari desain awal celana training, celana training jogger ini umumya juga dilengkapi dengan karet atau tali pada bagian pinggangnya.
  • Keberadaan karet elastis ini akan memberikan kenyamanan tersendiri karena karetnya akan menyesuaikan bentuk dan ukuran pinggang.

Celana Jogger

Sumber : https://shopee.co.id/

Dari segi bahan atau material pembuatnya celana training jogger ini secara umum dapat diciptakan dari berbagai jenis bahan yang berbeda, namun kebanyakan dibuat dengan kombinasi bahan polyester-spandek.

  • Kandungan polyester akan membuat celana training jogger jadi lebih mudah kering saat terkena air keringat, bersifat anti-bakteri dan tidak mudah lecek serta lebih tahan lama.
  • Sedangkan adanya bahan spandek akan membuat celana training jogger menjadi lebih lentur saat dipakai untuk melakukan banyak kegiatan olahraga.

Beberapa contoh bahan kain yang cocok dipakai untuk membuat celana training jogger ini antara lain berupa:

  • Kain lotto yang halus dan lemas (tidak kaku) sehingga akan terasa sangat nyaman dipakai untuk berbagai macam aktivitas.
  • Kain adidas yang memiliki karakteristik sedikit tebal, permukaan bagian depannya halus dan bagian dalamnya tidak berbulu.
  • Kain diadora yang bagian luarnya tampak halus dan memiliki kerapatan yang tinggi, sedangkan bagian dalamnya berbulu lembut dan menimbulkan efek hangat saat dipakai.
  • Kain paragon yang memiliki salur kain beraturan, sedikit tebal dan fleksibel sehingga sangat mudah mengikuti gerakan tubuh pemakainya.
  • Kain drifit yang memiliki karakteristik sangat lentur, meski sifat kainnya lumayan tebal dan tahan lama ketika terkena gesekan.

Untuk anda yang ingin membuat celana training sendiri dengan pola yang sudah jadi, anda bisa mendownload Pola Celana Training Dewasa dan Pola Celana Training Anak siap pakai dari kami.

2. Comfort Jogger

Celana comfort jogger merupakan sejenis celana jogger yang didesain khusus untuk meningkatkan kenyamanan dan kesejukan kaki para penggunanya saat bersantai di rumah, tidur maupun melakukan aktifitas casual lain seperti berkumpul dengan teman dan jalan-jalan.

Celana Jogger

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa contoh bahan kain yang cocok dipakai untuk membuat celana comfort jogger ini antara lain berupa:

  • Kain katun yang terasa dingin saat dikenakan namun sayangnya cenderung mudah kusut jika dipakai.
  • Kain spandek yang memiliki sifat elastis tinggi namun mampu mempertahankan ukuran aslinya, sehingga jika direnggangkan tidak akan cepat rusak.
  • Kain baby terry yang memiliki tampilan luar selayaknya bahan kaos biasa sementara bagian dalamnya mempunyai struktur berbentuk kumpulan “loop”.
  • Kain fleece yang memiliki karakteristik lembut, hangat dan sedikit berbulu pada bagian permukaannya.

Untuk sekedar bersantai di rumah anda bisa memadupadankan comfort jogger dengan kaos oblong. Sementara kalau anda ingin mendapatkan tampilan yang cenderung casual-sporty saat hangout anda juga bisa menambahkan outer berupa cardigan yang berpotongan simple.

3. Cargo Jogger

Celana cargo jogger merupakan inovasi celana jogger yang  dinilai sangat keren karena diperoleh dari penggabungan antara celana cargo yang identik dengan banyak kantong penyimpanan dan celana jogger yang identik dengan kerutan di bagian ujungnya.

  • Celana cargo jogger dibuat untuk anda yang ingin tampil stylish dengan menggunakan celana jogger saat berpergian atau berkumpul dengan teman.
  • Untuk ide padupadannya anda bisa memakai celana cargo jogger ini dengan berbagai fashion item yang simple seperti kaos atau baju lain sesuai selera anda.

Celana Jogger

Sumber : https://www.blibli.com/

Seperti celana pada umumnya, celana cargo jogger sendiri beberapa ada yang dilengkapi dengan resleting namun ada juga yang menggunakan elastis atau tali pada bagian pinggangnya. Hanya saja sesuai dengan namanya, celana ini memiliki banyak kantong seperti celana cargo pada umumnya.

Celana Jogger

Sumber : https://www.blibli.com/

Sementara dari segi bahan atau material pembuatnya, celana cargo jogger umumnya juga dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang memiliki tingkat kenyamanan dan kesejukan yang sama dengan celana commfort jogger.

Beberapa contoh bahan kain yang cocok dipakai untuk membuat celana cargo jogger ini antara lain berupa:

  • Kain katun yang terasa dingin saat dikenakan namun sayangnya cenderung mudah kusut jika dipakai.
  • Kain drill yang bertekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat.
  • Kain kanvas marsoto yang bertekstur tebal dan berat serta memiliki motif benang yang terlihat jelas.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis celana jogger berdasarkan fungsinya yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui banyaknya pilihan celana yang ada semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan celana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat celana jogger?. Sebagai bahan perimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Lotto, Kain Adidas, Kain Diadora, Kain Paragon, Kain Drifit, Kain Spandek, Kain Babby Terry, Kain Fleece, Kain Katun, Kain Drill dan Kain Kanvas yang kami miliki.

Untuk anda yang ingin membuat kreasi celana jogger sendiri anda juga bisa menyimak kembali pembaasan mengenai cara membuat Kreasi Joger Pants Dari Celana Panjang Biasa.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.