Article

Homepage Article Fashion Design 10 Jenis Baju Wanita Yang…

10 Jenis Baju Wanita Yang Biasa Dibuat di Modiste

Dikenal sebagai salah satu usaha yang berfokus pada kegiatan menjahit baju wanita maupun anak berdasarkan pesanan pelanggan (make to order), jenis-jenis baju wanita yang diproduksi di modiste secara umum berbeda dengan baju yang dibuat di konveksi ataupun garment lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Modiste

Modiste merupakan usaha di bidang fashion yang menawarkan jasa menjahit baju wanita maupun anak berdasarkan pesanan / permintaan pelanggan (make to order). Dengan kata lain usaha modiste adalah usaha industri yang mengubah barang jadi menjadi barang yang lebih tinggi nilainya.

  • Baju wanita / pakaian wanita yang diproduksi oleh modiste biasa dibuat sesuai ukuran pelanggan, sehingga mereka tidak mengikuti standard ukuran pada umumnya.
  • Pengukuran dimulai dari lingkar dada, pinggul, panjang tangan, lingkar tangan, lingkar kaki serta paham untuk celana, hingga panjangnya pakaian yang diinginkan.
  • Baju wanita / pakaian wanita yang dibuat di modiste terbilang halus dan tidak banyak jahitan yang terlihat dari luar.

Baju Wanita

Sumber : https://www.thecutfashionacademy.com/

Meski sama-sama memiliki jahitan yang halus, akan tetapi baju wanita buatan modiste tetap saja berbeda dengan desainer yang merancang sendiri. Dari sisi produknya pun baju yang dibuat secara perseorangan umumnya diselesaikan secara utuh setiap satu (pcs) sebelum dilanjutkan untuk membuat jenis baju yang lainnya.

Baju Wanita

Sumber : https://esmodjakarta.com/

Untuk membuat baju di modiste sendiri beberapa hal penting yang perlu anda lakukan sebagai pelanggan diantaranya:

  • Membeli bahan kain dan menyerahkan kain yang ingin dijahit kepada pihak modiste.
  • Memberi gambaran mengenai model baju yang ingin dibuat. Dalam hal ini anda bisa memberikan contoh foto untuk referensi.
  • Melakukan pengukuran badan secara langsung atau memberikan contoh pakaian jadi sebagai patokan atau acuan dalam membuat busana.

Jenis Baju Yang Dibuat

Untuk jenisnya pun baju wanita yang dibuat di modiste sendiri pada prinsipnya juga sangat bervariasi. Tidak hanya terbatas pada baju blus wanita dan rok yang simple namun anda juga bisa memesan berbagai model baju lainnya yang kekinian. 

1. Baju Blus Wanita

Baju blus wanita merupakan sejenis baju yang memiliki ukuran panjang hingga sebatas pinggang sehingga ketika dikenakan akan terkesan menggantung di atas tubuh. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, blus ini biasanya dapat dibuat dengan atau tanpa kancing.

Baju Wanita

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Untuk mengetahui cara pembuatan baju blus wanita anda bisa melihat video tutorial Cara Membuat Pola Blus Wanita dan Teknik Menjahit Blus Wanita yang kami miliki.

2. Rok Wanita

Selain blus ada rok wanita yang dapat dipakai untuk membungkus seluruh atau sebagian kaki menjadi satu dan biasa dikenakan mulai dari pinggang ke bawah melewati panggul sampai batas tertentu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemakainya.

Baju Wanita

Sumber : https://www.stylehint.com/

Untuk mengetahui cara pembuatan rok anda bisa melihat video tutorial Cara Membuat Pola Rok dan Teknik Menjahit Rok Span yang kami miliki.

3. Celana Wanita

Celana wanita yang membungkus batang kaki secara terpisah juga bisa anda pesan di modiste. Untuk pilihan modelnya celana yang dibuat di modiste bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan.

Baju Wanita

Sumber : https://www.carousell.sg/

4. Tunik Wanita

Selanjutnya ada tunik wanita yang ukurannya dibuat lebih panjang dibandingkan blus wanita. Tampilannya yang elegan membuat tunik ini sangat cocok dikenakan untuk acara casual maupun formal.

Baju Wanita

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Dress

Dress termasuk ke dalam salah satu jenis busana terusan yang sangat identik dengan wanita karena bisa menampilkan sisi feminim dengan sempurna. Berdasarkan ukuran panjangnya dress sendiri dapat dibedakan dalam beberapa macam desain mulai dari mini dress, midi dress hingga long dress.

Baju Wanita

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Baju Gamis

Untuk pelengkap gaya berhijab ada baju gamis wanita yang biasa diciptakan dalam bentuk terusan, memiliki potongan panjang dan longgar menutupi seluruh bagian badan mulai dari dada sampai mata kaki.

Baju Wanita

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Kaftan

Selain gamis ada juga kaftan  yang biasa didesain dalam bentuk terusan longgar dan cukup panjang. Dilihat dari desain dasarnya kaftan sendiri umumnya memiliki bentuk kotak tetapi ada pula yang dimodifikasi dengan tambahan draperi maupun kerutan pada bagian pinggang.

Baju Wanita

Sumber : https://shopee.co.id/

8. Kebaya Wanita

Berikutnya ada kebaya, sejenis pakaian nasional yang selalu berhasil membuat pemakainya terlihat lebih anggun dan cantik. Berdasarkan desain dan kegunaannya kebaya yang berkembang di Indonesia seendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang bervariasi.

Baju Wanita

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa contoh hebaya yang dimaksud antara lain berupa:

  • Kebaya Jawa yang memiliki ciri khas kerah berbentuk V.
  • Kebaya encim dengan kerah berbentuk V yang berhiaskan bordiran hingga sampai bawah.
  • Kebaya Kartini yang terlihat sangat mirip dengan kebaya encim, hanya saja model kerahnya dilipat keluar dengan kelepak kerah yang memanjang dari bagian leher hingga ujung kebaya.
  • Kebaya bali yang sebagian besar dibuat dari kain berbahan brokat atau kain katun dan biasanya selalu diberi tambahan obi yang dililitkan di bagian pinggang.
  • Kebaya kutu baru yand memiliki tambahan kain di bagian tengah (dada sampai perut) untuk menghubungkan sisi kiri dan sisi kanan kebaya.
  • Kebaya peplum yang memiliki ciri khas berupa draperi di bagian pinggang.

9. Long Torso dan Bustier

Untuk melengkapi kebaya wanita, terdapat pula longtorso dan bustier bisa menambah keindahan kebaya itu sendiri.

  • Longtorso dan bustier biasa dikombinasikan dengan kebaya, terutama kebaya yang bahannya bersifat menerawang.
  • Selain untuk menutupi bagian tubuh, longtorso dan bustier juga bisa digunakan untuk membentuk tubuh anda supaya terlihat lebih sempurna.

Baju Wanita

Sumber : https://www.yesstyle.com/

Download E-Book Longtorso dan Bustier Sebagai Penyempurna Kebaya yang kami miliki kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang seluk beluk longtorso dan juga bustier.

10. Outer

Selanjutnya ada outer yang sangat cocok diandalkan untuk pelengkap style layering. Selain menghangatkan tubuh, outer ini juga bisa dijadikan sebagai outfit tambahan yang memberi kesan stylish pada penampilan pemakainya.

Baju Wanita

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa contoh baju wanita dan baju anak yang biasa dibuat di modiste. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan seperti apa baju-baju yang bisa anda pesan di modiste dan mana yang tidak. 

Yang jelas jika anda yang ingin menjahit busana wanita dan busana anak di modiste, pastikan anda selalu memilih modiste yang profesional dan terpercaya. Modiste yang profesional ditandai oleh beberapa hal berikut:

  • Manajemen yang terkontrol.
  • Ditangani oleh seorang ahli busana.
  • Mengutamakan kepentingan konsumen dan memahami kebutuhan konsumen.
  • Memberi pelayanan dan servis yang baik, menciptakan komunikasi yang positif dengan konsumennya.
  • Menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat usaha
  • Selalu mengikuti perkembangan dunia usaha busana.

Untuk membuat baju wanita sendiri dengan pola yang sudah jadi anda bisa mendownload Pola Baju Wanita dan Pola Baju Anak yang kami miliki. Selain itu anda juga bisa memesan pola custom sesuai keinginan pada kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.