Article

Homepage Article Kain Cara Mudah Menentukan Bagian…

Cara Mudah Menentukan Bagian Baik dan Buruk Pada Kain Polos dan Bermotif

Apa pernah kamu melihat dalam 1 look baju namun shading warna atau motif antara depan dan belakang atau sisi kanan dan kirinya sekilas terlihat berbeda? Salah satunya karena salah atau tidak bisa membedakan saat menentukan baik buruk/face dan wrong side pada kain. Menentukan baik buruk kain atau biasa di sebut face dan wrong side menjadi salah satu hal paling penting yang harus  di perhatikan dalam proses pembuatan baju nih saat kain akan di gunakan. Agar kamu tidak salah dalam menentukan baik buruknya kain atau face dan wrong side kain yuk kamu bisa simak di artikel ini,  khusunya untuk tekstur kain yang 2 sisinya sama atau tidak ada perbedaan sehingga sulit untuk membedakannya.

Di industri garmen dalam menentukan baik buruknya kain ini sangatlah penting karena fabric/kain menjadi komponen utama yang harus diperhatikan kualitasnya dan dijaga dengan sebaik mungkin.  Jika penggunaan fabric/kain terbalik akan  mengakibatkan bahan baku yang terbuang dengan sia sia. Karena hal tersebut tidak sesuai dengan ketentuan yang diinginkan oleh Buyer dan garmen tersebut tidak akan dibeli karena salah satu point dari garmen tersebut  nilai performance garmen menjadi tidak bagus atau bad quality.

Di artikel ini kita akan bahas beberapa point dalam baik buruk kain atau face side kain, di antaranya :

Definisi Dari Bagian Baik Kain (Face Side) dan Buruk Kain (Wrong Side)

baik buruk kain atau face dan wrong side fabric adalah bagian dari permukaan kain dimana bagian baik pada kain yang biasa digunakan untuk bagian luar busana atau kain busana yang terlihat dari luar saat orang melihatnya sedangkan untuk bagian buruk kain itu yang bagian dalam saat busana sudah jadi dan tidak akan terlihat saat orang melihatnya. Biar kamu tidak bingung akan kita bahas di point berikutnya, namun kamu bisa lihat gambar di bawah ini dulu untuk contoh baik buruk/face dan back side kain, berikut contohnya:

CONTOH PERMUKAAN BAIK(FACE) DAN BURUK (WRONG) KAIN YANG BERMOTIF                  

Baik Buruk Kain Baik Buruk Kain

Sumber : https://theruffledpurse.com/

CONTOH PERMUKAAN BAGIAN BAIK KAIN(FACE SIDE) DAN BURUK KAIN ( WRONG SIDE) KAIN YANG SOLID/POLOS

Baik Buruk Kain Baik Buruk Kain

Sumber : https://theruffledpurse.com/

Cara Menentukan Bagian Baik Kain (Face Side) dan Buruk Kain (Wrong Side)

Cara menentukan bagian baik kain( face side ) dan buruk kain (wrong side), baik kain polos/motif yang memiliki tekstur dan warna yang sama dalam kedua sisi atau  kain yang memiliki tekstur dan warna yang  berbeda dalam kedua sisinya.

Nah di point ini kita akan jelaskan lebih detail nih tentang gimana sih caranya biar bisa nentuin baik buruknya kain atau face dan wrong fabric agar kamu tidak salah lagi dan yakin mana sisi yang baik dan yang buruk dalam proses pembuatan baju khususnya saat menentukan baik buruknya kain yang nanti akan pengaruh ke tampilan baju kamu saat udah jadi, kan gak lucu kalau nanti kainnya terbalik.

Berikut nih beberapa cara dalam menentukan atau membedakan baik (face side) dan  buruknya (wrong side) kain:

Kain Yang Solid atau Polos (Tekstur dan Warna Dari Kedua Sisi Kain Sama)

Untuk kain yang warnanya solid atau polos  memiliki tekstur dan warna yang sama kita dapat menentukan baik buruknya kain dengan cara berikut :

  • Bisa kita identifikasi saat fabric masih dalam keadaan roll-rollan bagian baik kain (face side fabric) berada di bagian roll yang dalam, sedangkan untuk  bagian  buruk kain (wrong side fabric) berada di bagian luar roll tersebut.
  • Cek di bagian tepi kain, ada lubang-lubang tusukan. Bisa kamu raba saja, jika yang menonjol itu artinya bagian buruk kain (wrong side fabric), begitupun sebaliknya yang tidak menonjol berarti bagian baik kain (face side fabric).
  • Kalau cara yang satu ini cukup memudahkan kita untuk mengetahui bagian baik dan buruknya kain karena dari supplier sudah memberikan tanda di kain untuk kita bisa identifikasi mana bagian baik kain dan bagian buruk kain. Tanda yang diberikan berupa sticker atau pada tepi kain tersebut sudah bertuliskan “face side”.

Kain Yang Bermotif (Tekstur dan Warna Dari Kedua Sisi Kain Berbeda)

Untuk kain yang bermotif dengan tekstur dan warna yang berbeda dari kedua sisi kain tentu akan mudah untuk menentukan bagian baik kain (face side) dan buruk kain (wrong side), dengan cara:

Bisa dengan cara di lihat untuk bagian yang memiliki warna motif yang terang dan jelas itu berarti bagian baik kain (face side), sedangkan untuk warna motif yang pudar itu berarti bagian buruk kain (wrong side).

Kain Yang Bermotif (Tekstur dan Warna Dari Kedua Sisi Kain Sama)

Untuk kain yang bermotif dengan tekstur dan warna yang sama dari kedua sisi kain kita dapat menentukan baik buruknya kain dengan cara berikut :

  • Bisa kita identifikasi saat fabric masih dalam keadaan roll-rollan bagian baik kain (face side fabric) berada di bagian roll yang dalam, sedangkan untuk  bagian  buruk kain (wrong side fabric) berada di bagian luar roll tersebut.
  • Cek di bagian tepi kain, ada lubang-lubang tusukan. Bisa kamu raba saja, jika yang menonjol itu artinya bagian buruk kain (wrong side fabric), begitupun sebaliknya yang tidak menonjol berarti bagian baik kain (face side fabric).
  • Kalau cara yang satu ini cukup memudahkan kita untuk mengetahui bagian baik dan buruknya kain karena dari supplier sudah memberikan tanda di kain untuk kita bisa identifikasi mana bagian baik kain dan bagian buruk kain. Tanda yang diberikan berupa sticker atau pada tepi kain tersebut sudah bertuliskan “face side”

Demikian yang kita bahas di artikel ini sedikitnya mengenai cara menentukan bagian baik kain (face side) dan buruk kain (wrong side) di industri garmen yang bisa kita terapkan juga saat produksi sendiri. Semoga informasi yang kita berikan ini setidaknya bisa memberikan manfaat dan bisa juga kamu terapkan saat memproduksi pembuatan pakaian sendiri baik di rumah ataupun di tempat kerja kamu agar nantinya tidak ada kesalahan dalam menentukan sisi baik dan buruk kain atau membuat kamu yakin sisi kain tersebut sehingga baju saat jadi kain yang di gunakan tidak akan mungkin terbalik.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.