Article

Homepage Article Fashion Design 8 Kelebihan Celana Corduroy…

8 Kelebihan Celana Corduroy Dibandingkan Celana Lainnya

Mencari referensi celana yang nyaman dipakai untuk bersantai di rumah tapi juga cocok dikenakan untuk keperluan hangout maupun acara lain yang sifatnya lebih formal?. Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana, maka mengenakan celana yang dibuat dari kain corduroy bisa jadi alternatif pilihan yang tepat.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Celana Corduroy

Celana corduroy merupakan sejenis celana berbahan kain corduroy yang selalu berhasil memberikan kesan keren pada tampilan penggunanya. Dalam hal ini jenis celana yang dimaksud tidak hanya terbatas pada celana pria saja tapi juga celana wanita yang bisa dipakai untuk berbagai macam kesempatan formal maupun casual.

Celana Corduroy

Sumber : https://www.nordstromrack.com/

Sebagai bahan dasar celana yang berkualitas, untuk saat ini kain corduroy pun banyak dibuat dari berbagai jenis serat seperti katun, acrylic, rayon, poliester serta gabungan dari beberapa jenis serat. Beberapa ada juga yang digabung dengan bahan spandek, sehingga bahannya dapat diregang (stretch) secara vertikal ataupun horizontal.

Celana Corduroy

Sumber : https://www.asianbeautywholesale.com/

Kelebihan Celana Corduroy

Sama halnya dengan celana yang dibuat dari kain katun ataupun bahan lainnya, celana yang dibuat dari kain corduroy pada prinsipnya juga menawarkan banyak keunggulan. Beberapa keunggulan dari celana berbahan corduroy yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Teksturnya Sangat Khas

Celana corduroy umumnya memiliki tekstur yang sangat khas yakni berupa pola garis-garis timbul secara parallel pada permukaannya.

  • Permukaan kain corduroy sekilas lebih terlihat seperti dibuat dari sambungan garis parallel “cord” yang dipisahkan oleh sebuah jalur.
  • Jalur yang memisahkan tiap-tiap cord tersebut berperan juga sebagai alas dasar atau base.

2. Bahannya Cenderung Kuat

Celana yang dibuat dari corduroy terbilang sangat kokoh, kuat dan tidak mudah rusak. Selain kuat dan kokoh, celana corduroy diketahui juga sangat nyaman ketika digunakan karena memiliki tampilan yang cukup tebal namun tetap ringan.

3. Hangat dan Tahan Lama

Celana corduroy dikenal lebih hangat, tahan lama dan memiliki perawatan yang mudah.  Tingkat ketebalan garis cord yang ada pada kain corduroy akan mempengaruhi seberapa besar kehangatan celana yang dihasilkan.

4. Lebih Elegan dan Berkelas

Dengan karakteristik bahannya yang kuat dan memiliki tekstur cukup unik, celana corduroy bisa menampilkan kesan berkelas dan elegan pada penampilan.

5. Bahannya Tidak Menerawang

Celana yang dibuat dari kain corduroy cenderung tidak menerawang dan tidak mencetak tubuh.  Karena bahannya tidak mencetak tubuh maka celana ini juga bisa menjadi sahabat terbaik bagi para wanita yang berhijab.

6. Tidak Mudah Kusut

Kelebihan lain yang dimiliki celana corduroy yaitu bahannya tahan kusut alias tidak mudah kusut. Jadi sekalipun digunakan dalam waktu lama, tampilan kainnya akan tetap rapi dan memberikan kesan lebih profesional pada orang yang mengenakannya.

7. Pilihan Warnanya Banyak

Celana dari kain corduroy dapat dibuat dalam berbagai macam warna, jadi bisa dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Selain pilihan warnanya banyak celana corduroy juga tersedia dengan berbagai tingkat keregangan (stretch).

8. Pilihan Modelnya Bervariasi

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita yang modis dan stylish celana corduroy sendiri dapat dijumpai dalam berbagai variasi model yang menarik. Beberapa jenis celana yang dimaksud antara lain berupa celana high waist, straight leg pants, paper bag pants, joger pants, slim fit pants, cargo pants dan culottes pants.

  • High Waist Pants

High waist pants merupakan jenis celana yang memiliki potongan cukup tinggi di atas pinggang. Selain mudah dipadupadankan dengan outfit apapun celana high waist juga sangat cocok dipakai untuk berbagai bentuk dan ukuran tubuh.

  • Celana high waist bisa dipakai untuk menyamarkan area perut dan menyembunyikan lemak di area pinggang.
  • Celana high waist bisa diandalkan untuk anda yang ingin memamerkan lekuk pinggang.
  • Celana high waist mampu menonjolkan bagian pinggang yang lebih tinggi sehingga tubuh akan terlihat lebih jenjang.

Celana Corduroy

Sumber : https://www.hardtofind.com.au/

  • Straight Leg Pants

Straight leg pants merupakan jenis celana yang berpotongan lurus alias memiliki lebar yang sama mulai dari bagian pinggang ke bawah (tumit). Desainnya yang simple bisa membuat bentuk kaki jadi terlihat lebih ramping.

Celana Corduroy

Sumber : https://www.everlane.com/

  • Paper Bag Pants

Paper bag pants merupakan jenis celana yang memiliki kelebihan bahan di bagian pinggang dan dilengkapi dengan tali sebagai ikat pinggang. Celana ini diberi nama demikian karena potongan pinggangnya yang tipis mengingatkan pada kantong kertas.

Celana Corduroy

Sumber : https://www.hm.com/

  • Joger Pants

Joger pants alias joger pants menjadi model celana berikutnya yang juga banyak dibuat dari kain corduroy. Celana joger sendiri pada prinsipnya dapat dijumpai dalam dua macam varian.

  • Pertama celana joger berkerut halus yang bagian bawah celananya dilengkapi dengan bur seperti yang terdapat pada lingkar tangan sweater.
  • Kedua celana joger berkerut kasar yang bagian bawah celananya biasa di beri tambahan karet elastis sehingga efek kerutannya jadi agak kasar.

Celana Corduroy

Sumber : https://hunkh.com/

  • Slim Fit Pants

Slim fit pants merupakan jenis celana yang memiliki potongan pas di paha, kemudian mengerucut lurus ke bagian bawahnya sehingga mampu menunjukkan lekukan kaki dan memberikan kesan langsing terhadap pemakainya.

Celana Corduroy

Sumber : https://www.farfetch.com/

  • Cargo Pants

Celana cargo termasuk ke dalam jenis celana yang secara khusus didesain dengan banyak kantong penyimpaan. Jumlah kantong celana Cargo normalnya ada 6 yaitu 2 di bagian samping, 2 di bagian belakang dan 2 di bagian bawah.

Celana Corduroy

Sumber : https://www.shopstyle.ca/

  • Culottes Pants

Culottes pants merupakan jenis celana yang memiliki bentuk sangat penuh sehingga pembagiannya tidak terlihat begitu jelas.

  • Celana kulot untuk wanita kebanyakan didesain dalam bentuk yang sangat longgar.
  • Celana kulot umumnya memiliki ukuran panjang yang sangat bervariasi, ada yang selutut hingga se mata kaki.
  • Celana kulot juga mempunyai ciri khas yang melebar di bagian paling bawah jadi tampilannya tidak beda jauh seperti rok saat dikenakan.

Celana Corduroy

Sumber : https://poshmark.com/

Berkeinginan untuk membuat celana kulot sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Celana Kulot siap pakai dari kami.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai keistimewaan celana corduroy yang juga menjadi alasan penting mengapa anda harus memilihnya sebagai pelengkap gaya penampilan. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk mendapatkan celana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain corduroy berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana serta berbagai macam item fashion lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Corduroy (NGR) dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.