Article

Homepage Article Fashion Design 3 Inspirasi Padupadan Busana…

3 Inspirasi Padupadan Busana Linen Yang Bisa Anda Coba

Mencari alternatif busana kekinian yang memiliki karakteristik adem dan tidak menimbulkan rasa gerah walau dipakai seharian?. Khusus untuk anda yang lebih suka tampil simple tanpa harus ribet, mungkin mengenakan busana berbahan linen bisa menjadi alternatif pilihan paling tepat yang bisa anda coba.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Linen

Kain linen dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang dibuat dengan menggunakan serat linen, sejenis serat alami yang biasa diambil dari tumbuhan rami atau pohon flax (Linum usitatissimum). Khusus untuk pembuatan kain linen, bagian yang diambil bukanlah bagian bunganya melainkan bagian kulit pohonnya.

Sebagai bahan dasar pembuatan produk pakaian yang berkualitas kain linen sendiri secara umum masih dapat dibedakan lagi ke dalam beberapa variasi bahan yang berbeda. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

1. Kain Linen Cambric

Kain linen cambric merupakan sejenis tenunan linen yang polos dan tipis. Kain ini diberi nama demikian karena konon berasal dari Cambria, Perancis tempat pertama kali linen cambric diproduksi.

2. Kain Linen Rami

Kain linen rami merupakan sejenis kain berbahan dasar linen yang ditambah dengan aksen rami. Kombinasi keduanya mampu menghasilkan kain yang memiliki sifat dasar dan tampilan yang sangat khas:

  • Kain linen rami dikenal tahan terhadap bakteri maupun jamur.
  • Kain linen rami permukaannya agak kasar dan serat kainnya cenderung terlihat.
  • Kain linen rami enderung cepat kering apabila basah.
  • Kain linen rami terkenal kuat, lebih tahan cuci dan warnanya tidak mudah pudar.
  • Kain linen rami sangat nyaman saat dipakai, tidak panas dan tidak menerawang.

3. Kain Linen Ruby

Kain linen ruby termasuk ke dalam jenis kain yang identik dengan bulu-bulu halus pada permukaan kainnya.

  • Kain linen ruby terkesan lebih elegan dan mewah saat dikenakan.
  • Kain linen ruby bahannya cukup adem di kulit dan tidak mudah kusut.
  • Tanpa harus disetrika tampilan kain linen rubi akan senantiasa rapi.

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion, hingga saat ini tidak sedikit produk pakaian yang memanfaatkan kain linen sebagai bahan utamanya. Bukan lagi terbatas pada baju blus wanita saja, namun pada perkembangannya banyak juga rok, busana terusan dan celana yang menggunakan bahan serupa.

Bahkan kain linen ruby yang sangat terkenal sebagai bahan hijab sekalipun kini juga mulai diaplikasikan untuk busana wanita yang lainnya. Dengan mengenakan busana berbahan linen ruby ini anda pun tidak perlu lagi mengenakan aksesoris yang terlalu ramai atau berlebihan.

Padupadan Busana Linen

Tertarik untuk mengenakan busana berbahan linen sebagai pelengkap gaya penampilan sehari-hari?. Mungkin ide padupadan busana berbahan linen berikut ini bisa menginspirasi anda.

1. Formal Look

Buat anda yang mau tampil lebih formal dengan busana berbahan linen, anda bisa mengenakan baju blus wanita berbaan linen dengan celana bahan. Untuk pilihan warnanya anda bisa memadupadankan blus yang berwarna gelap dengan celana earth tone atau sebaliknya.

Kain Linen

Sumber : https://www.blibli.com/

Alternatif lain kenakan baju blus wanita yang diciptakan dalam warna-warna netral seperti warna putih kemudian padupadankan dengan rok motif, misal motif kotak-kotak.

Kain Linen

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Khusus untuk anda yang berhijab kenakan tunik berbahan linen dengan celana bahan yang dibuat dalam ukuran panjang.  Untuk pilihan modelnya beberapa macam tunik yang bisa anda pakai diantaranya:

  • Simple tunik yang memiliki potongan sederhana dan tidak terlalu banyak detail.
  • Tunik ala peplum yang memiliki efek lebih mengembang dan penuh pada bagian bawahnya.
  • Tunik asimetris yang didesain dengan potongan menyerong sehingga tampilannya jadi tidak simetris.
  • Tunik ruffle yang dilengkapi dengan detail ruffle di beberapa bagian seperti misalnya bagian leher, ujung lengan dan bagian bawah baju.

Kain Linen

Sumber : https://www.blibli.com/

2. Smart Casual Look

Buat anda yang mau tetap tampil rapi dengan mengenakan baju yang lebih santai anda bisa memadupadankan outer berbahan linen yang didesain seperti layaknya blazer dengan busana two piece yang berpotongan simple.

Kain Linen

Sumber : https://shopee.co.id/

Kalau anda ingin memakai hijab tinggal tambahkan saja hijab yang berwarna senada dengan keseluruhan outfit.

3. Casual Look

Untuk tampil lebih casual dengan busana berbahan linen terdapat beberapa pilihan yang bisa anda coba. Pertama anda bisa mengenakan dress linen yang didesain dalam ukuran cukup longgar. Beberapa macam dress linen yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Loose dress yang biasa dibuat dengan cutting lurus dan kebanyakan berukuran cukup longgar.
  • Jumper dress yang didesain tanpa kerah dan lengan, sementara bagian bawahnya memiliki potongan yang longgar dan lebar. Dress linen yang satu ini sangat cocok dikombinasikan dengan manset kaos ataupun kaos oblong.
  • Smock dress merupakan dress yang memiliki banyak kesamaan dengan shirt atau kemeja longgar namun dibuat dengan kerah datar yang lebar atau tanpa kerah.
  • Drop waist dress yang memiliki kemiripan dengan peplum dress namun sambungan pada bagian bawahnya dibuat lebih rendah (di bawah pinggang atau justru di bagian paha).
  • Shift dress yang memiliki potongan lurus dari atas ke bawah tanpa ada garis pinggang.
  • Dress linen model asimetris yang memiliki potongan tak beraturan, ada yang memanjang di bagian belakang ada pula yang dibuat panjang sebelah.

Kain Linen

Sumber : https://www.babakud.com/

Kedua anda bisa memadupadankan celana kulot dan juga rok berbahan linen dengan busana penutup tubuh bagian atas yang berdesain basic seperti halnya kaos oblong, jaket trucker dan juga tanktop.

  • Perpaduan antara celana kulot dan kaos oblong sangat cocok dikenakan untuk anda yang mau tampil lebih tertutup dengan busana linen.  
  • Celana kulot dan rok kulot yang dipadupadankan dengan jaket trucker cocok dipakai untuk kesempatan hangout.
  • Untuk sekedar bersantai di rumah anda bisa mengenakan celana kulot atau rok linen yang dipasangkan dengan tanktop.

Kain Linen

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai tips padupadan busana berbahan linen yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui sejumlah tips dan trik yang disebutkan di atas, semoga kedepannya anda bisa lebih mudah untuk menemukan kombinasi yang tepat untuk busana linen yang anda miliki ya.

Butuh bahan kain linen berkualitas dengan harga murah untuk membuat blus, celana, rok dan berbagai macam model busana lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Linen Rami (NGR) dari kami.

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang cara terbaik yang dapat dilakukan untuk merawat busana berbahan linen, jangan lewatkan juga pembahasan mengenai 5 Hal Yang Harus Anda Hindari Untuk Menjaga Kualitas Pakaian Dari Bahan Kain Linen.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.