Article

Homepage Article Kain Tekstil 7 Jenis Kain Linen Yang…

7 Jenis Kain Linen Yang Perlu Anda Ketahui

Kain linen yang biasa digunakan sebagai bahan pakaian dikenal sebagai salah satu jenis kain yang cantik, nyaman dipakai dan awet karena terbuat dari serat alami tanaman rami. Berdasarkan tekstur dan cara menenunnya, kain linen sendiri secara garis besar dapat dibedakan menjadi beberapa jenis dan varian. 

Jenis-Jenis Kain Linen

Sumber : https://www.acornfabrics.com/

Linen Damask

Kain linen damask merupakan jenis kain yang dibuat dengan peralatan tenun yang bernama jacquard menggunakan campuran biasa dan jalinan satin. Variasi lain dari damask adalah kain linen venise. Kain ini bertekstur sangat halus dan ditandai dengan pola bunga yang besar. 

Jenis-Jenis Kain Linen

Sumber : http://www.laurelleaffarm.com/

Untuk membuat desain dengan pola yang menonjol, damask biasanya tersedia dalam satu warna. Kain ini biasanya digunakan untuk serbet, taplak meja, maupun pelengkap kebutuhan rumah lainnya.

Jenis-Jenis Kain Linen

Sumber : https://www.thelinenlavoir.com/

Linen Halus

Berbeda dengan jenis linen yang telah disebutkan sebelumnya kain linen halus umumnya dibuat dengan cara dirajut longgar sehingga mudah menyerap air. Kain linen halus lebih banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk popok dan handuk. 

Jenis-Jenis Kain Linen

Sumber : https://www.fabric.com/

Linen Plain Woven

Kain linen plain-woven biasa disebut juga dengan nama handuk gelas karena penggunaannya yang paling umum adalah untuk menyeka gelas. Kain ini biasanya memiliki pola berbentuk kotak-kotak, bergaris merah biru atau gabungan keduanya dengan latar belakang yang berwarna putih.

Jenis-Jenis Kain Linen

Sumber : http://linenbeauty.com/

Linen Holland

Linen Holland merupakan bentuk variasi lain dari kain linen yang tenunannya sengaja dibuat longgar. Kain ini dibuat dengan mencampur minyak dan pati sehingga menghasilkan kain yang cenderung buram dan sulit ditembus oleh sinar matahari. Linen holland sangat sesuai jika digunakan untuk membuat jendela tanpa tirai dan sebagai penutup lampu. 

Jenis-Jenis Kain Linen

Sumber : https://www.pinterest.com/

Linen Cambric

Linen Cambric merupakan jenis tenunan linen yang polos dan tipis. Sesuai dengan namanya kain ini berasal dari Cambria, Perancis, tempat di mana kain ini pertama kali diproduksi. Linen cambric biasanya digunakan sebagai sapu tangan dan pakaian.

Jenis-Jenis Kain Linen

Sumber : https://trishburr.com/

Linen Huckaback

Kain linen huckaback merupakan bentuk variasi lain dari kain linen yang dihasilkan dari linen murni atau campuran dari katun dengan linen. Kain linen ini ditenun dengan tangan dan benang twisted yang sangat halus. Toweling adalah nama untuk semua jenis linen yang cocok untuk menghasilkan handuk dalam berbagai ukuran dan kegunaan.

Jenis-Jenis Kain Linen

Sumber : http://linenbeauty.com/

Linen Kasar

Kain linen kasar termasuk kedalam jenis kain linen yang memiliki karakteristik kaku. Kain ini lebih sering digunakan sebagai bahan pakaian bagi para pekerja berat seperti tukang daging. Jenis lainnya yaitu berupa linen mata burung yang memiliki pola-pola geometris berukuran kecil menyerupai mata burung. 

Jenis-Jenis Kain Linen

Sumber : http://www.houzz.com/

Semoga bermanfaat.

Mencari Kain Linen berkualitas dengan harga murah? Sahabat Fitinline bisa melihat koleksinya Di Sini.

Kain Linen

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.