Article

Homepage Article Fashion Design 6 Keistimewaan Tas Rajut…

6 Keistimewaan Tas Rajut Yang Jadi Favorit Banyak Wanita

Butuh rekomendasi tas kekinian yang tidak hanya unggul dari segi kualitas bahannya tapi juga memiliki motif yang cantik dan eksklusif?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa memilih tas rajut yang belakangan juga kembali trend di Indonesia. Buat anda yang mau tahu keistimewaan tas rajut simak yuk pembahasan berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Tas Rajut

Tas rajut dapat dikategorikan ke dalam salah satu produk pelengkap fashion yang biasa dibuat dari bahan khusus yakni berupa benang rajut. Dalam hal ini jenis benang rajut yang dipakai untuk membuat tas bisa berupa benang rajut katun, benang rajut nylon atau benang rajut polyester.

Tas Rajut

Sumber : http://freecrochetpatterns.eu/

1. Benang Rajut Katun

Benang rajut katun merupakan sejenis benang yang dibuat dari bahan dasar serat cotton. Benang ini cenderung bertekstur padat dan dapat digunakan untuk membuat jenis rajutan apa saja termasuk tas.

2. Benang Rajut Nylon

Benang rajut nylon merupakan sejenis benang yang memiliki tekstur keras serta mengkilap. Selain dipakai untuk membuat tas benang ini sangat sesuai jika digunakan untuk membuat dompet.

3. Benang Rajut Polyester

Benang rajut polyester merupakan sejenis benang yang terbuat dari 100 % serat polyester. Benang ini umumnya memiliki karakteristik yang kuat, tidak mudah kusut dan tidak mudah luntur jadi sangat cocok digunakan sebagai bahan terbaik dalam pembuatan tas.  

Keistimewaan Tas Rajut

Selain unggul dari segi kualitas bahannya tas yang dibuat dari benang rajut ini umumnya juga menawarkan banyak keunggulan lain lho. Beberapa keistimewaan dari tas rajut yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

1. Memiliki Nilai Seni Yang Tinggi

Tas rajut termasuk ke dalam salah satu jenis tas hasil kerajinan tangan yang memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Sebab proses produksi tas rajut ini umumnya membutuhkan waktu yang tidak singkat tergantung dari keahlian masing-masing pengrajut.

2. Kuat dan Tahan Lama

Tas rajut dikenal sebagai salah satu jenis tas yang kuat dan tahan lama asal dirawat dengan cara yang tepat. Untuk mencucinya pun anda bisa menggunakan cara manual alias hand washing dan menggunakan detergen yang sedikit.

3. Motifnya Sangat Cantik

Tas rajut dapat dijumpai dalam berbagai macam motif yang sangat cantik dan menarik. Beberapa contoh motif yang dimaksud antara lain berupa:

  • Motif Jaring

Motif jaring termasuk ke dalam jenis motif rajutan yang paling simple dan memiliki bentuk yang jarang-jarang. Selain menarik dari segi tampilan, jenis tas yang satu ini banyak disukai wanita karena kesederhanaan motifnya.

Tas Rajut

Sumber : https://www.mamainastitch.com/

  • Motif Daun

Motif daun merupakan sejenis motif rajutan simple yang bentuknya tampak seperti lembaran daun-daun. Motif ini cocok dipilih untuk anda yang ingin memiliki tas rajut bermotif sederhana.

Tas Rajut

Sumber : https://easy-crochet.blogspot.com/

  • Motif Bintang

Motif bintang merupakan salah satu jenis motif tas yang memiliki kemiripan bentuk dengan bintang. Selain diaplikasikan pada seluruh bagian tas, motif ini bisa juga digunakan untuk dekorasi (misal pada bagian atas tas saja).

Tas Rajut

Sumber : https://gohandmade.net/

  • Motif Kipas

Motif kipas termasuk ke dalam jenis motif tas yang mempunyai banyak lilitan. Motif kipas ini biasanya banyak dipakai untuk membuat tas yang berukuran cenderung besar.

Tas Rajut

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Motif Herringbone

Motif herringbone merupakan sebuah motif tasyang tersusun dari sekumpulan benang yang dirajut sedemikian rupa hingga membentuk pola zig-zag teratur persis dengan struktur tulang ikan hering yang menjadi makanan ikan-ikan predator dilaut lepas.

Tas Rajut

Sumber : https://www.lakesideloops.com/

  • Motif Kerang

Sesuai dengan namanya motif kerang termasuk ke dalam jenis motif tas yang memiliki kemiripan bentuk dengan kerang. Dengan karakteristiknya yang sangat menarik dan terkesan trendi motif ini bisa anda pilih jika menginginkan tas yang anti mainstream.

Tas Rajut

Sumber : https://www.amazon.com/

4. Pilihan Warnanya Bervariasi

Tas rajut tersedia dalam berbagai macam warna yang sangat bervariasi. Tidak hanya terbatas pada warna-warna gelap seperti hitam, navy dan abu-abu saja, tapi kebanyakan tas rajut juga dapat dijumpai dalam warna-warna cerah lainnya.

5. Pilihan Modelnya Beragam

Tidak jauh berbeda dengan model tas lainnya, tas rajut umumnya juga dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang beragam. Beberapa ada yang dibuat dalam model cluth, sling bag, tote bag, backpack dan juga rucksack.

  • Clutch

Tas rajut model clutch merupakan sejenis tas tangan yang berbentuk kotak dan biasanya dilengkapi dengan penutup di bagian bukaan atasnya. Selain dibuat dalam model polos ada juga clutch yang dilengkapi dengan tali sebagai pegangannya.

Tas Rajut

Sumber : https://www.thismomentisgood.com/

  • Sling Bag

Tas rajut model sling bag yang juga dikenal dengan nama cross body bag dapat dipakai dengan cara pegangannya disampirkan pada satu bahu sementara bagian kantungnya diletakkan di sisi tubuh yang berbeda.

Tas Rajut

Sumber : https://www.amazon.com/

  • Tote Bag

Tas rajut model tote bag termasuk ke dalam salah satu model tas jinjing berbentuk kotak terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atasnya.

Tas Rajut

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Backpack

Tas rajut model backpack merupakan jenis tas yang dapat dipakai dengan cara digendong di bahu. Untuk bentuknya sendiri ada yang kotak namun ada juga yang oval dengan resleting sebagai penutup.

Tas Rajut

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain dibuat dalam ukuran besar terdapat pula versi lain dari backpack, yakni mini backpack yang dibuat lebih kecil namun desainnya tidak jauh beda. 

  • Rucksack

Tas rajut model rucksack termasuk ke dalam jenis tas punggung yang memiliki penutup tali dan menggunakan sistem serut untuk memudahkan para penggunanya ketika memasukkan barang dan mengambil barang yang berada dalam tas.

Tas Rajut

Sumber : https://shopee.com.my/

6. Cocok Untuk Berbagai Acara

Dengan tampilannya yang sedemikian unik daan berbeda dengan tas pada umumnya tas rajut sangat cocok dipakai untuk berbagai macam kesempatan, baik itu kesempatan formal, semi formal hingga casual.

  • Khusus untuk keperluan kondangan misalnya, anda bisa memilih tas rajut model clutch yang warnanya disesuaikan dengan warna busana.
  • Untuk keperluan kuliah atau bekerja anda bisa memilih tas rajut yang diciptakan dalam model backpack atau rucksack.
  • Sementara untuk keperluan lain yang lebih santai seperti belanja dan juga hangout anda bisa memilih tas rajut model tote bag, mini backpack ataupun sling bag.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keistimewaan dari tas rajut yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya sebagai pelengkap gaya penampilan. Supaya tas rajut yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya jangan lupa juga untuk selalu merawatnya dengan cara yang baik dan benar ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.