Article

Homepage Article Kain 7 Fashion Item Terpopuler…

7 Fashion Item Terpopuler Yang Banyak Dibuat Dari Kain Linen Rami

Mau tampil lebih gaya dan trendy dengan baju-baju yang bertema vintage tapi masih belum menemukan bahan yang sesuai dengan keinginan anda?. Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana mungkin anda bisa memanfaatkan kain linen rami yang menawarkan banyak keunggulan sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kain Linen Rami

Kain linen rami merupakan sejenis kain berbahan dasar linen yang ditambah dengan aksen rami. Rami atau dalam bahasan latinnya disebut Boehmeria nivea sendiri termasuk ke dalam jenis tanaman yang memiliki karakteristik seperti tanaman kapas tapi cenderung lebih mudah untuk dibudidayakan karena dapat tumbuh diberbagai kondisi lahan.

Kain Linen Rami

Sumber : https://fitinline.com/

Sebagai bahan baku industri tekstil (substitusi kapas sebagai produk import), serat alami tanaman rami tersebut umumnya mampu menghasilkan bahan kain yang memiliki tingkat kehalusan serat dan tingkat elastisitas yang cukup baik sehingga cenderung sejuk bila dipakai.

Karakteristik Kain Linen Rami

Tidak jauh berbeda dengan bahan kain yang dibuat dari serat berkualitas tinggi, kain linen rami secara umum juga menawarkan banyak sekali keunggulan. Pasalnya kombinasi antara linen dengan rami mampu menghasilkan produk kain yang memiliki sifat dasar cukup unik dengan tekstur dan tampilan yang sangat khas.

Beberapa karakteristik paling khas dari kain linen rami yang juga menjadi keunggulan dari jenis kain yang satu ini diantaranya:

  • Kain linen rami tahan terhadap bakteri maupun jamur.
  • Kain linen rami permukaannya agak kasar dan cenderung terlihat serat kainnya.
  • Mempunyai kemampuan menyerap molekul air yang baik sehingga cepat kering jika basah.
  • Sifat rami yang terkenal kuat membuat bahan tenunan rami sangat berkilau, tahan cuci, dan warnanya tidak mudah berubah oleh sinar matahari.
  • Kain linen rami juga nyaman dipakai, tidak panas dan tidak transparan.

Pemanfaatan Kain Linen Rami

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion, secara umum terdapat banyak sekali produk pakaian pria dan wanita yang dapat dibuat dari kain linen rami. Beberapa contoh produk fashion yang dimaksud antara lain berupa gamis wanita, gamis pria, rok wanita, kemeja pria, baju blus wanita, baju tunik hingga baju koko.

1. Gamis Wanita

Gamis yang diciptakan dalam bentuk terusan yang lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh bagian badan mulai dari leher sampai ke mata kaki menjadi salah satu jenis item terpopuler yang banyak dibuat dari kain linen rami.

Kain Linen Rami

Sumber : https://gamisalya.com/

Beberapa contoh model gamis wanita yang banyak memanfaatkan kain linen rami sebagai bahan utamanya yakni berupa:

  • Gamis wanita yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah, leher, maupun bagian depannya.
  • Gamis lengan lonceng yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng yang dibuat membesar pada bagian bawahnya.
  • Gamis busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depan untuk memudahkan pemakainya ketika menyusui.
  • Gamis wanita full kancing yang dilengkapi dengan banyak kancing di bagian depan seperti halnya baju blus wanita tapi ukurannya jauh lebih panjang.

2. Gamis Pria

Selain dijadikan gamis wanita, kain linen rami pada prinsipnya juga bisa diandalkan untuk membuat gamis pria. Gamis yang ideal untuk pria biasanya memiliki saku pada sisi kiri dan kanan serta bagian depan (bisa di dada kiri maupun kanan).

Kain Linen Rami

Sumber : https://shopee.co.id/

Tertarik untuk membuat gamis sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau pakai cara yang praktis anda bisa mendownload pola gamis pria dan gamis wanita dari kami.

3. Rok Wanita

Rok wanita merupakan busana penutup tubuh bagian bawah wanita yang dibuat langsung untuk membungkus seluruh atau sebagian kaki menjadi satu. Dengan tampilannya yang yerkesan vintage, rok wanita yang dibuat dari kain linen rami sangat cocok dipakai untuk acara casual.

Kain Linen Rami

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Ingin membuat rok sendiri tapi masih bingung harus mulai dari mana?. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih detail lagi tentang prosedur pembuatan rok wanita maka anda bisa mendownload video tutorial menjahit dari kami.

4. Kemeja Pria

Kemeja pria merupakan sebuah pakaian khusus yang didesain untuk menutupi bagian lengan, dada, bahu, serta tubuh pemakainya sampai bagian perut. Bergantung pada selera penggunanya kemeja pria yang dibuat dari kain linen rami inipun dapat dijumpai dalam berbagai macam model.

  • Kemeja pria berlengan panjang yang memiliki tampilan lebih formal
  • Kemeja pria berlengan pendek yang memiliki tampilan lebih casual.

Kain Linen Rami

Sumber : https://id.aliexpress.com/

5. Baju Blus Wanita

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita yang modis dan stylish kain linen rami sangat cocok digunakan untuk membuat baju blus wanita bermodel longgar yang memiliki ukuran panjang hingga sebatas pinggang sehingga ketika dikenakan akan terkesan menggantung di atas tubuh.

Kain Linen Rami

Sumber : https://www.bukalapak.com/

6. Baju Tunik Modern

Baju tunik yang didesain dalam ukuran longgar untuk menutupi dada, bahu serta bagian punggung dan panjangnya bisa sampai menutupi lutut hingga pertengahan betis belakangan juga banyak dibuat dari kain linen rami.

Kain Linen Rami

Sumber : https://www.blibli.com/

Untuk pilihan modelnya tunik modern yang dibuat dari kain linen rami inipun cukup beragam. Beberapa contoh baju tunik modern yang cukup populer antara lain berupa:

  • Simple tunik yang memiliki potongan sederhana dan tidak terlalu banyak detail.
  • Tunik ala peplum yang memiliki efek lebih mengembang dan penuh pada bagian bawahnya.
  • Tunik asimetris yang didesain dengan potongan menyamping atau menyerong sehingga secara keseluruhan tampilannya jadi tidak simetris.
  • Tunik ruffle yang dilengkapi dengan detail ruffle di beberapa bagian seperti misalnya bagian leher, ujung lengan dan bagian bawah baju.

7. Baju Koko

Baju koko merupakan salah satu jenis baju yang biasa dikenakan oleh pria muslim untuk kegiatan-kegiatan keagamaan. Bila di masa lalu kebanyakan baju koko hanya dibuat dalam bentuk yang cenderung monoton, kini model baju koko yang berkembang justru tampak lebih modern.

Kain Linen Rami

Sumber : https://www.blibli.com/

Ingin membuat baju koko sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau pakai cara yang praktis anda bisa mendownload Pola Baju Koko pria dari kami.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kain linen rami dan pemanfaatannya dalam industri fashion yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan item fashion yang berkualitas dan dibuat dari material yang tepat.

Butuh bahan kain linen rami berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai jenis pakaian pria dan wanita?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Linen Rami (NGR) kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.