Article

Homepage Article Desain Fesyen 15 Model Jaket Denim Yang…

15 Model Jaket Denim Yang Bisa Anda Pilih Untuk Meningkatkan Kualitas Penampilan Anda

Jaket denim sejak dahulu memang dikenal sebagai salah satu outfit paling populer yang banyak digemari oleh pria dan wanita. Untuk meningkatkan kualitas penampilan agar terlihat lebih keren, jaket inipun sekarang juga banyak dibuat dalam model yang beragam lho. Beda model beda juga style yang ditampilkan.

Pengertian Jaket Denim

Jaket denim sebenarnya merupakan sebuah jaket berbahan kain denim yang memiliki karakteristik cukup kokoh dan kuat. Berdasarkan sejarahnya nama denim sendiri awalnya disebut Serge de Nimes kemudian dipersingkat menjadi denim “de Nims” yang artinya from Nimes (sebuah nama kota yang berada di Perancis).

Jaket Denim

Sumber : https://www.vintagesole.com.au/

Jauh sebelum digunakan secara luas untuk pelengkap gaya penampilan pria maupun wanita seperti sekarang, konon jaket berbahan kain denim ini lebih dulu dijual dan dipakai untuk melengkapi barisan koleksi celana jeans dan pakaian kerja terutama bagi para pekerja tambang yang setiap harinya banyak beraktifitas di lapangan.

Jaket Denim

Sumber : https://poshmark.com/

Dalam perjalanannya melalui beberapa dekade, model jaket denim inipun selanjutnya juga mengalami sejumlah perubahan desain meski tidak terlalu banyak. Untuk mengetahui model awal jaket denim anda bisa menengok kembali model jaket denim Levi’s yang dapat dibedakan menjadi jaket denim type I, II dan III.

Jaket Denim

Sumber : https://www.levi.com/

Di antara ketiga jenis jaket denim tersebut, jaket denim type terakhir yang juga dikenal sebagai trucker jacket lantas berkembang menjadi model jaket denim paling legendaris yang sering dibuat oleh produsen jaket. Jaket trucker inilah yang kemudian menjadi template dasar dari kebanyakan jaket denim sekarang.

Jaket Denim

Sumber : https://theexecutive.co.id/

Dari yang awalnya hanya dibuat dalam bentuk sederhana selanjutnya para desainer juga mulai berinovasi untuk menciptakan model jaket denim lainnya yang tidak kalah unik dan menarik. Beberapa ada yang dibuat dalam ukuran oversized, didesain lebih pendek, namun tidak sedikit juga yang diberi tambahan detail.

Model Jaket Denim

Tertarik untuk mengenakan jaket denim sebagai pelengkap gaya penampilan anda?. Supaya lebih mudah dalam memilih dan menentukan padupadannya kenali dulu yuk model jaket denim modern yang bisa anda kenakan untuk menyempurnakan outfit harian anda.

1. Jaket Denim Trucker

Jaket denim trucker menjadi salah satu bagian dari tiga tipe otentik jaket Levi’s sejak ditemukan pada tahun 1962. Dengan potongannya yang simple namun terkesan berkelas jaket ini menjadi pilihan yang sangat pas untuk dikenakan saat hangout.

  • Untuk ide padupadannya anda bisa mengenakan jaket denim trucker yang dikombinasikan dengan kaus santai bermotif garis, rok atau celana polos kesayangan kemudian tambahkan sepasang sepatu boots yang keren.
  • Kalau mau tampil lebih minimalis jaket denim tipe ini juga bisa anda pakai dengan kaos polos berwarna netral (hitam atau putih), rok atau celana polos kesayangan kemudian tambahkan sepasang sneakers.
  • Selain digunakan untuk menghalau udara sejuk malam hari, tentunya jaket denim trucker juga bisa memberi kesan dinamis nan keren. Lengkap dengan kancing dan lengannya yang panjang, anda bisa melepas atau memasang kancing untuk berbagai gaya yang ingin ditampilkan.

Jaket Denim

Sumber : https://www.denimio.com/

2. Jaket Denim Cropped

Tidak jauh berbeda dengan busana cropped lainnya,jaket denim yang satu ini secara umum memiliki bentuk yang sangat khas yakni berpotongan pendek dan jika dikenakan jatuhnya menggantung tepat di atas pusar alias mengekspos perut pemakainya.

  • Saat mengenakan jaket denim cropped sebisa mungkin hindari pemakaian outfit yang berdetail terlalu banyak dan berani seperti berbelahan dada rendah atau bagian punggungnya terbuka.
  • Kalau ingin terlihat lebih jenjang anda bisa mengenakan jaket denim cropped yang dipadukan bersama crop top dan high waisted cullotes.
  • Tidak hanya dikenakan oleh wanita yang tidak berhijab, jaket denim model cropped ini sebenarya juga sangat menarik untuk dikreasikan untuk hijab style.
  • Khusus untuk anda yang berhijab anda bisa mengenakan jaket denim cropped dengan dress yang loose dan ringan, misal dress bermotif kotak-kotak yang tidak terlalu formal namun juga tidak terlalu kasual.
  • Selain memakai dress, anda juga bisa memadukan jaket denim cropped dengan kaos panjang, celana kulot atau rok panjang.
  • Tapi kalau anda lebih suka tampil dengan gaya boyish, coba kombinasikan jaket denim cropped dengan outfit serba hitam.

Jaket Denim

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Jaket Denim Coat

Jaket denim coat yang memiliki potongan cukup panjang layaknya sebuah coat atau mantel bisa menjadi alternatif pilihan berikutnya untuk menyempurnakan gaya penampilan anda. Sama halnya dengan coat yang dipakai di musimdingin jaket ini juga bisa dipadukan dengan apapun.

  • Jaket denim dengan model coat yang kombinasikan dengan flowy dress, flat shoes dan hand bag akan membuat style anda terlihat elegan.
  • Tapi kalau anda tidak suka ribet maka cara amannya kenakan jaket denim coat sebagai statement outfit saat anda memakai kaos dan celana panjang.

Jaket Denim

Sumber : https://global.rakuten.com/

4. Jaket Denim Oversized

Jaket denim oversized termasuk ke dalam jenis pakaian yang memiliki potongan sangat longgar sehingga saat dikenakan cenderung kedodoran alias kebesaran sehingga punya lebih banyak ruang untuk sirkulasi udara.

  • Tidak seperti jaket denim model trucker yang lebih fit, siluet jaket denim oversized yang longgar ini menjadi pilihan bagi mereka yang mau terlihat sedikit santai dan cuek.
  • Untuk anda yang memiliki jaket denim oversized berwarna cerah, anda bisa memadukannya dengan style monokrom supaya terlihat lebih atraktif.
  • Tapi kalau anda lebih suka style simple, cukup padukan little black dress, sneakers dan sling bag dengan jaket denim oversized.

Jaket Denim

Sumber : https://www.amazon.com/

5. Jaket Denim Pastel

Bosan dengan jaket denim yang berwarna navy atau biru muda, kini saatnya mencoba jaket denim dengan permainan warna yang seru.

  • Buat anda para wanita yang mau tampil setingkat lebih anggun dan feminim, anda bisa memilih denim jaket berwarna pastel sebagai pemanis penampilan.
  • Jaket denim warna pastel kebanyakan menjadi pilihan favorit mahasiswa yang tidal mau ribet dan terlalu mencolok.
  • Kalau anda tetap ingin tampil keren saat pergi kuliah, jaket jeans berwarna pastel bisa menjadi padanan yang tepat.
  • Selain warnanya yang lembut dan cocok dipadukan dengan warna apa saja, jaket berbahan denim ini juga bisa diserasikan dengan berbagai koleksi kaos kesayangan anda.

Jaket Denim

Sumber : https://www.youvimi.com/

6. Jaket Denim Artsy

Jangan buang jaket lama anda, karena dengan sedikit sentuhan kreatif anda bisa menyulapnya menjadi sebuah pakaian tampak kekinian. Dengan menambahkan lukisan misalnya jaket denim yang dihasilkan bisa membuat gaya anda makin swag dan artsy.

  • Untuk membuat lukisan di atas jaket denim mula-mula siapkan terlebih dahulu peralatan standar seperti alat tulis, kuas dan cat kain.
  • Dengan menggunakan pensil buat pola hias pada jaket denim sesuai desain yang anda inginkan.
  • Setelah selesai selanjutnya sahabat Fitinline tinggal mewarnai jaket denim tersebut dengan menggunakan cat khusus untuk kain.
  • Tuangkan cat kain secukupnya pada wadah yang terbuat dari plastik.
  • Celupkan kuas ke dalam cat kain, kemudian aplikasikan cat kain tersebut pada jaket denim.  
  • Keringkan jaket denim denim yang sudah selesai dihias, dengan cara digantung dan diangin-anginkan ditempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung.
  • Jaket denim kreasi anda siap untuk digunakan.

Jaket Denim

Sumber : https://www.mimosabridal.com/

7. Jaket Denim Ripped

Jaket denim ripped yang terkesan tampak usang bisa menjadi pilihan yang keren untuk tampil gaya ala rock and roll. Caranya cukup padukan dengan band tee, black pants, chocker dan scarf sebagai gelang.

  • Jaket denim ripped sangat cocok digunakan untuk hampir semua aktivitas kecuali acara formal resmi.
  • Jaket denim yang ripped (sobek) membuat tampilan anda semakin kasual, mengarah ke street style.
  • Aksen ripped alias sobek yang terdapat pada jaket dapat memberikan kesan rebel yang keren.
  • Keberadaan detail sobek dan tidak rapi ini akan membuat penampilan anda jadi terlihat no basic saat mengenakannya.

Jaket Denim

Sumber : https://www.artisticbae.com/

Ingin punya jaket denim ripped tanpa harus mengeluarkan uang berlebih untuk membeli jaket denim yang baru?. Kalau mau cara yang lebih prakatis sahabat Fitinline bisa mencoba untuk memodifikasi jaket lama anda dengan cara berikut.

  • Mula-mula tandai bagian jaket yang ingin diberi efek ripped. Supaya lebih gampang pilih saja bagian jaket denim yang memang sudah berlubang.
  • Dengan menggunakan jarum, tarik serat kain denim yang mengarah vertikal hingga menyisakan serat jeans yang berbentuk horizontal.
  • Jika sahabat Fitinline mengalami kesulitan saat menarik serat kain denim, maka anda bisa menariknya dengan bantuan pinset.
  • Ulangi langkah-langkah tersebut untuk membuat efek ripped pada bagian jeans lainnya. Hasilnya akan diperoleh tampilan yang lebih fresh dan trendy.

8. Jaket Denim Vest

Jaket denim vest merupakan jenis jaket yang diperoleh dari pengembangan jaket denim klasik. Salah satu ciri paling menonjol yang membedakan jaket denim vest dengan model jaket denim yang lainnya yaitu jaket denim ini tidak memiliki lengan.

  • Jaket denim dengan model vest ini paling bisa diandalkan saat udara sedang panas.
  • Untuk mengenakan jaket denim vest anda bisa mengenakan kaos panjang maupun pendek sebagai dalamannya.
  • Tapi kalau anda merasa cukup percaya diri untuk memamerkan bagian lengan dan pundak cukup kenakan tanktop atau cropped top di bagian dalamnya.

Jaket Denim

Sumber : https://shopee.co.id/

9. Jaket Denim Patches

Mengenakan jaket denim berdetail patch kini bukan lagi menjadi hal yang memalukan. Buktinya belakangan ini banyak juga anak muda yang sengaja memodifikasi jaket denim mereka dengan menambahkan patch demi mendapatkan tampilan yang kekinian.

Jaket Denim

Sumber : https://www.houseofsofella.com/

Untuk menambal jaket denim dengan patch sendiri tidak diperlukan keahlian khusus dalam menjahit, karena hasil jahitannya pun juga tidak harus serapi jahitan tangan profesional. Bagi anda yang ingin mencoba menambal jaket denim dengan patch anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan jaket denim yang berlubang, lengkap dengan detail patch yang akan anda pakai untuk menutup lubang jaket denim.
  • Potong benang yang terdapat pada sobekan celana dengan menggunakan gunting yang tajam kemudian pasangkan detail patch yang sudah anda siapkan untuk menambal jaket denim pada bagian luar celana yang berlubang.
  • Jahit jaket denim beserta patch hingga menjadi lebih kuat.
  • Selesai menjahit patch pada bagian celana yang sobek anda bisa menyetrika bagian tersebut agar tampak lebih rapi dan rapat.

Jaket Denim

Sumber : https://www.zulily.com/

Selain menggunakan patch anda juga bisa menutupi bagian yang sobek dengan kain perca atau bahan denim lainnya lho.

  • Dalam mengaplikasikan kain perca pada jaket denim anda tidak perlu menempelkan banyak potongan bahan dengan warna dan motif yang terlalu ramai.
  • Cukup tambahkan beberapa aksen sederhana agar jaket denim yang anda miliki jadi makin seru dan menarik untuk dilihat.
  • Semakin berantakan jahitan yang anda buat justru akan semakin bagus hasil yang anda dapatkan.

Jaket Denim

Sumber : https://www.pinterest.at/

10. Jaket Denim Tanpa Kerah

Jaket denim tanpa kerah merupakan jenis jaket yang sifatnya timeless. Model jaket semacam ini juga bisa anda kenakan sebagai pelapis dalam ketika mengenakan coat panjang terutama ketika berada didaerah yang bermusim dingin.

Jaket Denim

Sumber : https://www.laredoute.com/

11. Jaket Denim Kerah Flanel

Jaket denim yang dilengkapi dengan kerah flanel akan memberi kesan country atau pedesaan. Jadi model jaket yang satu ini sangat cocok dipakai oleh anda yang ingin mencari penampilan tradisonal.

Jaket Denim

Sumber : https://www.pinterest.com/

12. Jaket Denim Asimetris

Jaket denim asimtris menjadi model jaket berikutnya yang belakangan banyak menghiasi panggung fashion. Sesuai dengan namanya, jaket ini secara umum memiliki desain yang cukup unik karena dibuat dalam potongan yang tidak simetis, tapi justru disitulah letak keindahannya.

  • Jaket denim wanita yang berpotongan asimetris termasuk ke dalam jenis model jaket yang sempat mencuri perhatian karena keunikannya.
  • Hanya sedikit brand yang mengeluarkan model jaket denim seperti ini jadi harganya terbilang agak mahal.

Jaket Denim

Sumber : https://www.lexception.com/

13. Jaket Denim Shearling

Jaket denim shearling merupakan tipe jaket denim yang memiliki tampilan cukup eksklusif karena dilengkapi detail berbulu halus pada bagian dalamnya. Saat musim dingin wajib bagi anda untuk menyiapkan jaket ini sebagai pakaian penghangat tubuh.

  • Jaket denim sheraling sangat cocok dikenakan saat udara sedang dingin.
  • Dengan menggabungkan kesan klasik an sisi fungsionalnya, bulu-bulu dibagian dalam jaket siap memberikan kehangatan ekstra.

Jaket Denim

Sumber : https://www.balenciaga.com/

14. Jaket Denim Kerah Bulu

Sama halnya dengan jaket denim shearling, jaket denim dengan kerah bulu ini juga sangat cocol dikenakan sebagai pakaian hangat yang keren dan trendy.

  • Jaket denim kerah bulu dapat dijadikan sebagai jaket penghangat tubuh bagi anda yang kerap bekerja di luar ruangan dengan cuaca tak bersahabat.
  • Tapi kalau anda bertempat tinggal di daerah tropis lebih baik hindari jaket ini jika tidak mau merasakan kepanasan.

Jaket Denim

Sumber : https://sg.zaful.com/

15. Jaket Denim Bordir

Tidak kalah menarik dari model jaket sebelumnya, jaket denim bordir juga bisa diandalkan untuk anda yang suka tampil berani dan beda. Sebagai referensi anda bisa memadukan jaket denim berdetail bordir dengan kaos polos dan rok panjang yang dentik dengan sentuhan Bohemian style.

Jaket Denim

Sumber : https://m.takeluckhome.com/

Berencana untuk membuat jaket denim sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa mendownload pola jaket denim yang paling umum dipakai untuk suasana kasual dari kami. Kalau butuh bahan kainnya anda bisa melihat-lihat koleksi kain denim kami Di Sini.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa referensi model jaket denim modern yang dapat kami rekomendasikan untuk pelengkap gaya penampilan anda. Kalau mau tahu lebih banyak tentang trend fashion yang sedang hits atau tips fashion lainnya yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.