Article

Homepage Article Desain Fesyen 14 Tips Menemukan Style…

14 Tips Menemukan Style Fashion Yang Tepat Sesuai Dengan Karakter Anda

Memiliki kecenderungan untuk menjadikan fashion sebagai prioritas terakhir bagi anda tapi hal ini justru membuat anda merasa kurang modis dan kurang percaya diri?. Buat anda yang ingin tampil beda simak dulu yuk pembahasan mengenai panduan menemukan gaya berpakaian yang tepat sebagai berikut.

Kenali Gaya Berpakaian Anda

Kunci paling penting yang harus anda pahami kalau mau tampil gaya setiap saat adalah kenali lebih dulu seperti apa style fashion yang anda sukai. Dengan menggunakan pakaian yang sesuai dengan gaya anda maka secara otomatis anda juga akan merasa nyaman ketika harus tampil dihadapan banyak orang.

  1. Usahakan untuk selalu menjadi diri sendiri dan ciptakan gaya berpakaian yang khas.
  2. Sebisa mungkin pilih pakaian yang sesuai dengan kepribadian anda karena apa yang terlihat bagus dipakai orang lain belum tentu bagus di badan anda.
  3. Jangan pernah memakai fashion item yang malah membuat anda tidak merasa seperti diri sendiri.

Style Fashion

Sumber : https://www.hellomagazine.com/

Temukan Sumber Inspirasi

Seperti halnya pada desainer papan atas yang selalu mencari inspirasi untuk rancangan busana terbarunya anda juga perlu mencari sumber inspirasi untuk menunjang gaya penampilan anda. Rajin-rajinlah membaca artikel, blog atau melihat majalah yang banyak membahas tentang style fashion. 

Style Fashion

Sumber : https://dune.es/

Pilih Pakaian Yang Anda Sukai

Sebisa mungkin pilih pakaian yang anda sukai dan saat anda mengenakannya anda merasa senang. Fashion item yang membuat anda senang secara tidak langsung akan memperlihatkan bagaimana style fashion anda sesungguhnya tanpa perlu membuat anda merasa canggung ketika tampil di depan orang lain.

Style Fashion

Sumber : https://www.mirror.co.uk/

Bentuk Sendiri Fashion Signature Anda

Setelah anda mengetahui bagaimana style fashion yang anda sukai dan ingin membuat personality kita lebih kuat anda bisa memilih signature yang bermacam-macam, mulai dari warna, aksesoris, ataupun fashion item andalan anda. Yang terpenting semua itu sesuai dengan style fashion anda.

Untuk mengidentifikasi gaya personal Anda dalam berbusana lakukan beberapa cara berikut.

  1. Kenali bentuk tubuh anda dan siluet yang mendukung bentuk tubuh anda tersebut. Jadi kalaupun anda tidak memiliki bentuk tubuh yang sempurna ini bukanlah sebuah hambatan.
  2. Temukan sesuatu yang menjadi andalan anda dengan cara membuka almari lebar-lebar atau bisa juga dengan melihat-lihat foto anda selama ini.
  3. Perhatikan pakaian-pakaian yang tidak membuat anda merasa senang, nyaman dan tidak menimbulkan rasa percaya diri kemudian sisihkan.
  4. Cobalah bereksperimen dengan berbagai warna untuk menemukan warna-warna yang tepat sesuai karakter anda.

Utamakan Kualitas Dibanding Kuantitas

Dalam hal memilih pakaian tentunya harga tidak selalu bisa dijadikan patokan soal kualitas. Mungkin benar bahwa semua baju yang harganya mahal pasti memiliki kualitas yang bagus, tapi disisi lain banyak juga baju yang murah tapi berkualitas bagus. Yang penting pastikan anda tahu kualitas barang yang anda beli.

Beli Pakaian Yang Mudah Dipadu Padankan

Untuk mendukung prinsip kesederhanaan dalam berbusana sebaiknya belilah pakaian yang mudah dipadupadankan. Beberapa contoh item fashion yang dimaksud diantaranya terdiri dari t-shirt polos, little black dress, kemeja putih, cardigan, hingga celana jeans dan item fashion basic lainnya.

1. T-Shirt

T-shirt berwarna putih, t-shirt hitam ataupun t-shirt bergaris merupakan item fashion legendaris yang bisa digunakan pada berbagai kesempatan casual. Selain nyaman cara pemakaiannya juga sangat praktis dan simple.

2. Little Black Dress

Gaun berpotongan simple yang diciptakan dalam warna basic ini memang sangat sesuai jika digunakan dalam berbagai macam suasana dan acara, baik itu berupa acara casual maupun acara yang bersifat formal sekalipun.

3. Kemeja Putih

Kemeja putih yang memiliki ciri khas berupa kerah dibagian lehernya menjadi item fashion berikutnya yang mudah untuk dipadupadankan. Kemeja putih ini sampai sekarang juga masih bisa dijadikan sebagai baju favorit lho.

4. Cardigan

Cardigan merupakan jenis pakaian yang sangat cocok bila digunakan pada saat cuaca dingin. Meskipun terlihat klasik, cardigan ini justru menjadi item fashion yang paling mudah untuk kombinasikan dengan busana model apapun.

5. Celana Jeans

Sebagai salah satu jenis item fashion yang sudah melegenda lantaran dapat digunakan kapan saja dan dimana saja celana jeans sangat sesuai jika dipadukan bersama item fashion lainnya, baik itu berupa t-shirt, kemeja, maupun cardigan.

Pilih Baju Yang Ukurannya Pas

Memilih baju yang ukurannya pas dan sesuai dengan bentuk badan sangat membantu anda untuk mendapatkan tampilan yang sempurna dalam berbagai kesempatan. Hindari memilih baju yang ukurannya terlalu longgar atau terlalu kekecilan di badan anda karena hal ini hanya akan merusak penampilan anda secara keseluruhan. 

Style Fashion

Sumber : https://www.amazon.com/

Kalau kebetulan anda kurang begitu suka membeli pakaian jadi, maka menjahit pakaian sendiri bisa menjadi pilihan terbaik yang anda coba. Beberapa contoh pola baju siap pakai yang bisa anda gunakan untuk membuat pakaian diantaranya:

Pola jaket parka merupakan pola jaket model parka yang biasanya dipakai jaket penghangat di daerah dingin.

Pola jaket denim merupakan pola jaket berbahan kain denim yang paling umum dipakai untuk suasana kasual.

Pola jaket bomber merupakan pola jaket model bomber yang biasanya dikenakan oleh para pilot pesawat perang tapi saat ini lebih banyak digunakan untuk bergaya di berbagai suasana.

Pola jaket varsity merupakan pola jaket varsity yang biasanya dikenakan oleh mahasiswa mahasiswa sebagai identitas kampus saat kegiatan perkuliahan.

Pola outer dan celana santai ini merupakan jenis pola baju yang dapat anda gunakan untuk membuat pakaian sehari-hari yang trendy.

Pola outer ala Raisa merupakan pola baju yang dapat anda jadikan elemen tambahan dalam satu look agar tempilan anda seketika menjadi lebih stylish.

Pola blus brokat ala Raisa merupakan pola baju bermodel longgar yang bisa anda pakai untuk membuat pakaian pesta atau kondangan.

Pola kaftan ala Dian Sastro merupakan pola baju berpotongan longgar dan panjang yang dilengkapi dengan aksen draperi pada bagian roknya.

Pola kaftan ala Sandra Dewi merupakan salah satu pola model pakaian berpotongan longgar dan panjang yang bisa anda pakai untuk membuat baju pesta maupun baju lebaran.

Pola gamis ala dian sastro merupakan pola yang dibuat dalam bentuk terusan panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki.

Pola baju koko ala Dude Harlino merupakan pola baju pria yang dapat anda gunakan untuk membuat baju lebaran, baju kerja, maupun baju sehari-hari.

Pola blus variasi ala Raisa merupakan pola baju bermodel longgar dengan variasi godet di bagian bawah yang bisa anda pakai untuk kesempatan casual maupun semi formal.

Pola blus cloud shoulder ala Momo Twice merupakan pola baju bermodel terbuka di bagian bahu yang memiliki tampilan sangat fashionable.

  • Contoh pola baju siap pakai yang lainnya bisa anda lihat Di Sini.

Khusus untuk anda yang sudah mendownload pola siap pakai namun masih membutuhkan sedikit penyesuaian, maka anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai Cara Mudah Mengubah Pola Baju Siap Pakai Agar Ukurannya Sesuai Model.

Perbaiki Siluet Pakaian

Memperbaiki siluet pakaian jadi dengan cara merombak model dan jahitannya juga menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ukuran baju yang pas dan sesuai dengan badan anda. Selain memberikan ilusi yang kebih menarik, cara ini juga mampu membuat pakaian murah jadi terlihat lebih mahal.

Prioritaskan Kesederhanaan

Untuk mendapatkan tampilan yang menarik jangan sampai anda mengesampingkan prinsip kesederhanaan dalam berbusana. Bila sekiranya koleksi pakaian anda ada yang rusak dan masih bisa diperbaiki anda bisa membawanya ke penjahit. Dengan demikian barang-barang tersebut bisa bertahan jauh lebih lama.

Luangkan Waktu Untuk Memilih Pakaian

Sesibuk apapun aktifitas anda, mulailah memikirkan gambaran baju yang akan anda kenakan kemudian luangkan waktu untuk menyiapkan pakaian yang hendak anda kenakan semalam sebelumnya. Dengan demikian anda tidak akan terburu-buru dan memiliki waktu untuk memilih pakaian.

Rotasi Isi Almari Pakaian Anda

Jangan lupa untuk merotasi isi almari pakaian anda secara berkala setidaknya satu minggu sekali. Cara paling mudah yang bisa dilakukan yaitu pindahkan pakaian yang terletak di tumpukan paling bawah ke bagian atas agar pakaian tersebut lebih mudah untuk dijangkau dan diambil saat diperlukan.

Selain menerapkan cara tersebut anda juga bisa mencoba trend menyederhanakan hidup yang dikenal dengan nama capsule wardrobe. Prinsip utama dari capsule wardrobe sendiri yaitu memaksimalkan sedikit pakaian untuk menghasilkan tampilan yang tetap modis dan stylish. 

  1. Keluarkan semua pakaian anda dari dalam almari kemudian pilih pakaian mana yang benar-benar masih ingin anda pakai dan mana yang tidak.
    • Kelompokkan pakaian dengan warna-warna yang senada supaya lebih mudah menemukan padu padannya.
    • Pilih pakaian dengan bentuk dan pola klasik seperti misalnya little black dress, basic shirt, basic t-shirt, jeans atau model pakaian lain yang simple.
    • Hindari memilih model baju terbaru atau trend pakaian yang hanya bertahan selama beberapa bulan saja.
  2. Usahakan untuk memilih warna dan motif pakaian yang tepat.
  3. Pilih pakaian dengan kualitas kain yang bagus agar pakaian yang anda miliki jadi lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.
  4. Untuk menimimalisir jumlah pakaian yang berlebih tentukan kira-kira gaya seperti apa yang membuat anda nyaman.
  5. Selanjutnya kategorikan pakaian tersebut ke dalam beberapa jenis, misal model baju untuk santai di rumah, pakaian pesta, hingga pakaian kerja.
  6. Tentukan pula pakaian mana yang akan anda jadikan sebagai pelengkap gaya favorit anda dengan cara memilah kembali pakaian anda berdasarkan warna, motif dan cuttingnya.
  7. Setelah menjalani waktu selama satu bulan usahakan untuk me-refresh atau mungkin mencoba mengganti pilihan gaya busana agar tampilan anda tidak terkesan monoton.

Modifikasi Pakaian Anda

Khusus untuk anda yang ingin senantiasa tampil gaya tapi merasa sayang kalau harus mengeluarkan uang untuk membeli pakaian baru maka anda bisa memodifikasi pakaian lama anda dan mengubah tampilannya menjadi lebih modern seperti model baju yang sedang trend untuk musim tertentu.

Buat anda yang ingin mencobanya berikut kami bagikan beberapa referensi ide refashion pakaian lama yang bisa anda coba.

1. DIY : Kreasi Kain Brokat Pada Baju Yang Kekecilan

Melakukan perubahan dengan cara menyambung pakaian yang kekecilan dengan bahan lain misalnya saja bahan brokat dapat dilakukan untuk mensiasati baju supaya kembali muat dengan tubuh anda.

2. DIY : Tutorial Membuat Side Stripe Pants Dari Celana Jeans Bekas

Side stripe pants merupakan model celana dengan aksen garis lurus yang kontras. Model celana seperti ini umumnya dapat digunakan untuk membuat tampilan anda makin sporty, casual dan chic.

3. DIY : Menghias Pakaian Lama Dengan Detail Patches

Menghias baju dengan patches menjadi salah satu cara paling praktis yang bisa dilakukan memperbaiki tampilan model baju lama. Dengan sentuhan pathces yang unik pasti pakaian lama yang anda miliki akan terlihat semakin menarik.

4. DIY : Kreasi Cold Shoulder Dari Dress Lama

Busana cold shoulder sangat identik dengan bahu terbuka. Kalau anda ingin memeiliki model baju seperti ini maka anda tinggal memodifikasi dress lama menjadi cold shoulder yang cantik.

5. DIY : Tutorial Memodifikasi Kaos Crew Neck Menjadi Kaos V Neck

Bosan memakai kaos oblong yang bentuknya biasa saja?. Untuk memperbaharui tampilannya anda bisa membuat kreasi kaos v-neck dari kaos crew neck lama anda.

6. DIY : Kreasi Kaos Ombre

Selain memodifikasi kaos crew neck menjadi V-neck anda juga dapat menambahkan corak gradasi pada kaos. Efek keren gradasi sendiri terletak pada perubahan warnanya.

Pilih Aksesoris Yang Tepat

Jangan hanya menggantungkan diri pada pakaian untuk mengubah penampilan jadi lebih modis. Sesekali kenakan aksesoris seperti kalung, gelang atau tas unik untuk mendukung gaya busana anda. Dengan begitu anda cukup mengubah satu elemen yakni aksesoris saja untuk tampil fashionable setiap harinya.

Style Fashion

Sumber : https://www.boutiquesandbrands.com/

Bagi anda yang selama ini masih sering menemukan kesulitan saat memilih kalung simak kembali pembahasan mengenai Tips Memilih Kalung Yang Tepat Sesuai Jenis Kerah Baju dan Bentuk Tubuh.

Perhatikan Sepatu Yang Anda Gunakan

Untuk mendapatkan tampilan yang sempurna sebaiknya sesuaikan sepatu yang anda kenakan dengan tema acara yang hendak anda hadiri. Sebab sekalipun anda sudah memilih baku dan aksesoris yang super keren semua akan jadi tidak berarti kalau anda salah memilih sepatu di momen tertentu.

Style Fashion

Sumber : http://fashionsimplify.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa tips menemukan style untuk tampil fashionable dalam setiap kesempatan yang dapat kami bagikan untuk anda. kalau sahabat fitinline mau tahu lebih banyak tentang tips dan trik seputar fahion yang tidk kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.