Article

Homepage Article Desain Fesyen 12 Tips Memilih Pakaian…

12 Tips Memilih Pakaian Olahraga Yang Tepat Untuk Wanita

Ingin mendapatkan badan yang bugar namun tetap bergaya dengan pakaian olahraga?. Khusus untuk anda para wanita yang tidak hanya mengutamakan kenyamanan dalam berbusana tapi juga peduli pada penampilan penting bagi anda untuk memperhatikan sejumlah komponen penting terkait pakaian olahraga.

Gunakan Sport Bra Yang Tepat

Ketika melakukan aktivitas olahraga penting bagi anda untuk menggunakan bra yang tepat yakni berupa sport bra demi menjaga keamanan dan kenyamanan saat berolahraga. Selain mendukung fleksibilitas, penggunaan sport bra juga memberikan perlindungan lebih pada payudara.

Beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam memilih sport bra diantaranya:

  1. Pilih sport bra yang bisa menutup seluruh bagian payudara dengan sempurna tanpa ada bagian yang menonjol atau mendesak berlebihan.
  2. Pastikan cup bra yang anda pilih memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran payudara dan tidak menonjol (kebesaran).
  3. Pilih bra yang bisa menyangga jaringan kedua payudara dengan benar dan menjaga letak payudara dengan baik.
  4. Sesuaikan sport bra yang dengan jenis olahraga.
    • Untuk aktifitas high impact seperti lari dan HIIT, kenakan high support bra yang lebih bisa menopang serta memisahkan kedua payudara dan memiliki tali bra yang lebar.
    • Untuk aktivitas medium impact seperti bersepeda dan olahraga di gym kenakan medium support bra. Model bra yang satu ini umumnya memiliki tali bra yang lebar dan cup yang tidak terpisah.
    • Untuk aktifitas low impact seperti yoga dan pillates, kenakan low support bra yang memiliki tali bra tipis serta bisa disesuaikan panjangnya, sehingga anda merasa lebih bebas.  

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.walmart.com

Gunakan Pakaian Khusus Olahraga

Sebaiknya hindari menggunakan pakaian yang biasa anda kenakan untuk tidur atau hangout saat berolahraga. Sebagai gantinya gunakan pakaian khusus yang memang ditujukan sebagai busana olahraga. Beberapa contoh item fashion yang bisa dipakai sebagai pakaian olahraga diantaranya: 

1. Sweatshirt

Sweatshirt merupakan pakaian yang awalnya didesain untuk membuat tubuh pemakainya berkeringat. Kalau anda gemar melakukan aktifitas lari, bersepeda ataupun joging maka anda bisa menjadikan sweatshirt ini sebagai item fashion andalan. 

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.patagonia.com/

2. Sweatpants

Berikutnya ada sweatpants, celana super nyaman yang biasa digunakan saat berolahraga. Ditinjau dari segi bentuk dan desain dasarnya, sweat pants sendiri secara umum mampu memberikan rasa nyaman saat dikenakan untuk beraktivitas. 

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.qoo10.sg/

3. Jogger Pants

Tidak jauh berbeda dengan sweatpants, jogger pants yang memiliki potongan cukup unik dan berbeda dari model celana lainnya juga sangat cocok dipakai untuk menemani aktifitas olahraga anda. 

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.uniqlo.com/

4. Legging

Celana legging merupakan salah satu jenis celana yang biasanya dipakai untuk melakukan aktifitas olahraga yang ringan seperti halnya senam, yoga dan juga joging.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.zalora.co.id/

5. Kaos Oblong

Kaos oblong menjadi salah satu item fashion legendaris yang bisa dengan mudah dipadupadankan dengan apapun baik itu sweatpants, jogger pants ataupun legging saat berolahraga. 

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.zerofux.in/

6. Setelan Baju Olahraga

Setelan baju olahraga termasuk ke dalam model pakaian two piece yang biasa dibuat dari bahan yang sama antara atas dan bawahnya. Untuk bagian atas dapat dibuat menyerupai bentuk kaos sementara untuk bawahnya bisa berupa celana.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://yusenknitting.en.made-in-china.com/

7. Windbreaker Jacket

Windbreaker jacket menjadi item fashion berikutnya yang sangat cocok jika dipakai untuk melindungi diri anda dari semilir angin dan gerimis saat beraktivitas ringan seperti jogging dipagi hari.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.amazon.com/

8. Hoodie Jumper

Hoodie jumper merupakan model pakaian hangat yang diperoleh dari penggabungan jumper dan juga hoodir (tudung bertali). Sama halnya dengan windbreaker jacket, hoodie jumper ini juga bisa anda pakai untuk joging.

    • Pilih model dan potongan hoodie yang sesuai dengan kebutuhan, dalam hal ini anda bebas memilih hoodie jumper dengan lengan raglan atau lengan biasa.
    • Sesuaikan ukuran hoodie jumper dengan ukuran badan anda.
    • Untuk alasan kenyamanan pilih bahan hoodie yang berkualitas seperti bahan cotton fleece.
    • Dalam memilih hoodie jumper sesuaikan warnanya dengan dengan warna kulit.
      • Warna kulit gelap sangat cocok jika menggunakan warna hoodie jumper yang lebih cerah.
      • Sebaliknya jika warna kulit cerah disarankan untuk mengggunakan warna hoodir jumper yang lebih gelap.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Lebih tertarik untuk membuat hoodie sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload pola hoodie jumper untuk wanita dari kami. 

9. Burkuni dan Unitards

Unitards merupakan sebutan pakaian pas badan yang didesain untuk menutupi bagian tubuh, tangan hingga kaki saat melakukan aktifitas olahraga di lingkungan perairan seperti misalnya renang. Dalam pemakaiannya unitards ini biasa dipasangkan dengan burkuni.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://id.pinterest.com/

Pilih Warna Yang Tepat

Terkait pemilihan warna pakaian saat berolahraga sebenarnya tidak ada ketentuan khusus yang mengaturnya. Kendati demikian memilih warna pakaian yang sesuai dengan olahraga yang akan dilakukan faktanya dapat meningkatkan mood dan semangat seseorang.

  1. Memilih pakaian olahraga dengan warna kesukaan menjadi salah satu hal yang dapat anda pertimbangkan. Namun tetap pastikan jenis kain dan ukuran sesuai dengan olahraga yang akan dilakukan.
  2. Untuk memaksimalkan penampilan pilih celana olahraga yang berwarna gelap, kemudian kombinasikan dengan busana penutup tubuh bagian atas yang berwarna cerah agar bagian paha dan pantat anda tidak terlihat besar.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.womenscentrecalgary.org/

Pilih Ukuran Yang Pas

Usahakan untuk selalu memilih baju olahraga yang pas dan sesuai dengan ukuran badan anda, dalam artian tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar karena menggunakan pakaian yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh akan sangat mengganggu. 

  1. Ukuran baju yang terlalu ketat akan membuat anda kesulitan bergerak, sebaliknya potongan yang terlalu longgar dapat mengganggu konsentrasi saat beraktivitas.
  2. Penggunaan celana olahraga yang terlalu kecil juga tidak disarankan karena akan membuat selangkangan sakit dan membuat anda tidak bebas saat bergerak.
  3. Untuk mendapatkan pakaian yang pas pilihlah kaos olahraga atau pakaian olahraga yang tidak terlalu longgar pun tidak terlalu ketat saat dikenakan.

Pilih Yang Menyerap Keringat

Untuk alasan kenyamanan  pilihlah baju yang memiliki daya serap keringat cukup baik tetapi tidak membuat basah dan berat saat digunakan. Penggunaan pakaian olahraga yang tidak menyerap keringat dikhawatirkan dapat menimbulkan gangguan kulit dan membuat pori-pori tidak dapat bernafas dengan baik.

  1. Dengan memakai pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik dan bisa kering dengan cepat maka anda akan terhindar dari bahaya masuk angin.
  2. Selain itu kemungkinan munculnya bau badan yang bisa dipicu akibat keringat berlebih juga bisa diminimalisir semaksimal mungkin.

Periksa Dengan Baik Jenis Kainnya

Untuk setiap kegiatan yang berbeda, pasti dibutuhkan pula pakaian yang berbeda untuk menunjangkegiatan olahraga anda. Jadi saat berolahraga, usahakanlah untuk memilih jenis kain yang tepat agar keringat bisa menguap dengan cepat sehingga tubuh tetap sejuk meski melakukan aktifitas berat sekalipun.

Khusus untuk anda yang kebetulan sedang mencari bahan kain yang bagus untuk membuat kaos olahraga atau jenis pakaian olahraga yang lainnya berikut kami bagikan beberapa rekomendasi jenis kain yang bisa anda pakai.

1. Kain Lotto

Kain lotto merupakan sejenis bahan kain bertekstur lembut dan halus yang memiliki tingkat ketebalan seperti bahan cotton. Bahan kain ini sering dipakai sebagai bahan pembuatan kaos atau baju  olahraga maupun celana training.

2. Kain Paragon

Kain paragon merupakan sejenis bahan kaos dari keluarga polyester yang biasa digunakan sebagai baju olahraga. Karakteristik bahannya sendiri terbilang sedikit tebal dan fleksibel jika digunakan.

3. Kain Wafer

Sesuai dengan namanya kain wafer dapat dideskripsikan sebagai salah satu jenis kain yang memiliki pola berbentuk wajik pada bagian permukaannya. Bahan kain ini biasa digunakan sebagai seragam bola atau futsal.

4. Kain Adidas

Kain adidas yang memiliki karakteristik sedikit tebal, halus di permukaan depan dan bagian dalamnya tidak berbulu biasa gunakan untuk membuat sweater, jaket dan pakaian olahraga yang bertajuk sporty.

5. Kain Hyget

Kain hyget merupakan sejenis bahan kaos yang dibuat dari campuran polyester dan cotton tetapi lebih tipis. Bahan hyget terbaik yang banyak digunakan untuk membuat kaos-kaos olahraga yaitu berupa hyget serena.

6. Kain Diadora

Kain diadora yang biasa digunakan sebagai pakaian olahraga, memiliki sifat bahan yang mengkilap ketika terkena sinar matahari sehingga menimbulkan kesan mewah meskipun harganya tidak terlalu mahal.

7. Kain Spandek

Kain spandek yang bertekstur licin, ringan, sangat lentur, dan mengkilat sangat sesuai jika digunakan sebagai bahan utama pembuatan baju olahraga renang, aerobic, yoga dan celana balap sepeda.

8. Kain Dri Fit

Kain dri fit merupakan bahan kaos olahraga yang terbuat dari campuran polyester, spandex dan nilon. Seperti kebanyakan bahan lain kain dri fit ini secara umum memiliki sifat lentur dan padat.

9. Kain Benzema

Kain benzema merupakan jenis kain yang mempunyai pori-pori berbentuk diagonal segi enam. Kain ini termasuk ke dalam salah satu jenis varian dry fit, yang membedakan adalah bentuk seratnya.

10. Kain Parasut

Kain parasut merupakan salah satu kain yang memiliki banyak warna dan tekstur. Selain digunakan sebagai bahan pembuatan jaket, kain parasut juga bisa digunakan untuk membuat celana lapangan dan celana olahraga.

11. Kain Serena

Kain serena merupakan bahan kaos olahraga yang dibuat dari sedikit campuran nilon, serena juga memiliki stretch yang tinggi dan mudah dalam pencucian dengan atau tanpa perawatan khusus.

Kalau anda ingin langsung membeli bahan kainnya maka anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain kami Di Sini.

Kenakan Pakaian Yang Berpori

Biasakan memilih pakaian olahraga yang terbuat dari bahan kain berpori untuk membantu pendinginan tubuh ketika anda memulai aktivitas olahraga. Kalau mau aman hindari penggunaan baju berbahan karet atau plastik karena tidak memiliki fungsi untuk menyerap keringat dan panas.

  1. Jangan pernah berpikir untuk menggunakan baju olahraga dengan pori-pori kecil atau bahkan yang tidak memiliki pori-pori seperti karet dan plastik.
  2. Jika anda memaksakan diri memakai pakaian seperti ini yang ada keringat pada tubuh anda akan sulit menguap dan suhu tubuh akan cenderung tinggi selama berolahraga.

Sesuaikan Outfit Dengan Cuaca

Saat melakukan aktivitas olahraga disiang hari (outdoor) sebaiknya hindari penggunaan outfit yang berwarna serba gelap karena warna gelap cenderung menyerap panas sinar matahari. Sebaliknya bila anda berolahraga di tempat yang bercuaca dingin seperti pegunungan, maka anda bisa menggunakan baju yang hangat.

  1. Untuk berolahraga di saat musim dingin, maka pilihlah pakaian yang tidak terlalu tipis sehingga dapat menjaga tubuh tetap hangat.
  2. Tapi kalau keadaan di luar sedang musim panas, sebaiknya pilihlah pakaian yang tidak terlalu ketat di badan anda sehingga kulit dapat tetap bernapas dengan baik.

Sesuaikan Pakaian Dengan Jenis Olahraga

Biasakan untuk memilih pakaian yang sesuai dengan aktifitas olahraga anda. Hal ini penting untuk dilakukan agar anda tetap merasa nyaman saat melakukan kegiatan yang membuatuhkan banyak pergerakan sekalipun. 

  1. Saat anda ingin melakukan aktifitas  bersepeda, hindarilah mengenakan celana yang panjang dan terlalu longgar agar tidak tersangkut pada pedal.
  2. Sementara untuk kegiatan yang membutuhkan banyak gerakan seperti aerobik, pilihlah pakaian yang dapat membuat anda bergerak lebih leluasa.
  3. Untuk anda yang berhijab sebaiknya pilih hijab yang simple dan mudah untuk dikenakan.
  4. Kalau anda ingin melakukan aktifitas renang dengan pakaian yang tertutup anda bisa memakai burkuni dan unitards.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://bikmo.com/

Kenakan Sepatu dan Kaos Kaki

Untuk menunjang aktivitas olahraga anda selalu gunakan sepatu dan kaos kaki agar kaki anda terlindung dari kemungkinan cidera dan tidak mudah terpeleset saat berjalan, berlari, atau melakukan pergerakan kaki yang lain.

  1. Kenakan kaos kaki berbahan campuran katun (cotton-poly) dan sepatu yang memiliki permukaan kasar pada bagian alasnya.
  2. Jangan menggunakan kaos kaki yang terlalu panjang hingga menutupi mata kaki saat berolahraga di pusat kebugaran.

Pakaian Olahraga

Sumber : http://www.oropileisureresort.co.nz/

Gunakan Ikat Rambut

Khusus untuk anda yang memiliki rambut panjang sebaiknya ikatlah rambut anda agar tidak mengganggu aktifitas olahraga, tapi ingat jangan menggunakan ikat rambut yang berlebihan. Gunakan saja ikat rambut biasa atau bando elastis untuk menjaga rambut anda agar tetap rapi dan tidak jatuh ke wajah.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://favorjewelry.com/

Gunakan Hijab Yang Simple

Khusus untuk anda wanita muslim yang menggunakan hijab, dianjurkan untuk menggunakan hijab dengan model yang sederhana dan minim penggunaan jarum. Pastikan pula pemilihan bahan jilbab dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak licin, agar aktifitas olahraga anda tidak terganggu.

  1. Kalau anda termasuk orang yang suka memakai pashmina anda bisa mengenakan hijab yang satu ini kala berolahraga. Hal terpenting yang harus diingat adalah pastikan bahan pashminanya ringan dan menyerap keringat.
  2. Kenakan hijab sport yang memang didesain khusus untuk keleluasaan gerak tubuh secara optimal dan menawarkan fleksibelitas lain seperti menyerap keringat, bahan yang stretchable dan ringan.
  3. Untuk menemani momen olahraga anda bisa memakai hijab instan. Meski tidak sefleksibel dari hijab sport yang memang diperuntuhkan khusus untuk olahraga hijab ini bisa jadi pilihan cepat dan praktis untuk berolahraga.
  4. Selain model hijab di atas ada lagi jenis hijab yang tidak kalah nyaman untuk berolahraga yakni hijab segi empat polos yang simpel.
  5. Pilihan terakhir anda juga bisa mencoba menggunakan turban yang super praktis. Untuk menutup area leher yang terbuka anda bisa menambahkan inner hijab yang menyerap keringat.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai panduan memilih pakaian olahraga untuk anda para wanita yang sangat mudah diterapkan dalam gaya sehari-hari. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik seputar fashion yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.