Article

Homepage Article Fashion Design 10 Tips Merawat Undershirt…

10 Tips Merawat Undershirt / Kaos Dalam Agar Tidak Mudah Rusak

Sering dibuat kesal lantaran undershirt yang baru anda beli dan beberapa kali anda pakai sudah melar, berubah wara atau bahkan rusak di beberapa bagian. Selain dipengaruhi oleh kualitas bahan undershirt, hal tersebut juga dapat disebabkan oleh cara perawatannya yang salah lho. Untuk mengantisipasinya simak tips berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Undershirt

Undershirt / kaos dalam merupakan sejenis pakaian tambahan yang biasa dikenakan di balik pakaian lain seperti halnya kemeja ataupun blus. Fungsi utamanya yaitu melindungi kulit agar tidak gatal dan lebih nyaman ketika mengenakan pakaian yang kaku, menyerap keringat berlebih serta menyimpan panas tubuh dingin.

Kaos Dalam

Sumber : https://www.esquire.com/

Berbicara mengenai undershirt/ kaos dalam secara umum pakaian tambahan yang diciptakan untuk pria dan wanita tentu saja memiliki banyak perbedaan.

  • Undershirt untuk pria banyak diciptakan dalam model sleveless, undershirt model o-neck dan undershirt model v-neck.
  • Sementara untuk wanita pilihan modelnya jauh lebih bervariasi. Beberapa ada yang diciptakan dalam model tanktop, halterneck top, crop top dan masih banyak lagi.

Kaos Dalam

Sumber : https://www.target.com/

Selain pilihan modelnya cukup beragam bahan untuk undershirt inipun juga berbeda dari bahan pakaian lain. Dengan karakteristik bahannya yang jauh berbeda, pastinya undershirt ini juga membutuhkan perawatan yang lebih agar tetap awet dan tidak mudah ruak meski dipakai dalam waktu lama.

Tips Merawat Undershirt

Mau tahu apa saja hal yang harus diperhatikan dalam merawat undershirt / kaos dalam. Untuk memastikan agar undershirt yang anda miliki tetap awet dan terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan mungkin anda bisa menerapkan beberapa tips berikut.

1. Segera Cuci Setelah Dipakai

Segera cuci pakaian dalam tiap kali anda selesai menggunakannya agar undershirt yang anda miliki tidak menjadi sarang bakteri dan memicu tumbuhnya jamur.

  • Kaos dalam yang dibiarkan menumpuk dalam keadaan kotor berpotensi menjadi sarang pertumbuhan bakteri.
  • Noda yang menempel pastinya juga akan lebih sulit dibersihkan jika didiamkan selama berhari-hari.

2. Pisahkan Dari Cucian Lain

Berikutnya pisahkan undershirt / pakaian dalam dengan jenis pakaian yang lain sebelum dicuci agar terbebas dari kontaminasi kotoran dan kuman yang ada di pakaian lain serta terhindar dari bahaya luntur dari pakaian lain.

Jika diperlukan pisahkan juga antara undershirt yang berwarna putih dengan warna lain untuk menghindari adanya undershirt putih yang terkena luntur.

3. Cek Label Perawatan

Cek label petunjuk perawatan pada pakaian dalam untuk mengetahui seperti apa cara perawatan yang paling tepat untuk kaos dalam yang anda miliki. Panduan pada label petunjuk perawatan ini akan memberi jaminan bahwa undershirt akan tetap terjaga meski dicuci berulang kali.

4. Cuci Dengan Tangan

Jangan terlalu sering mencuci pakaian dalam dengan mesin cuci karena hal ini hanya akan merusak bentuk dan bahan pakaian dalam. Lebih baik cuci pakaian dalam secara manual dengan menggunakan tangan agar bentuknya tetap bagus.

Jika terpaksa anda  memakai mesin cuci gunakan kantung cuci khusus pakaian dalam untuk melindunginya agar tidak mudah rusak. Selain itu atur juga kecepatan mesin cuci pada putaran ringan agar tidak terlalu kasar untuk pakaian dalam.

5. Hindari Penggunaan Pemutih

Untuk mencuci undershirt sebisa mungkin jangan gunakan pemutih pakaian terutama jika undershirt yang anda cuci merupakan undershirt yang berwarna.

  • Penggunaan pemutih yang kurang tepat akan membuat warna pakaian jadi mudah luntur dan pudar.
  • Pada pakaian dalam yang berlabel antibakteria, bahan aktif pemutih tersebut justru dapat menghilangkan daya kerja zat antibakterinya.

Sekalipun kaos dalam yang anda miliki dominan berwarna putih sebaiknya cuci dengan sabun biasa, jangan memakai bahan pemutih.

6. Jangan Rendam Terlalu Lama

Hindari kebiasaan merendam undershirt / kaos dalam terlalu lama karena hal ini berpotensi besar merusak serat bahan dan bentuk asli pakaian dalam. Sebelum dicuci sebaiknya cukup rendam pakaian dalam selama lima menit.

7. Jangan Disikat Jika Tidak Perlu

Hindari menyikat undershirt / pakaian dalam jika tidak ada noda yang membandel karena cara tersebut hanya akan membuat tekstur pakaian dalam jadi cepat rusak dan longgar. Untuk menghapus noda pada undershirt usapkan sedikit detergen cair di atas noda lalu kucek lembut dengan sedikit air.

8. Peras Dengan Gerakan Lembut

Untuk membuang kelebihan air yang terkandung pada undershirt / kaos dalam hindari gerakan memelintir ketika memerasnya. Sebagai gantinya peras undershirt dengan gerakan lembut untuk mencegahnya agar tidak berubah bentuk.

9. Mengeringkan Undershirt

Untuk mengeringkan undershirt lebih baik jemur kaos dalam ini di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

  • Sebisa mungkin hindari penggunaaan mesin pengering agar undershirt yang anda miliki tetap awet.
  • Agar warnanya tidak mudah pudar jemur undershirt dalam keadaan terbalik, bagian dalamnya di luar sementara bagian luarnya di dalam.

Untuk menjaga bentuk undershirt, menggantungnya secara langsung di jemuran juga jauh lebih baik daripada membentangkannya menyelubungi hanger baju.

10. Menyetrika Undershirt

Untuk merapikan undershirt / kaos dalam yang sedikit kusut gunakan setrika dengan suhu rendah. Kalau mau aman anda bisa juga melapisi permukaan undershirt dengan selembar kain untuk meminimalisir kontak dengan setrika.

  • Pastikan anda menyetrika undershirt / pakaian dalam yang benar-benar kering.
  • Selain itu atur suhu setrika sesuai dengan bahannya agar tak mudah pudar dan rusak.

Setelah disetrika simpan undershirt / kaos dalam di tempat yang bersih dan kering seperti di laci atau dalam wadah khusus pakaian dalam.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana yang dapat kami bagikan untuk merawat udershirt / kaos dalam kesayangan anda. Biar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya, pastikan anda selalu rutin untuk merawat undershirt yang anda miliki dengan cara yang baik dan benar ya.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat kaos?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat koleksi Bahan Kaos yang kami miliki.

Simak juga pembahasan mengenai 8 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kaos Dalam Pria kalau anda tidak ingin salah dalam memilih undershirt / kaos dalam pria.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.