Article

Homepage Article Fashion Design 5 Tips Memilih dan Memadupadankan…

5 Tips Memilih dan Memadupadankan Kaos Oversized

Kaos oversized yang diciptakan dalam potongan super longgar, belakangan memang sedang trend di kalangan anak muda. Buat anda yang mau tampil secara totalitas dengan kaos oversized tapi masih bingung harus memilih dan menentukan padupadannya mungkin anda bisa mencoba beberapa trik sederhana sebagai berikut.

Definisi Kaos Oversized

Kaos oversized dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis item fashion yang memiliki ciri sangat khas yakni cuttingannya terlihat agak kebesaran alias longgar. Sementara jika dilihat dari desain dan tampilannya kaos oversized ini sebenarnya tidaklah jauh beda dengan kaos oblong yang didesain tanpa kancing, kerah ataupun saku.

Kaos Oversized

Sumber : https://www.yesstyle.com/

Beberapa kelebihan dari kaos oversized yang juga menjadi alasan mengapa anda harus mencobanya sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Kaos oversized termasuk ke dalam salah satu item fashion pilihan paling cocok diandalkan untuk meminimalisir rasa gerah apalagi ketika cuaca terasa panas.
  • Kaos oversized bisa dipakai untuk menyembunyikan bentuk atau lekukan tubuh yang kurang ideal.
  • Kaos oversized yang dibuat dalam ukuran longgar cenderung lebih nyaman dipakai dan dari segi kesehatan pun juga jauh lebih bagus dibandingkan dengan kaos ketat.
  • Kaos oversized memiliki tampilan yang lebih modern dan bisa dengan mudah dipadukan ke dalam berbagai macam gaya, baik itu gaya casual maupun gaya semi formal.
  • Kaos oversized lebih mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai macam item fashion kekinian. Dengan begitu anda bisa memiliki lebih banyak pilihan gaya untuk pakaian sehari-hari.

Tips Memakai Kaos Oversized

Tertarik untuk menjadikan kaos oversized sebagai baju andalan anda saat hangout atau sekedar bersantai di rumah. Untuk memaksimalkan gaya penampilan anda berikut kami bagikan beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan ketika ingin memakai kaos oversized.

1. Pilih Ukuran Yang Tepat

Selalu pilih kaos oversized yang ukurannya yang tidak terlalu jauh dari ukuran kaos standar yang biasa anda gunakan. Jangan hanya karena ingin terlihat keren lantas anda memaksakan diri untuk memilih kaos secara asal karena hal ini justru akan membuat tampilan anda jadi kurang menarik.

  • Kunci paling penting yang harus anda ingat dalam memilih kaos oversized yaitu pilih kaos yang ukurannya satu nomor lebih besar dari ukuran tubuh.
  • Hindari memilih kaos yang berukuran dua atau tiga kali lebih besar karena hal ini justru akan membuat tubuh anda terlihat gemuk dan pendek.

Kaos Oversized

Sumber : https://www.yesstyle.com/

2. Pilih Model Yang Sesuai

Tidak peduli seberapa indah bentuk tubuh anda sebaiknya selalu pilih model kaos oversized yang memiliki lekukan cukup jelas sehingga bisa menarik perhatian. Jika anda ingin membeli kaos secara online lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui model dan ukuran yang tersedia pada setiap brand kaos yang ada.

Kaos Oversized

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Tertarik untuk membuat kaos oversized sendiri di rumah?. Sebagai bahan referensi anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai DIY : Kreasi Kaos Oversized yang mudah untuk anda ikuti.

3. Pilih Bahan Yang Nyaman

Sama halnya dengan item fashion pria dan wanita lainnya, tingkat kenyamanan dari kaos oversized pada prinsipnya juga sangat dipengaruhi oleh bahan kain yang digunakan untuk membuatnya. Maka dari itu pemilihan bahan untuk kaos oversized pun tidak boleh asal.

  • Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana menggunakan kaos oversized yang dibuat dari kain cotton combed merupakan pilihan yang tepat.
  • Selain ketersediaannya di pasaran cukup banyak bahan cotton combed ini juga dikenal sebagai bahan kaos favorit bagi kebanyakan produsen kaos.

Kaos Oversized

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Kain cotton combed sendiri dikenal sebagai salah satu jenis kain yang sangat halus karena diproduksi dengan finishing disisir (combed). Dimana bahan dasar yang digunakan untuk membuat kain cotton combed sendiri yaitu berupa serat kapas alami.

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan kain cotton coombed dengan jenis bahan kaos lainnya yaitu:

  • Tekstur kainnya cenderung lembut dan halus.
  • Bersifat kuat dan tidak mudah sobek.
  • Tidak menyusut apabila dicuci.
  • Tidak luntur untuk bahan berwarna.
  • Bahannya mudah untuk disablon.
  • Tampilannya halus dan tidak berbulu.
  • Mudah menyerap keringat, tidak panas, dan terasa nyaman saat dikenakan.

Sebagai bahan dasar pembuatan kaos yang berkualitas tinggi, kain cotton combed sendiri pada dasarnya dapat dijumpai dalam berbagai ragam jenis dan varian yang dibedakan berdasarkan tingkat ketebalan bahannya. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa cotton combed 20s, 24s, 30s dan 40s.

Penggunaan huruf “s” tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan jenis rajutan untuk bahan kaos yaitu berupa rajutan jarum tunggal. Sementara angka 20, 24, 30 dan 40 menunjukkan tipe benang yang digunakan pada proses perajutan menjadi bahan kain.

  • Semakin kecil angka yang terdapat pada bagian depan huruf “s” itu berarti semakin tebal bahan kainnya.
  • Sebaliknya semakin besar angka yang terdapat pada bagian depan huruf “s” maka tekstur kainnya akan semakin tipis.
  • Cotton Combed 20s

Cotton combed 20s merupakan bahan kain yang terbuat dari benang berukuran 20. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 180 sampai dengan 220 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Beberapa variasi bahan cotton combed 20s yang bisa dipakai untuk membuat kaos oversized yaitu:

  • Cotton Combed 24s

Cotton combed 24s merupakan bahan kain yang terbuat dari benang berukuran 24. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 170 sampai dengan 210 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Beberapa variasi bahan cotton combed 24s yang bisa dipakai untuk membuat kaos oversized yaitu:

  • Cotton Combed 30s

Cotton combed 30s terbuat dari benang berukuran 30. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 140 sampai dengan 160 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Beberapa variasi bahan cotton combed 30s yang bisa dipakai untuk membuat kaos oversized yaitu:

  • Cotton Combed 40s

Cotton combed 40s merupakan bahan kain yang terbuat dari benang berukuran 40. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 110 sampai dengan 120 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.

Pembahasan lengkap mengenai 4 Jenis Ukuran Benang Untuk Bahan Kaos dan Gramasi Kain dapat anda lihat kembali pada artikel Fitinline terdahulu.

4. Pilih Yang Jahitannya Rapi

Utamakan untuk memilih kaos yang berkualitas terutama dari segi jahitannya. Kaos oversized yang dijahit dengan halus dan rapi umumnya memiliki sambungan yang kuat dan tidak mudah rusak dibandingkan dengan kaos yang dijahit secara asal.

Beberapa kriteria yang menjadi faktor penentu dari kualitas kaos oversized terkait dengan jahitan yang digunakan diantaranya:

  • Jahitan kaos oversized yang baik tentunya harus rapi, tidak terputus dan kuat.
    • Jarak antar jahitan satu dengan jahitan lainnya tampak sama dan konstan.
    • Ketika ditarik jahitannya tidak akan merenggang.
  • Sambungan antar jahitannya pun akurat dan sangat rapi, misalnya pertemuan jahitan pada bagian ketiak.
  • Kaos yang berkualitas baik umumnya memiliki jahitan obras yang rapat dan rapi.
  • Semakin rapat jahitan obrasnya maka semakin tahan lama kaos untuk dipakai.
  • Semakin rapat jahitan obrasnya maka kaos tersebut juga akan semakin kuat.
  • Terdapat jahitan rantai pada bagian pundak kiri, belakang leher dan bagian pundak kanan.
  • Pada bagian rib leher menggunakan bahan terbaik dan disambung menggunakan jahitan bis yang rapi dan teliti sehingga kaos lebih nyaman dipakai.
  • Jahitan kaos yang bagus bisa ditandai dengan tidak adanya sisa benang pada ujung jahitan, jika tidak dibersihkan biasanya sisa benang akan terurai dengan bebas.

5. Seimbangkan Dengan Item Lain

Khusus untuk anda yang ingin tampil lebih stylish dengan kaos oversized, cobalah untuk memadupadankannya dengan beberapa outfit lain yang berpotongan basic. Beberapa item fashion yang dimaksud antara lain berupa celana jeans, hotpants, sweater, rok mini, rok plisket dan berbagai macam pakaian lainnya.

  • Kaos Oversized dan Jeans

Kombinasi paling simple yang bisa anda coba jika ingin tampil gaya dengan menggunakan kaos oversized yaitu anda bisa memadupadankannya dengan celana jeans. Dalam hal ini model celana jeans yang bisa anda pilih yakni berupa straight leg jeans maupun skinny jeans.

  • Straight Leg Jeans

Straight leg jeans merupakan model celana jeans yang berpotongan lurus alias memiliki lebar yang sama mulai dari bagian pinggang ke bawah (tumit), sehingga akan membentuk paha dan juga kaki menjadi lebih ramping.

  • Skinny Jeans

Skinny jeans merupakan model celana yang memiliki potongan sangat ketat dari bagian pinggang sampai ujung celana. Beberapa desainer biasa memanfaatkan bahan kain yang bersifat stretch untuk membuat skinny jeans karena alasan kenyamanan.

Ingin membuat celana skinny jeans sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Celana Wanita Skinny siap pakai dari kami. Untuk bahan kainnya anda bisa menggunakan Kain Denim Kode 688.

Kaos Oversized

Sumber : https://shopee.com.my/

  • Kaos Oversized dan Celana Jogger

Selain dikenakan dengan celana jeans, kaos oversized sebenarnya bisa juga dipadukan dengan celana jogger yang berukuran panjang.

  • Celana jogger memiliki bentuk yang sangat khas yakni bersiluet ramping pada bagian pergelangan kaki dan dijahit menggunakan karet.
  • Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari anda bisa mengenakan celana jogger yang dipadukan dengan sneakers untuk memberikan sentuhan sporty.
  • Kaos Oversized dan Sweater

Kalau anda ingin mengenakan kaos oversized sebagai outfit saat ke kampus anda bisa juga memadupadankannya dengan celana jogger dan sweater yang berwarna kalem.

  • Kaos Oversized dan Belt

Kaos oversized bisa juga disulap menjadi T-shirt dress yang cute. Untuk memberikan efek lebih ramping dan lebih ifeminim tinggal tambahkan saja belt yang sesuai dengan postur tubuh.

Kaos Oversized

Sumber : https://www.dhgate.com/

  • Kaos Oversized dan Jaket

Selain dikenakan seperti gaya sebelumnya, kaos oversized yang dipakai seperti layaknya baju terusan sebenarnya bisa juga dipadukan dengan berbagai jenis jaket seperti halnya jaket denim maupun jaket kulit.

  • Jaket Denim

Jaket denim merupakan sebuah jaket berbahan kain denim yang memiliki karakteristik cukup kokoh dan kuat. Nama denim sendiri awalnya disebut Serge de Nimes kemudian dipersingkat menjadi denim “de Nims” yang artinya from Nimes.

  • Jaket Kulit

Jaket kulit wanita termasuk ke dalam salah satu jenis busana tubuh bagian luar (outer) yang terbuat dari material kulit. Bahan yang dipakai untuk jaket ini bisa berupa kulit sintetis atau kulit hewan asli (genuine leather).

Ingin membuat jaket denim dan jaket kulit sendiri untuk keperluan pribadi maupun diijual kembali?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Denim dan Pola Jaket Kulit siap pakai dari kami.

  • Kaos Oversized dan Rok Mini

Mengenakan kaos oversized dan rok mini yang panjangnya hanya sampai pertengahan paha atau 10 cm di atas lutut bisa menjadi alternatif pilihan paling tepat yang bisa anda coba jika ingin mendapatkan tampilan yang lebih girly.

Kaos Oversized

Sumber : https://en.mixxmix.com/

  • Kaos Oversized dan Hot Pants

Kalau sahabat Fitinline cenderung menyukai tampilan yang unik, padukan aja kaos oversized dengan hot pants yang sangat pendek. Selain padupadannya sangat mudah, dengan style ini pasti tubuh anda akan terlihat lebih jenjang dari aslinya.

Kaos Oversized

Sumber : https://www.yesstyle.com/

  • Kaos Oversized dan Rok Plisket

Sebagai alternatif lainnya untuk gaya feminim, anda bisa mencoba untuk memadukan kaos oversized yang berpotongan cukup longgar bersama dengan rok plisket yang memiliki banyak detail lipit.

  • Rok plisket sendiri merupakan model rok wanita yang dibuat dari bahan kain berlipit. Untuk pilihan modelnya rok ini dapat dijumpai dalam beberapa macam tipe seperti rok mini, rok midi dan rok maxi.
  • Salah satu kelebihan dari rok plisket yaitu dapat memberikan ilusi lebih ramping dan menambah kesan fenimin bagi yang mengenakannya.

Kaos Oversized

Sumber : https://shopee.ph/

Khusus untuk anda yang mau tampil lebih syari dengan kaos oversized anda bisa juga mengenakan kaos oversized panjang yang dipadukan dengan rok plisket model maxi yang memiliki panjang hingga mata kaki.

Kesimpulan

Sampai disini dulu pembahasan singkat mengenai sejumlah hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih dan memadupadankan kaos oversized. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa mengetahui model, bahan dan padupadan yang tepat untuk kaos oversized sangatlah penting bagi wanita yang ingin tampil lebih gaya dalam setiap kesempatan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.