Article

Homepage Article Fashion Design 10 Tahap Membuat Baju Dengan…

10 Tahap Membuat Baju Dengan Menggunakan CLO3D

Buat visualisasi desain baju secara akurat dan secepat yang kamu bayangkan dengan CLO3D. Buat kamu yang ingin tahu lebih detail lagi tentang tahap-tahap yang harus dilakukan dalam proses mendesain baju dengan CLO3D yuk simak pembahasan berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang CLO3D

CLO3D merupakan sejenis perangkat lunak desain pakaian yang memungkinkan desainer untuk membuat dan merancang pakaian virtual dengan simulasi yang realistis pada avatar atau model 3D.

  • CLO3D memberikan gambaran yang akurat tentang bagaimana busana akan terlihat pada tubuh manusia.
  • CLO3D dapat mensimulasikan gerakan dan melihat bagaimana tekstur kain akan bereaksi terhadap pergerakan tubuh.
  • CLO3D memudahkan pengguna untuk mengubah dan mengadaptasi desain tanpa harus membuat pola fisik.
  • CLO3D memungkinkan pembuatan prototipe virtual yang realistis sebelum memasuki tahap produksi fisik.
  • CLO3D dapat mengurangi limbah tekstil, lebih menghemat waktu dan biaya produksi.
  • Desain CLO3D dapat dengan mudah dibagikan dan dikomunikasikan dengan tim produksi, produsen dan pihak terkait lainnya sehingga lebih memudahkan kolaborasi.

Tahap Mendesain CLO3D

Sumber : https://www.revitsport.com/

Tahap Mendesain di CLO3D

Mau tahu apa saja tahap-tahap yang harus dilalui dalam proses pembuatan desain baju dengan software CLO3D?. Untuk memudahkan kamu dalam menggunakan CLO3D berikut kami bagikan beberapa tahap yang perlu dilakukan dalam mendesain baju menggunakan CLO3D.

1. Memilih Avatar atau Model 3D

Pertama buka program CLO3D kemudian pilih avatar yang sesuai dengan ukuran dan proporsi tubuh yang kamu inginkan. Dalam hal ini kamu bisa memilih avatar pria, wanita atau bahkan anak-anak.

  • Pilih avatar atau model 3D yang sesuai dengan bentuk tubuh yang kamu kehendaki.
  • Setelahnya sesuaikan proporsi dan ukuran avatar sesuai dengan kebutuhan desain.

Tahap Mendesain CLO3D

Sumber : https://support.clo3d.com/

2. Membuat Pola 2D

Gunakan alat-alat desain pola untuk membuat pola dasar pakaian dalam bentuk 2D dan modifikasi pola secara digital sesuai desain yang kamu inginkan. Pola ini nantinya akan menjadi kerangka dasar dari busana yang kamu buat.

  • Untuk menghasilkan pola yang benar-benar sesuai dengan ukuran tubuh kamu harus paham tentang rumus-rumus membuat pola.
  • Selain paham tentang rumus-rumus membuat pola kamu juga harus menguasai fitur-fitur untuk membuat pola 2D di CLO3D.

Tahap Mendesain CLO3D

Sumber : https://support.clo3d.com/

3. Menjahit Secara Virtual

Jahit pola 2D secara virtual untuk melihat bagaimana hasil pola akan terlihat di avatar ketika sudah dijahit. Jadi ketika kamu menemukan keanehan atau ketidakcocokan pola kamu bisa langsung memperbaikinya saat itu juga.

4. Penyesuaian Desain

Tambahkan detail seperti seperti lipatan, ruffles atau detail lainnya sesuai desain yang kamu inginkan. Dalam hal ini kamu bisa mengunakan fitur-fitur di CLO3D untuk mengatur posisi dan bentuk elemen-elemen tersebut.

Jangan lupa untuk memilih warna, tekstur dan bahan pakaian sesuai konsep desain yang kamu inginkan kemudian lakukan penyesuaian dan perubahan desain yang diperlukan.

5. Simulasi Gerakan dan Fit

Gunakan fitur simulasi untuk melihat bagaimana pakaian akan bergerak pada tubuh model virtual saat dipakai oleh avatar 3D secara real time. Setelahnya sesuaikan dan perbaiki pola atau desain jika diperlukan berdasarkan hasil simulasi.

  • Fitur simulasi memungkinkan kamu untuk melihat bagaimana desain akan terlihat dari berbagai sudut dan dalam berbagai pose.
  • Fitur simulasi memungkinkan kamu untuk melihat bagaimana pakaian akan terlihat sebelum diproduksi dengan menggunakan bahan kain yang sesungguhnya.

Tahap Mendesain CLO3D

Sumber : https://www.saasworthy.com/

6. Rendering dan Visualisasi

Simpan proyek yang sudah kamu kerjakan lalu lakukan rendering untuk melihat hasil akhir desain secara lebih detail dalam bentuk gambar 3D. Dengan menggunakan fitur ini kamu bisa melihat bagaimana desain baju yang kamu buat akan terlihat layaknya model di dunia nyata.

7. Tambahkan Aksesoris

Tambahkan aksesoris seperti sepatu, tas maupun perhiasan lainnya untuk melengkapi desian baju yang kamu buat. Selain itu sesuaikan pula detail-desain seperti jahitan, kancing atau zipper.

8. Presentasi dan Kolaborasi

Presentasikan desain yang kamu buat dalam bentuk gambar atau animasi 3D. Kolaborasi dengan anggota tim atau klien dengan berbagi file proyek CLO3D.

9. Penyesuaian Terakhir

Lakukan penyesuaian terakhir berdasarkan umpan balik dan hasil akhir. Pastikan bahwa desain pakaian telah mencapai hasil yang diinginkan dan sesuai dengan standar kualitas yang diinginkan.

10. Ekspor dan Produksi

Setelah selesai membuat desain di CLO3D, kamu dapat mencoba untuk mengekspor pola yang telah kamu buat, kemudian mencetak pola dalam bentuk kertas untuk digunakan sebagai panduan untuk memotong bahan kain.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai tahap-tahap desain dalam CLO3D yang penting untuk kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan gambaran tentang tahap-tahap yang perlu kamu lakukan untuk membuat desain baju dengan software CLO3D.

Yang jelas dibandingkan dengan cara pembuatan pola baju secara manual, keberadaan software CLO3D ini akan sangat membantu desainer untuk menghemat waktu dan biaya yang mungkin diperlukan dalam pembuatan prototipe fisik. 

Punya ketertarikan dengan dunia fashion design atau ingin meningkatkan skill di bidang fashion design?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa mencoba untuk mengikuti workshop desain fashion dengan CLO3D melalui customer service kami Di Sini.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.