Article

Homepage Article Fashion Design 8 Tips Memilih Meja Setrika…

8 Tips Memilih Meja Setrika Ironing Board Yang Tepat Sesuai Kebutuhanmu

Memilih meja setrika yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, tidak dapat dipungkiri memang bisa membuat tugas setrika menjadi lebih mudah dan efisien. Karena alasan itu pula untuk kamu yang ingin membeli meja setrika ada baiknya pertimbangkan beberapa hal penting sebagai berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Meja Setrika

Meja setrika atau ironing board merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang biasa digunakan sebagai tempat menyetrika pakaian. Dari segi desain dan materialnya pun, meja setrika biasanya terdiri dari permukaan datar yang panjang dan lebar serta terbuat dari bahan logam atau bahan sintetis yang tahan panas.

  • Meja setrika seringkali dilengkapi dengan dasar busa atau kain yang dapat menyerap kelembapan dan mempermudah proses penyetrikaan.
  • Meja setrika juga biasanya dilengkapi dengan kaki-kaki penyangga agar dapat diletakkan di lantai atau permukaan datar lainnya, serta ruang untuk menaruh setrika saat tidak digunakan.
  • Beberapa meja setrika juga dilengkapi dengan alat-alat tambahan seperti rak untuk menyimpan bahan-bahan yang akan disetrika atau tempat untuk menyimpan setrika.

Tips Memilih Meja Setrika

Berencana untuk membeli meja setrika dalam waktu dekat?. Biar ga salah pilih simak yuk beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam memilih meja setrika.

1. Ukuran Meja Setrika

Pertama sesuaikan ukuran meja yang akan kamu beli dengan kebutuhan dan luas ruangan buat menyimpannya.

  • Meja setrika yang besar memang memudahkan kamu dalam menyetrika kain yang cukup besar seperti seprei tapi tempat penyimpanannya pun juga butuh ruangan yang cukup besar.
  • Kalau kamu hanya membutuhkan meja setrika untuk menyetrika pakaian sehari-hari, maka membeli meja setrika dengan ukuran kecil pun tidak masalah.

2. Tipe Meja Setrika

Kedua pertimbangkan tipe meja setrika yang ingin kamu beli dengan kebiasaan menyetrika yang kamu lakukan.

  • Meja Setrika Duduk

Kalau kamu biasa menyetrika pakaian sesekali atau lebih sering menyetrika sedikit pakaian, maka kamu bisa memilih meja setrika duduk yang memiliki kaki pendek dan dapat digunakan di lantai.

Memilih Meja Setrika

Sumber : https://www.dunelm.com/

  • Meja Setrika Berdiri

Tapi kalau kamu lebih sering menyetrika banyak pakaian dalam waktu lama, maka memilih jenis meja setrika berdiri yang memiliki ukuran penyangga cukup tinggi bisa menjadi pilihan yang tepat. Kelebihan meja setrika berdiri yaitu:

  • Meja setrika berdiri nyaman digunakan bagi kamu yang lebih suka menyetrika sambil berdiri atau duduk di kursi.
  • Meja setrika berdiri tidak membuat postur tubuh terlalu membungkuk saat menyetrika sehingga tubuh tidak mudah lelah.

Memilih Meja Setrika

Sumber : https://www.indiamart.com/

3. Ketinggian Meja Setrika

Khusus untuk kamu yang lebih menyukai meja setrika berdiri, pastikan meja setrika memiliki ketinggian yang tepat dengan kebutuhan kamu. Kalau meja setrika yang kamu pilih terlalu tinggi atau terlalu rendah, yang ada meja tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti nyeri punggung atau leher.

Memilih Meja Setrika

Sumber : https://www.indiamart.com/

4. Stabilitas Meja Setrika

Pilih meja setrika yang stabil dan tidak mudah goyang saat digunakan. Ini akan membantu mencegah kecelakaan dan membuat kamu merasa lebih aman saat menggunakan setrika.

5. Bahan Meja Setrika

Pastikan bahan meja setrika yang kamu beli dapat menahan panas dan tidak mudah rusak. Kalau untuk saat ini jenis meja setrika yang dijual di pasaran kebanyakan terbuat dari berbagai material yang berbeda seperti kayu, logam atau plastik.

  • Meja Setrika Kayu

Meja setrika kayu memiliki tampilan yang lebih estetis dan lebih stabil dibandingkan dengan meja setrika yang terbuat dari bahan lain seperti plastik atau logam. Tapi karena berat, jadi meja in iagak susah untuk dipindahkan.

Memilih Meja Setrika

Sumber : https://www.amazon.com/

  • Meja Setrika Logam

Meja setrika logam memiliki tampilan yang modern, dapat menahan panas yang dihasilkan oleh setrika dengan baik dan cukup mudah untuk dibersihkan karena meja ini memiliki permukaan yang halus.

Dibandingkan dengan meja setrika kayu, meja setrika logam inipun juga lebih ringan dan mudah dipindahkan / disimpan tapi beresiko mengalami korosi jika tidak dirawat dengan cara yang tepat.

Memilih Meja Setrika

Sumber : https://mrcools-hireshop.com/

  • Meja Setrika Plastik

Meja setrika plastik cenderung ringan dan mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dan dari segi harja juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan meja setrika yang terbuat dari bahan kayu atau logam.

Kekurangan meja setrika plastik yaitu tidak sekuat atau setahan lama kayu atau logam. Karenanya meja setrika plastik ini lebih cocok digunakan sebagai pilihan alternatif yang terjangkau untuk sementara.

Memilih Meja Setrika

Sumber : https://www.tokopedia.com/

6. Lapisan Meja Setrika

Saat memilih meja setrika, pastikan kamu mempertimbangkan jenis lapisan material yang digunakan. Pilih permukaan meja setrika yang terbuat dari bahan katun agar lembut saat dijadikan alas pakaian.

7. Bentuk Meja Setrika

Pertimbangkan bentuk meja setrika yang tepat dan sesuai dengan jenis pakaian yang sering kamu setrika, karena bentuk meja ini akan memengaruhi kemudahan menyetrika pakaian yang kamu lakukan.

  • Boat Type

Untuk menyetrika banyak model baju yang berbeda dan juga kain seprei, kamu bisa memilih meja setrika yang didesain menyerupai sebuah perahu (boat type).

  • Boat type merupakan bentuk meja setrika yang paling umum ditemui.
  • Permukaan boat type yang lebar juga memungkinkan kamu untuk menyetrika seprei dengan lebih mudah.

Memilih Meja Setrika

Sumber : https://www.biltema.fi/

  • Human Body Type

Khusus untuk kamu yang lebih sering menyetrika blus dan kemeja kamu bisa mempertimbangkan  meja setrika bertipe human body yang memiliki bentuk seperti torso manusia.

Memilih Meja Setrika

Sumber : https://www.thegreenhead.com/

Untuk menggunakannya kamu hanya perlu meletakkan pakaian di area yang menyerupai torso kemudian menarik dan menyetrika area yang membulat, semisal bagian bahu.

8. Fitur Meja Setrika

Berikutnya pertimbangkan pula kelengkapan fitur-fitur lain yang ada pada meja setrika, seperti sleeve board, tempat khusus untuk setrika dan tempat untuk menyimpan baju yang sudah disetrika agar aktivitas menyetrika yang kamu lakukan jadi lebih menyenangkan.

  • Sleeve Board

Untuk mempermudah saat menyetrika bagian yang melengkung pilih meja setrika yang dilengkapi sleeve board.

  • Sleeve board merupakan tambahan pada meja setrika yang berfungsi untuk membantu menyetrika bagian yang melengkung pada pakaian, misalnya lengan baju dan pundak.
  • Meja setrika dengan fitur ini cocok dimiliki untuk kamu yang ingin memperoleh hasil setrika super-rapi dan halus tanpa repot.

Memilih Meja Setrika

Sumber : https://www.amazon.com/

  • Tempat Meletakkan Setrika

Untuk mengamankan setrika yang panas agar tidak mengenai tangan atau membuat pakaian jadi hangus pilih meja setrika yang dilengkapi dengan spce untuk meletakkan setrika.

Memilih Meja Setrika

Sumber : https://www.thespruce.com/

  • Space Meletakkan Baju

Untuk menjaga baju setrikaan agar tetap rapi dan tidak gampang tersenggol pilih meja setrika yang memiliki tempat khusus untuk meletakkan baju setrikaan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah tips sederhana yang bisa kamu terapkan dalam memilih meja setrika. Dengan mengetahui karakteristik setiap tipe meja setrika semoga kedepannya kamu ga lagi bingung ketika memilih meja setrika yang paling tepat dan nyaman untuk digunakan sesuai kebutuhanmu.

Untuk kamu yang ingin membeli alat bantu setrika kamu bisa memesan Alat Bantu Setrika dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.