Article

Homepage Article Cara Menjahit 7 Jenis Jahitan Tangan Yang…

7 Jenis Jahitan Tangan Yang Mirip Dengan Jahitan Mesin

Punya ketertarikan dengan dunia jahit menjahit dan ingin menambah skill kamu dalam membuat berbagai proyek jahitan yang cukup rumit. Selain mahir mengoperasikan mesin jahit, alangkah lebih bagus jik kamu juga mengetahui apa saja jenis-jenis jahitan yang dapat digunakan sebagai pengganti jahitan pada mesin jahit.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Menjahit

Menjahit merupakan kegiatan menyambungkan ataupun menempelkan benda menggunakan jarum dan benang. Dilihat dari sejarahnya, menjahit sendiri dapat dikategorikan sebagai seni tertua dalam ruang lingkup seni tekstil yang pertama kali dilakukan dengan menggunakan tangan namun pada perkembangannya juga mulai dibuat dengan mesin.

Tusuk Jahit

Sumber : https://madamsew.com/

Jenis-Jenis Jahitan Tangan

Meskipun jahitan tangan tidak bisa sepenuhnya menggantikan kecepatan dan presisi jahitan mesin faktanya ada beberapa teknik jahitan tangan yang dapat memberikan hasil yang mirip dengan jahitan mesin lho. Beberapa jenis jahitan tangan yang dimaksud yaitu:

1. Tusuk Jelujur (Running Stitch)

Pertama ada tusuk jelujur yang dibuat saling mengisi satu sama lain seperti layaknya standar stitch sehingga tampilannya sangat mirip dengan jahitan lurus pada mesin jahit.

  • Tusuk jelujur sendiri termasuk ke dalam jenis tusuk dasar menjahit yang paling sederhana dan paling sering digunakan dalam kegiatan menjahit.
  • Untuk membuat tusuk jelujur yang mirip jahitan mesin kamu bisa membuat satu baris jahitan jelujur kemudian mengisi bagian yang masih kosong dengan tusuk jelujur juga.

Dalam kegiatan jahit menjahit tusuk jelujur sendiri dapat difungsikan sebagai basting atau jahitan bantu yang memiliki jarak setikan lebih panjang dari jarak setikan standar

Tusuk Jahit 

Sumber : https://madamsew.com/

Simak juga Pentingnya Jahitan Basting (Baste) Dalam Proses Pembuatan Busana.

2. Tusuk Balik (Backstitch)

Kedua ada tusuk balik atau tusuk tikam jejak yang jika dilihat dari bagian atas tampilannya tampak seperti jahitan mesin namun bila dilihat dari bagian bawah tusukan tampak seperti jahitan rangkap / straight stitch pada sulaman tangan.

  • Tusuk balik sendiri termasuk ke dalam jenis tusuk dasar mejahit yang kuat dan sering digunakan untuk membuat jahitan yang lebih kokoh.
  • Tusuk balik dapat digunakan untuk menggantikan jahitan lurus pada area pakaian maupun produk menjahit lainnya yang sulit dijangkau oleh mesin jahit.

Tusuk Jahit 

Sumber :  https://crafts.tutsplus.com/

3. Jahitan Zigzag (Zigzag Stitch)

Ketiga ada jahitan zigzag alias zigzag stitch yang memiliki tampilan sangat khas yakni  membentuk pola zigzag di sepanjang garis jahitan dan sering digunakan dalam berbagai proyek menjahit.

  • Jahitan zigzag dapat digunakan untuk menguatkan tepi kain agar tidak mengelupas atau merenggang.
  • Jahitan zigzag dapat digunakan untuk menggabungkan bahan kain yang elastis seperti jersey, spandex atau lycra, karena jahitan ini bisa meregang bersama dengan kain.
  • Jahitan zigzag dapat digunakan untuk menghaluskan tepi kain yang kasar, terutama pada kain yang rentan terurai.

Tusuk Jahit

Sumber : https://blog.treasurie.com/

Selain fungsinya yang praktis, jahitan zigzag juga sering digunakan sebagai elemen dekoratif dalam menjahit yang memberikan efek menarik dan kreatif pada proyek jahit yang kamu buat.

4. Jahitan Sum (Blind Hem Stitch)

Keempat ada tusuk sum alias blind hem stitch yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan tepi kain atau membuat lipatan hem yang tersembunyi. Dalam hal ini kamu dapat membuat jahitan sum secara manual dengan teknik lipatan khusus dan menggunakan jahitan yang tersembunyi.

Tusuk Jahit

Sumber : https://www.moodfabrics.com/

Simak juga  Sepatu Jahit Sembat/Sum/Kelim (Blind Hem Foot).

5. Tusuk Rantai (Chain Stitch)

Kelima ada tusuk rantai yang mirip dengan jahitan rantai pada mesin jahit. Meskipun lebih umum dilakukan dengan mesin jahit khusus, kamu masih dapat membuat jahitan rantai dengan tangan untuk menghias atau membuat efek dekoratif pada kain.

  • Tusuk rantai sendiri merupakan jenis tusuk jahit yang terdiri dari sekelompok jahitan yang berbentuk seperti rantai.
  • Meski termasuk ke dalam teknik jahit kuno, sampai sekarang tusuk rantai masih banyak digunakan dalam dunia menjahit.

Tusuk Jahit

Sumber : https://crewelghoul.com/

6. Jahitan Lubang Kancing (Buttonhole Stitch)

Keenam ada jahitan lubang kancing yang dapat digunakan untuk merapikan tepian lubang kancing pada baju.

Tusuk Jahit

Sumber : https://www.thesewingacademy.com/

7. Jahitan Backtack (Backtack Stitch)

Ketujuh ada jahitan backtack alas backtack stitch yang memiliki fungsi sangat penting untuk mengunci bagian ujung jahitan (baik itu pada awal maupun pada akhir jahitan) agar benang tidak mudah terurai.

  • Jahitan backtack dapat dibuat pada ujung-ujung pakaian yang membutuhkan kekuatan tambahan pada jahitan.
  • Dengan jahitan backtack kamu bisa memastikan bahwa jahitan kuat dan tidak akan terurai dengan mudah.

Tusuk Jahit

Sumber : https://blog.spoonflower.com/

Khusus pada mesin jahit, jahitan backtack sendiri bisa dilakukan dengan mengubah pengaturan mesin jahit dari mode jahitan maju ke mode jahitan mundur untuk beberapa jahitan, kemudian kembali ke mode jahitan maju untuk melanjutkan jahitan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa contoh jahitan tangan yang memiliki kemiripan dengan pola jahitan pada mesin jahit. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu untuk memilih jenis jahitan yang tepat untuk menyelesaikan proyek jahit yang sulit dijangkau oleh mesin jahit ya.

Meskipun proses pembuatan jahitan tangan mungkin membutuhkan waktu lebih lama dan keterampilan yang lebih teliti dari pada proses pembuatan jahitan dengan menggunakan mesin jahit, tapi kamu pun sebenarnya bisa mencapai hasil yang mirip dengan jahitan mesin asalkan banyak berlatih.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.