Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fitur Penting Software…

7 Fitur Penting Software CLO3D Yang Penting Untuk Kamu Ketahui

Bikin prototipe baju dengan software CLO3D yuk untuk meminimalisir limbah kain dan mempersingkat proses pembuatan sampel pakaian. Untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak lagi tentang fitur-fitur yang dimiliki CLO3D dan manfaatnya dalam dunia fashion design, langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Software CLO3D

Clo3D merupakan salah satu software komputer yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses desain pakaian yang lebih menghemat waktu, biaya dan bisa dilakukan tanpa model tubuh asli, kemudian hasil desain tersebut bisa dipakaikan ke model tiga dimensi dengan animasi yang sangat bagus.

Fitur Yang Dimiliki CLO3D

Sedikit berbeda dengan software desain lainnya, CLO3D ini pada dasarnya juga memiliki sejumlah fitur penting yang dapat digunakan untuk memudahkan proses desain. Beberapa fitur penting yang dimiliki software CLO3D diantaranya:

1. Pembuatan Pola

CLO3D dilengkapi dengan fitur untuk membuat pola 2D sehingga memungkinkan desainer untuk membuat pola pakaian dan modifikasi pola secara digital sesuai desain yang diinginkan dengan sangat mudah.

Software CLO3D

Sumber : https://www.clo3d.com/

Untuk membuat pola dengan menggunakan CLO3D tentunya kamu harus mempelajari bagaimana cara membuat pola pakaian dasar menggunakan alat-alat yang disediakan dan memahami langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat pola dasar pakaian.

2. Penyesuaian Bentuk Tubuh

CLO3D memiliki fitur khusus yang memungkinkan desainer untuk menyesuaikan ukuran avatar sesuai ukuran yang diinginkan dan melakukan pengujian desain pada berbagai tipe tubuh.

3. Fitur Menjahit

Selain fitur pembuatan pola dan penyesuaian bentuk tubuh, CLO3D juga memiliki fitur menjahit secara virtual sehingga lebih memudahkan pengguna untuk melihat bagaimana hasil pola akan terlihat ketika sudah dijahit.

Jadi kalau ada keanehan atau ketidakcocokan pola (ukuran, panjang, lipatan, belahan dan kesalahan lainnya) jadi kalau ada detail yang tidak cocok bisa langsung diperbaiki / direvisi saat itu juga.

Software CLO3D

Sumber : https://medium.com/

4. Simulasi 3D

CLO3D memiliki kemampuan untuk mensimulasikan pola pakaian dalam bentuk 3D dan memungkinkan desainer melihat bagaimana pakaian akan terlihat sebelum diproduksi dengan menggunakan bahan kain yang sesungguhnya.

  • CLO3D memungkinkan desainer untuk melakukan rendering 3D dari pola 2D.
  • CLO3D memungkinkan desainer untuk melihat bagaimana pakaian bergerak pada tubuh model virtual.

Untuk menggunakan fitur simulasi pelajari bagimana cara membuat model 3D pakaian berdasarkan pola yang telah dibuat. Termasuk bagaimana teknik membuat garis lipatan, bagaimana cara mengatur jahitan dan menyesuaikan detail lainnya yang diperlukan.

Software CLO3D

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Pemilihan Bahan

CLO3D memiliki fitur yang memungkinkan desainer untuk memilih sendiri bahan yang akan digunakan dalam simulasi 3D, mengatur bahan kain, warna kain bahkan corak kain, serta melihat bagaimana berbagai jenis kain dan tekstur akan terlihat pada pakaian.

Versi terbaru CLO3D juga dilengkapi pula dengan AI Texture Generation yang memungkinkan pengguna untuk membuat tekstur baru dengan cara mudah yakni cukup ketikkan kata kunci yang diinginkan.

Software CLO3D

Sumber : https://www.clo3d.com/

6. Animasi

Beberapa versi CLO3D dilengkapi pula dengan fitur khusus yang mendukung animasi dan memungkinkan desainer untuk membuat simulasi pergerakan pakaian, seperti berjalan atau berputar. Dengan menggunakan fitur ini deiner bisa melihat bagaimana hasil rancangan akan terlihat layaknya model di dunia nyata.

7. Kolaborasi Tim

CLO3D juga memfasilitasi komunikasi antara desainer, produsen dan pihak terkait lainnya dengan memungkinkan berbagi file dan mendapatkan umpan balik secara real-time untuk menghindari kesalahpahaman dan meningkatkan pemahaman terhadap konsep pakaian.

Software CLO3D

Sumber : https://support.clo3d.com/

Manfaat Menggunakan CLO3D

Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan software CLO3D tersebut akan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, beberapa diantaranya: 

  • Membuat dan mengubah desain pakaian secara digital dengan efisien sesuai kebutuhan pasar.
  • Membuat pola dengan tingkat keakuratan yang tinggi sebelum memasuki tahap produksi.
  • Melakukan simulasi proses menjahit secara virtual dan memilih kombinasi warna kain dalam pembuatan desain secara digital.
  • Melakukan simulasi fitting secara virtual dan membuat perubahan yang diperlukan sebelum memotong kain yang sebenarnya, sehingga dapat mengurangi kebutuhan untuk membuat sampel fisik secara berulang kali.
  • Melihat dengan jelas bagaimana pakaian akan terlihat pada model virtual atau avatar.
  • Memudahkan semua pihak dalam merancang, merevisi, melihat simulasi pakaian dalam model tiga dimensi alias 3D.
  • Membuat siklus bisnis pakaian mulai dari perancangan hingga proses penjualan jadi jauh lebih cepat dibandingkan dengan proses tradisional.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai fitur-fitur pada CLO3D dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan CLO3D. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu untuk menemukan alternatif cara baru dalam mendesain pakaian yang lebih efektif dan efisien ya.

Yang pasti dibandingkan dengan proses desain secara tradisional, software CLO3D sangat berguna untuk menghemat waktu dan biaya produksi karena memungkinkan desainer untuk melakukan eksperimen dan perbaikan desain secara digital.

Punya ketertarikan dengan dunia fashion dan ingin tahu lebih lebih banyak lagi tentang 3D fashion design?. Yuk gabung workshop desain fashion dengan CLO3D melalui customer service kami Di Sini.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.