Article

Homepage Article Fashion Design 10 Kesalahan Berbusana Yang…

10 Kesalahan Berbusana Yang Bikin Tampilan Kamu Kurang Menarik

Memilih baju secara asal ternyata dapat mempengaruhi keseluruhan penampilan kamu lho. Maka dari itu jika kamu ingin mendapatkan tampilan yang menarik ada baiknya cari tahu dulu apa saja hal-hal yang harus dihindari dalam berbusana.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Memilih Busana Yang Tepat

Memilih busana yang tepat baik itu dari segi desain, ukuran, warna dan motif tidak dapat dipungkiri memang memiliki banyak manfaat penting. Tidak hanya membuat tampilan terlihat bagus, tetapi juga untuk menghormati penyelenggara acara dan acara yang kamu hadiri.

Kesalahan Berbusana

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kesalahan Yang Harus Kamu Hindari

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tampilan yang menarik ya?. Untuk menghindari kemungkinan salah kostum berikut beberapa kesalahan berbusana yang sebaiknya kamu hindari.

1. Terlalu Mengikuti Trend

Terlalu mengikuti trend hanya karena kamu takut dibilang ketinggalan jaman hanya akan membuat tampilan kamu justru terlihat kurang menarik. Selain itu terlalu mengikuti trend juga akan menimbulkan sifat konsumtif dan membuatmu jadi pribadi yang lebih boros.

Kesalahan Berbusana

Sumber : https://www.dream.co.id/

Meskipun mengikuti tren mode bisa menjadi cara menyenangkan untuk mengekspresikan diri, penting untuk menjaga keseimbangan dan tidak membiarkan trend mengontrol seluruh penampilan dan keputusan yang kamu ambil terutama dalam berbusana.

  • Terlalu fokus pada trend bisa membuat kamu kehilangan kesempatan untuk mengekspresikan gaya yang kamu sukai.
  • Terlalu fokus pada trend mode dapat menciptakan tekanan sosial untuk selalu tampil modis.

2. Terlalu Banyak Tabrak Warna

Menggabungkan terlalu banyak warna yang tidak cocok juga dapat membuat tampilan kamu tampak kacau. Sebagai gantinya pilihlah beberapa warna yang saling melengkapi dan harmonis untuk menciptakan tampilan yang lebih rapi.

Kesalahan Berbusana

Sumber : https://shopsueyboutique.wordpress.com/

3. Memilih Ukuran Yang Tidak Sesuai

Mengenakan pakaian yang terlalu longgar atau terlalu ketat dapat mengganggu siluet tubuh dan membuat tampilan kurang proporsional. Jadi sebaiknya pilihlah pakaian yang pas dengan ukuran tubuh kamu untuk menciptakan tampilan yang lebih menarik.

  • Dalam memilih pakaian penting untuk memilih ukuran yang sesuai dengan bentuk tubuh dan memberikan kenyamanan optimal.
  • Pakaian yang pas dengan ukuran tubuh akan membuat kamu terlihat lebih baik, merasa lebih nyaman dan dapat melakukan aktivitas dengan lancar.

Pakaian yang terlalu besar juga bisa menghalangi kemampuan kamu untuk bergerak bebas dan melakukan aktivitas. Sementara pakaian yang terlalu ketat dapat mengganggu pernapasan, membatasi pergerakan dan meningkatkan risiko cedera saat bergerak.

4. Memadukan Pakaian Secara Asal

Menggabungkan beberapa pakaian tanpa memperhatikan keselarasan warna, tekstur dan panjangnya dapat mengganggu tampilan keseluruhan. Karena alasan itu pula pastikan pakaian yang kamu kenakan bisa saling melengkapi dan tidak membuat tampilan menjadi berantakan.

Kesalahan Berbusana

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Memadukan Gaya Yang Tidak Cocok

Kesalahan berikutnya yang harus kamu hindari yaitu jangan sampai memadukan gaya yang tidak cocok, misal mencampurkan outfit formal dengan aksesori yang sangat santai karena hal semacam ini hanya akan membuat tampilan kamu terlihat tidak konsisten dan membingungkan.

6. Memakai Terlalu Banyak Aksesoris

Memakai terlalu banyak aksesori sekaligus dapat membuat tampilan kamu tampak berlebihan dan berantakan. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya pilih saja beberapa aksesoris yang menonjolkan tampilan tanpa membuatnya terlalu ramai.

Kesalahan Berbusana

Sumber : https://www.amazon.com/

Simak juga :

7. Berbusana Yang Tidak Sesuai Acara

Tidak menyesuaikan pakaian dengan acara juga termasuk salah satu kesalahan fatal yang sebaiknya kamu hindari dalam berbusana. Maka dari itu selalu ingat untuk memperhatikan detail acara, tema dan norma yang berlaku dalam berbusana.

Bahkan sekalipun busana yang kamu gunakan merupakan outfit yang kekinian, penting sekali untuk mempertimbangkan apakah outfit tersebut cocok untuk tempat atau acara yang akan kamu hadiri.

8. Memilih Model Sepatu Yang Salah

Salah memilih sepatu dapat memberikan dampak besar pada tampilan keseluruhan. Karenanya pastikan kamu memilih sepatu yang sesuai dengan gaya pakaian yang kamu kenakan.

  • Untuk acara formal kamu bisa memilih sepatu oxford shoes, derbyshoes dan loafers.
  • Untuk acara semi formal kamu bisa memilih sepatu chukka boots, monk strap shoes dan chelsea boots.
  • Untuk acara casual kamu bisa memilih sepatu sneakers, boat shoes dan espadrilles.

9. Memakai Baju Yang Tidak Sesuai Bentuk Tubuh

Memaksakan diri untuk milih baju yang tidak sesuai bentuk tubuh dapat membuat tampilan kamu terkesan tidak proporsional. Jadi sebisa mungkin pilihlah outfit yang bisa menonjolkan kelebihan dan menyamarkan kekurangan dari bentuk tubuh kamu.

Simak juga :

10. Memilih Bahan Pakaian Yang Tidak Tepat

Memilih pakaian yang bahannya tidak sesuai dengan cuaca atau acara dapat membuat kamu merasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Maka dari itu solusinya pilihlah pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca.

  • Untuk cuaca panas sebaiknya pilih baju yang longgar, bahannya ringan, memiliki sirkulasi udara yang baik dan bisa menjaga kamu tetap sejuk.
  • Untuk cuaca dingin gunakan baju yang bisa membantu menjaga suhu tubuh lalu tambahkan outer seperti sweater, jaket, cardigan dan hoodie jumper di bagian terluarnya.

Selain membuat penampilan jadi lebih menarik, memilih pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca akan membuat kamu merasa lebih baik sepanjang hari.

Simak juga 7 Tips Memilih Warna Baju Yang Tepat Sesuai Kondisi Cuaca.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah kesalahan berbusana yang terlihat sepele tapi bisa membuat outfit kamu terlihat kurang menarik. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, semoga kamu dapat meningkatkan kualitas penampilan agar lebih menarik dan berkesan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Bahan Kain yang kami miliki yuk.

Download juga Pola Baju siap pakaia dari kami kalau kamu ingin belajar membuat baju sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.