Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Memilih Warna Baju…

7 Tips Memilih Warna Baju Yang Tepat Sesuai Kondisi Cuaca

Bingung memilih warna outfit yang cocok untuk pelengkap gaya penampilan saaat cuaca panas, cuaca dingin atau berangin?. Untuk kamu yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana mungkin kamu bisa menerapkan tips memilih warna baju sesuai kondisi cuaca berikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Memilih Warna Baju

Memilih baju sesuai cuaca ternyata juga memiliki pengaruh pada kenyamanan, kesehatan tubuh dan suasana hati lho. Biar kamu ga penasaran berikut adalah beberapa alasan mengapa harus memilih baju yang sesuai dengan kondisi cuaca menjadi sesuatu yang penting.

  • Warna baju dapat mempengaruhi bagaimana tubuh menyerap dan memantulkan panas.
  • Warna baju memiliki pengaruh psikologis pada suasana hati dan emosi.
  • Warna baju dapat meningkatkan keamanan dan membantu seseorang lebih mudah diliat oleh orang lain terutama saat beraktivitas di jalan atau lingkungan dengan lalu lintas yang sibuk.
  • Warna baju yang sesuai dengan cuaca dapat membantu kamu lebi menyatu dengan warna alam sekitar.

Tips Memilih Warna Baju

Untuk memastikan bahwa outfit yang kamu miliki tetap nyaman digunakan searian, berikut kami bagikan pula sejumlah tips memilih warna baju sesuai dengan kondisi cuaca yang bisa kamu ikuti.

1. Cuaca Panas

Untuk mengatasi rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh cuaca panas sebaiknya hindari baju yang warnanya gelap karena bisa menyerap cahaya matahari lebih banyak dan membuat tubuh mudah berkeringat.

Warna Baju

Sumber : https://www.pinterest.com/

Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan baju yang berwarna terang seperti kuning, hijau, merah dan biru cerah biar tubuh kamu terasa lebih dingin dan sejuk.

  • Baju yang berwarna cerah dapat membantu mengurangi rasa panas dan memberikan efek menyegarkan pada pandangan.
  • Baju yang berwarna cerah juga cenderung menyerap cahaya matahari yang lebih sedikit dibandingkan dengan warna gelap, sehingga lebih cocok digunakan saat cuaca panas.
  • Baju yang berwarna cerah cocok digunakan saat cuaca panas karena cenderung memantulkan sinar matahari dan menjaga tubuh tetap sejuk.
  • Baju yang berwarna cerah dan terang dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.
  • Baju yang berwarna cerah dan terang dapat mengurangi risiko terbakar sinar UV dan kerusakan kulit akibat paparan berlebihan.

Selain mempertimbangkan warna baju, penting bagi kamu untuk memilih baju yang berbahan ringan dan mudah menyerap keringat untuk meminimalisir rasa panas akibat meningkatnya suhu lingkungan.

2. Cuaca Dingin

Pada saat cuaca dingin baju yang berwarna gelap seperti hitam, abu-abu atau navy, lebih disarankan karena dapat menyerap panas dari sinar matahari dan membantu menjaga tubuh tetap hangat.

Memadukan baju dengan lapisan juga bisa menjadi pilihan cerdas untuk cuaca dingin. Dalam hal ini kamu dapat mengenakan atasan berwarna netral atau gelap dan kemudian menambahkan jaket atau sweater berwarna terang atau mencolok sebagai lapisan tambahan.

3. Cuaca Cerah

Pada cuaca cerah warna putih atau warna-warna pastel dapat memberikan kesan segar dan menyenangkan. Tapi kalau kamu ingin tampil lebih mencolok, kamu juga bisa memilih baju yang warnanya cerah dan mencolok seperti kuning, biru atau oranye.

  • Warna putih bisa memberikan kesan segar dan membantu menjaga tubuh tetap sejuk pada cuaca cerah.
  • Warna kuning cerah yang menjadi simbol keceriaan dapat meningkatkan suasana hati dan semangat.
  • Seperti halnya warna kuning, warna oranye cerah juga bisa memberikan kesan energi dan keceriaan.
  • Warna-warna pastel seperti mint, lavender, atau pink lembut memberikan kesan lembut dan manis.
  • Sementara warna biru langit yang cerah dapat memberikan kesan segar dan ceria.

Warna Baju

Sumber : http://simplyxclassic.com/

4. Cuaca Mendung

Untuk memberikan kesan tenang dan sejuk saat cuaca mendung atau berawan, pilih baju yang berwarna-netral atau cenderung lembut.

  • Warna abu-abu menjadi pilihan yang tepat untuk cuaca mendung karena mencerminkan suasana teduh dan agak redup.
  • Warna biru tua atau navy juga cocok untuk cuaca mendung karena memberikan kesan yang tenang dan rileks.
  • Warna cokelat memberikan kesan hangat dan cocok untuk suasana cuaca yang teduh dan lembab.
  • Warna-warna pastel seperti lavender, mint atau peach yang lembut bisa membuat suasana hati sedikit teduh.
  • Warna merah marun memberikan kesan hangat dan mewah buat kamu yang ingin tampil mencolok.

5. Cuaca Hujan

Untuk memberikan semangat dan kesegaran saat hujan pilihlah baju yang diciptakan dalam warna-warna cerah seperti kuning, hijau atau biru. Alternatif lain kamu juga bisa memilih warna baju yang cenderung gelap atau sesuai dengan selera pribadi dan suasana hati kamu.

  • Warna-warna gelap cenderung lebih aman dikanakan dalam berbagai musim termasuk musim hujan.
  • Kalaupun basah atau terkena noda pakaian yang berwarna gelap akan senantiasa terlihat rapi.

Warna Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tapi ingat saat hujan sebaiknya hindari penggunaan baju yang cenderung berwarna cerah, salah satunya yakni berwarna serba putih.

  • Baju berwarna putih umumnya lebih mudah kotor dan sulit dicuci dibandingkan warna lain.
  • Selain mudah kotor, baju berwarna cerah bisa membuat tampilan jadi tampak lusuh saat terkena air hujan.

Simak juga 7 Fashion Item Yang Harus Anda Hindari Saat Hujan.

6. Cuaca Bersalju

Kalau kamu mencari outfit yang cocok dikenakan dikenakan di wilayah yang bersalju, maka kamu bisa memilih baju yang dibuat dalam warna-warna netral seperti putih atau abu-abu. Selain itu, warna-warna cerah seperti merah atau biru juga dapat memberikan efek kontras dari warna salju yang putih.

Warna Baju

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Cuaca Berangin

Pada cuaca berangin pertimbangkan untuk memakai warna-warna yang lebih hangat, gelap dan pekat. Selain bersifat menghangatkan warna-warna ini juga dapat membantu menyamarkan kotoran yang menempel pada baju karena terbawa oleh angin.

  • Warna-warna hangat seperti merah, oranye dan kuning terang bisa memberikan kesan semangat dan ceria.
  • Warna-warna gelap seperti hitam, navy atau hijau tua bisa menjadi pilihan yang baik karena cenderung menyerap panas dan membantu menjaga tubuh tetap hangat.
  • Warna-warna netral seperti abu-abu, krem atau beige juga bisa menjadi pilihan yang elegan dan cocok untuk cuaca berangin.

Kesimpulan

Sampai di sini pembahasan mengenai sejumlah tips dan trik yang bisa kamu coba dalam memilih warna baju yang tepat sesuai dengan kondisi cuaca. Yang jelas memilih warna baju sesuai cuaca bukan hanya masalah fashion semata, tetapi juga berhubungan erat dengan kenyamanan dan kesehatan tubuh.

Butuh bahan kain berkualitas dengan hargga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbanan intip koleksi Bahan Kain yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.