Article

Homepage Article Kain 8 Keistimewaan Kain Crepe…

8 Keistimewaan Kain Crepe Yang Memiliki Tampilan Berpasir

Merasa cukup famliar dengan yang namanya kain crepe?. Selain menarik dari segi tampilan, bahan kain yang termasuk ke dalam keluarga crepe sendiri pada prinsipnya juga unggul dari segi kualitas bahan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Crepe

Kain crepe termasuk ke dalam salah satu jenis bahan kain yang memiliki tampilan sangat unik yakni cenderung berpasir dan terkesan berkerut namun ketika bersentuhan dengan permukaan kulit akan tetap terasa lembut dan memberi rasa nyaman pada tubuh.

Dilihat dari sejarahnya kain crepe sendiri konon pertama kali muncul pada tahun 1911 silam namun saat itu masih sangat terbatas karena proses pembuatannya memang cukup sulit dan beberapa produsen sangat menjaga ketat tentang cara pembuatan kain crepe.

  • Tenunan kain crepe harus membentuk pola yang tidak beraturan pada saat proses penenunan berlangsung.
  • Bahkan pembuatan kain crepe dengan hiasan seperti emboss juga membutuhkan alat khusus.

Kain Crepe

Sumber : https://blog.treasurie.com/

Keistimewaan Kain Crepe

Seperti layaknya bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat produk pelengkap sandang, kain crepe umumnya juga menawarkan banyak keistimewaan tersendiri. Beberapa diantaranya:

1. Teksurnya Tampak Unik

Salah satu keistimewaan utama kain crepe yaitu memiliki tekstur yang sangat khas dan karakteristik visual yang menarik yakni seperti kulit jeruk sehingga disebut dengan nama “crepe”.

Kain Crepe

Sumber : https://www.1stforfabrics.co.uk/

2. Tahan Terhadap Lipatan

Kain crepe cenderung tahan terhadap lipatan dan kerutan. Meskipun tidak sepenuhnya bebas kerutan, kain ini memiliki ketahanan yang lebih baik daripada banyak jenis kain lainnya.

  • Kain crepe tidak mudah mengalami kerutan dan tetap terlihat bagus meskipun banyak digunakan untuk bergerak.
  • Karakteristik inilah yang membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk pakaian yang harus tampil rapi sepanjang hari.

Tapi sekalipun kain crepe memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kerutan, tetap saja penting bagi kamu untuk menyimpan pakaian berbahan crepe di dalam almari yang tidak terlalu berdesakan dan hindari menumpuk pakaian berat di atasnya.

3. Tampilannya Tampak Jatuh

Kain crepe memiliki kemampuan untuk menggantung dengan indah sehingga sangat cocok jika digunakan untuk pakaian yang memerlukan efek jatuh atau flowy. Bahannya yang jatuh dan juga tidak kaku membuatnya sangat cocok untuk digunakan pada negara tropis seperti Indonesia.

Kain Crepe

Sumber : https://www.made-in-china.com/

4. Ringan dan Nyaman Digunakan

Kain crepe termasuk ke dalam jenis bahan kain yang ringan dan membuatnya nyaman dipakai seharian karena bobotnya tidak terlalu berat. Selain ringan kain crepe umumnya juga memungkinkan sirkulasi udara yang baik. 

5. Warna dan Polanya Menarik

Kain crepe mampu menyerap bahan pewarna dengan baik sehingga tampilannya tampak jelas dan tahan lama. Untuk mempercantik tampilannya kain crepe juga sering dihiasi dengan berbagai pola dan desain cetak yang menarik.

6. Punya Banyak Variasi Bahan

Untuk pelengkap kebutuhan sandang, kain crepe sendiri dapat dibedakan dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda. Setiap jenis juga memiliki karakteristik unik yang membuatnya cocok untuk berbagai gaya pakaian, mulai dari yang formal hingga kasual.

Kain Crepe

Sumber : https://www.amazon.se/

Berikut adalah beberapa variasi bahan kain crepe yang dimaksud.

  • Pertama ada kain bubble crepe yang cenderung agak melar, ringan, jatuh dan tekstur kulit jeruknya sangat nampak dengan jelas.
  • Kedua ada kain diamond crepe yang memiliki tekstur seperti pasir, agak melar dan empuk ketika dipegang.
  • Ketiga ada kain moscrepe yang memiliki ciri sangat khas yaitu adanya gambar-gambar kecil (biasanya bentuk geometris) yang dibentuk langsung oleh struktur tenun kain moscrepe itu sendiri.
  • Keempat ada kain wollycrepe yang memiliki ciri sangat khas yakni berpasir seperti layaknya bahan crepe yang lain tapi teksturnya cenderung lebih halus. Saking halusnya bahkan kain ini seringkali dianggap bukan golongan crepe.
  • Kelima ada kain linen crepe yang memiliki tekstursedikit berpasir, kasar atau terlihat berkerut tapi handfeelnya tetap lembut, ringan dan halus.
  • Keenam ada kain satin crepe yang mempunyai tekstur berbeda di ke-2 permukaan kainnya (double face), ketebalan kainnya medium, tidak tembus pandang, jatuh, soft dan warnanya terkesan bright.
  • Jika dilihat dari depan permukaan kain satin crepe tampak berkilau serta lembut.
  • Sementara jika dilihat dari bagian belakang kain satin crepe tampak agak berpasir.

7. Bahannya Bersifat Serbaguna

Kain crepe termasuk ke dalam jenis kain yang bersifat serbaguna dan kerap dijadikan sebagai kain pilihan oleh para pelaku usaha di dunia fashion untuk membuat berbagai jenis pakaian yang berbeda mulai dari gaun pesta, gamis, blus, outer dan juga rok wanita.

8. Tidak Memerlukan Banyak Perawatan

Kain crepe cenderung tahan lama dan tidak memerlukan perawatan khusus karena kebanyakan dapat dicuci dengan mudah untuk mempertahankan bentuk serta warnanya agar tetap baik.

Untuk memastikan bahwa produk fashion berbahan kain crepe yang kamu miliki tetap terlihat bagus dan awet, berikut adalah beberapa tips merawat produk berbahan kain crepe yang bisa kamu coba.

  • Perhatikan label perawatan untuk mengetahui cara terbaik dalam mencuci dan mengeringkan pakaian dari kain crepe tersebut.
  • Hindari merendam pakaian berbahan crepe terlalu lama, karena hal semacam ini dapat merusak serat dan warna kain.
  • Hindari menggosok atau mengelap pakaian berbahan crepe terlalu keras karena dapat merusak tekstur dan serat kain.
  • Selesai dicuci jangan memeras pakaian berbahan crepe dengan keras agar teksturnya tetap lembut dan tidak mengalami kerusakan.
  • Jika memungkinkan keringkan pakaian berbahan crepe dengan cara digantung secara alami atau dengan menggunakan pengering yang bersuhu rendah.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa keistimewan kain crepe yang perlu kamu ketahui. Untuk alasan kenyamanan pemilihan kain yang tepat tentu saja menjadi hal yang wajib dipertimbangkan agar produk fashion yang dihasilkan jadi lebih maksimal.

Butuh bahan kain crepe berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi bahan kain crepe yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.