Article

Homepage Article Jahit Menjahit Tutorial Menjahit Kantung…

Tutorial Menjahit Kantung Dakron Untuk Bantal Supaya Hasilnya Tampak Rapi

Punya pengalaman kurang mengenakkan saat menjahit kantung dakron untuk bantal, lantaran tampilannya masih kurang rapi ketika selesai dijahit dan dibalik?. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, karena kali ini Fitinline akan membagikan tips anti gagal menjahit kantung bantal dengan hasil yang jauh lebih rapi. 

Menjahit Kantung Dakron

Sumber : http://www.pillowtalk.com.au/

Seperti kebanyakan cara menjahit yang sudah dilakukan sejak lama, untuk menjahit dua lembar kain yang perlu dibalik anda perlu meninggalkan lubang sebagai tempat untuk membaliknya. Tapi kalau anda mau mendapatkan jahitan yang lebih rapi anda bisa mencoba cara berikut. 

Menjahit Kantung Dakron

Sumber : https://notesfromtheparsonage.com/

Menyiapkan Bahan Kain

  • Siapkan dua lembar bahan kain yang telah dipotong sesuai pola dan ukuran yang anda inginkan, misal 40 cm x 40 cm.
  • Susun dua lapis kain yang akan dijahit dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan.  
  • Beri garis penanda jahitan pada bahan kain serta tanda untuk bagian yang akan dijadikan lubang. Lubang untuk membalik kain ini bisa dibuat sesuai kebutuhan misal 10 cm.

Menjahit Kantung Dakron

Sumber : http://www.nikkiinstitches.com/

Menjahit Bahan Kain

  • Mulailah menjahit sisi kain yang nantinya akan diberi lubang. Dari ujung sebelah kiri buat jahitan lurus dengan jarak normal, jangan lupa untuk mematikan jahitan awalnya agar tidak mudah lepas.
  • Bila sudah sampai di garis tanda yang dijadikan lubang, matikan jahitan tanpa memutuskan benang. Untuk mengetahui cara mudah Mengunci Jahitan Dengan Mesin Jahit anda bisa menyimak kembali artikel Fitinline terdahulu.
  • Atur jarak jahitan ke yang paling besar lalu jahit kembali bahan kain sampai batas akhir lubang, matikan jahitan tanpa memutuskan benang.
  • Kembalikan jarak setikan ke pengaturan normal kemudian lanjutkan proses menjahit sampai ujung sebelah kanan hingga terbentuk sebuah garis lurus. Matikan jahitan dan putuskan benang. 

Menjahit Kantung Dakron

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Lanjutkan proses menjahit setiap pinggiran kain satu persatu dari ujung ke ujung dengan mematikan jahitan dan memutuskan benang di setiap pinggiran. Berdasarkan pengalaman, dengan cara ini sudut yang terbentuk akan lebih bagus dan tajam. Kemungkinan lapisan kain akan bergeser juga jadi lebih sedikit.

Menjahit Kantung Dakron

Sumber : http://www.nikkiinstitches.com/

Membalik Bahan Kain

Setelah semua bagian kain selesai dijahit, buka jahitan yang diperuntukkan sebagai lubang untuk membalik kain dengan cara mendedelnya. Gunting setiap sudut kain kemudian balikkan kain hingga bagian baiknya berada di luar. Rapikan sudut-sudutnya sampai benar-benar terbentuk dengan bagus.

Menjahit Kantung Dakron

Sumber : http://www.nikkiinstitches.com/

Menjahit Kantung Dakron

Sumber : http://www.nikkiinstitches.com/

Menutup Lubang

Isi kantung kain dengan menggunakan dakron hingga penuh. Untuk merapikan lubang yang terdapat pada kain, anda bisa menutupnya dengan jahitan tangan. 

Menjahit Kantung Dakron

Sumber : http://www.nikkiinstitches.com/

Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.