Article

Homepage Article Cara Menjahit Menjahit Blus Sederhana…

Menjahit Blus Sederhana (Bagian 7)

Pada bagian ini, kita akan menyambung bagian lengan ke badan. Sebelum menyambung bagian lengan, kita sambung terlebih dulu sleeve bias-nya. Sleeve bias di sini digunakan sebagai pemanis bagian lengan. Yuk mulai ..

21. Untuk pemasangan sleeve bias, pertemukan bagian baik sleeve bias dengan bagian buruk lengan, sesuaikan garis jahitannya, kemudian dijahit keliling.

 

Sambung lengan dengan sleeve bias

Sambung sleeve bias dengan lengan

22. Rapikan kampuh yang tersisa pada sleeve bias,

Rapikan kampuh

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

kemudian keluarkan (tarik keluar) sleeve bias hingga bagian kampuh menempel ke bagian baik lengan. Tindas sepanjang bagian buruk lengan yang sudah dijahit keliling tadi, menindas kampuh sleeve bias, tanpa mengenai sleeve bias.

Tindas bagian buruk lengan

Nah, begini hasilnya jika dilihat dari bagian baik lengan.

Hasil Jahit kampuh lengan

23. Balik lengan, sehingga bagian buruk di luar, kemudian lipat sleeve bias ke atas, pada kampuhnya dilipat ke dalam, lalu dijahit keliling, mengikuti posisi seperti terlihat seperti gambar.

Jahit Sleeve Bias

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

24. Sebelum menyambung bagian lengan ke badan, buatlah dua jahitan jelujur di bagian atas lengan dengan jarak yang lebar seperti layaknya akan membuat kerutan (gather). Jahitan pertama tepat mengikuti garis jahit pada kepala lengan, sedangkan yang lain berjarak kira-kira 0,7 cm di atasnya. Ini fungsinya untuk menciptakan kerutan datar (ease) yang akan disesuaikan dengan bantuan jari-jari kita pada kepala lengan sehingga lingkar kepala lengan sesuai dengan kerung lengan pada badan saat disambung.

 

Jelujur kepala lengan

Sambung lengan, kemudian sisa kampuhnya diobras di sekelilingnya.

Sambung lengan

Nah, semua bagian sudah tersambung kan? Selanjutnya kita akan melakukan finishing blus kita. Simak terus ya ..

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.