Article

Homepage Article Cara Menjahit Membuat Lengan Puff

Membuat Lengan Puff

Dalam desain fashion dikenal berbagai macam bentuk lengan pakaian yang bisa diaplikasikan untuk menghias sebuah busana sesuai dengan kebutuhan pemakainya. Salah satunya berupa lengan puff yang memiliki kerut pada bagian bahu, bagian bawah, atau keduanya (bagian bahu dan bagian bawah lengan). Bentuknya yang unik menjadikan lengan puff sebagai salah satu lengan pakaian yang banyak digemari oleh anak-anak maupun wanita dewasa. Penasaran dengan cara pembuatannya? Simak yuk beberapa langkah sederhana yang dapat diterapkan dalam pembuatan lengan puff.

Pertama-tama buat pola lengan standar pada satu lembar kertas beserta sejumlah garis vertikal untuk membaginya menjadi beberapa bagian sama besar menggunakan alat bantu berupa pensil dan penggaris yang telah dipersiapkan. Potong kertas tersebut sesuai tanda garis pola yang sudah dibuat menggunakan gunting kertas.

Puff Sleve

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com/

Untuk membuat lengan puff yang memiliki kerutan pada bagian bawahnya potong garis pembaginya dari bawah lengan ke arah atas. Sementara untuk membuat lengan puff yang memiliki kerutan pada bagian atasnya pemotongan garis pembagi dimulai dari arah yang berlawanan yaitu dari arah atas kengan ke bawah.

Dalam memotong garis pembagi usahakan pemotongan dihentikan sebelum mencapai puncak sehingga pola lengan tersebut tidak terputus. Rentangkan potongan pola berdasarkan lebar yang diinginkan sehingga diperoleh bentuk seperti gambar berikut. 

Puff Sleve

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com/

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Tempatkan potongan pola pada selembar kertas baru kemudian jiplak menggunakan pensil atau spidol. Jika dibutuhkan bubuhkan lem atau perekat untuk menahan posisi pola agar tidak bergeser.  

Puff Sleve

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com/

Singkirkan potongan atau kerangka pola tersebut kemudian rapikan bentuk garis lengkung atau garis-garis lain yang membentuk sudut pada sisi kiri dan kanan pola baru sehingga saat kedua sisi tersebut disatukan atau dijahit akan diperoleh bentuk yang rapi.

Puff Sleve

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com/

Selanjutnya buat pola manset dengan panjang sesuai ukuran tangan atau lengan dimana batas lengan tersebut berakhir. Untuk membuat lengan panjang misalnya, maka bagian yang diukur adalah bagian lingkar pergelangan tangan ditambah 1,5 cm.

Puff Sleve

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com/

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Pindahkan seluruh pola pada selembar kain kemudian potong sesuai tanda garis pola ditambah kampuh sebesar 1.5 cm. Jahit bagian bawah lengan menggunakan pola jahitan berbentuk lurus dengan menyisakan sehelai benang agak panjang. Tarik benang tersebut untuk membuat efek berkerut pada bagian tepi bawah lengan. Pasangkan manset pada bagian ujung lengan untuk menyembunyikan bagian yang kurang rapi. Jika diperlukan tindas tepian manset untuk menciptakan efek yang lebih tegas.

Puff Sleve

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com/

Hasilnya akan diperoleh bentuk lengan yang cantik seperti berikut ini. 

Puff Sleve

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com/

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tags : belajar menjahit, kursus jahit online, jahit baju online

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.